Sebagian besar pengguna internet memiliki kata sandi andalan mereka masing-masing, yang mana di gunakan secara bersamaan di setiap akun yang mereka daftarkan di internet.

Bahayanya, sebagian akun tersebut sifatnya sangat sensitif dan berkaitan dengan keuangan. Akun internet banking, pembayaran tagihan, akun pelanggan e-commerce, semuanya soal uang.

Beberapa situs web mengharuskan penggunanya untuk membuat kombinasi kata sandi tertentu. Kombinasi ini bervariasi antara satu situs web dengan yang lain. Karenanya, pengguna menjadi bingung dan sulit mengingat variasi kata sandi yang telah mereka masukkan ke situs-situs web tertentu.

aplikasi pengingat kata sandi - mengamankan situs dengan https

Baca juga: Tips mengamankan situs dengan HTTPS demi peringkat google Anda

Belum lagi ada fakta bahwa kata sandi yang mudah di baca, adalah kata sandi yang mudah di jebol. Pakar keamanan siber berulang kali mengingatkan agar pengguna internet menciptakan berbagai variasi kata sandi dengan karakter acak untuk meminimalisir terjadinya peretasan.

Bagaimanakah cara untuk mengatur dan mengingat banyak kata sandi acak secara sekaligus? Jawabannya adalah dengan aplikasi. Salah satu yang paling terkenal dan banyak di rekomendasikan adalah 1Password.

Aplikasi tersebut dapat berjalan pada banyak jenis perangkat (Windows, Mac, iOS, Android) dan khusus di rancang untuk melakukan pekerjaan berat seperti di atas. Kami akan mengenalkan aplikasi pengingat kata sandi 1Password untuk Anda.

Apa itu 1Password?

1Password sejatinya adalah aplikasi yang di gunakan untuk mengelola beragam kata sandi yang Anda miliki. Sederhananya, aplikasi ini adalah sebuah gudang penyimpanan berlapis baja tempat menyimpan kata sandi, nomor kartu kredit dan informasi pribadi lain yang sifatnya sensitif.

1Password menggunakan login tunggal untuk mengakses seluruh kata sandi yang tersimpan. Pengguna juga dapat memanfaatkan sidik jari untuk masuk ke dalam perangkat yang sudah terinstal aplikasi 1Password.

Pengguna yang ingin berbagi kata sandi dengan anggota keluarganya akan banyak terbantu dengan kehadiran 1Password, karena aplikasi ini memiliki fitur family sharing. Administrator dapat berbagi pilih informasi dengan anggota keluarga tertentu dan memungkinkan orang tua mengakses akun yang sama dengan anak-anaknya.

Aplikasinya tersedia di iOS, Android, Windows dan MacOS. Aplikasi yang terpasang pada versi desktop (Windows dan Mac) dapat masuk secara otomatis jika si pengguna sudah masuk ke dalam 1Password.

Mengapa aplikasi ini menjadi sangat penting?

Keamanan informasi siber dapat di perbandingkan dengan perlombaan senjata antar negara-negara adidaya. Bedanya, dalam dunia siber, yang berperang adalah konsultan keamanan profesional melawan peretas anonim. Inilah mengapa Anda sebagai pengguna perlu mencegah kebocoran data kata sandi dengan memanfaatkan layanan seperti 1Password.

aplikasi ini memang tidak dapat menjamin bahwa keamanan mereka tidak dapat di tembus secara absolut. Namun, keberadaan layanan semacam ini tetap saja vital.

Aplikasinya sendiri menggunakan metode enkripsi AES-256 bit, yang kekuatannya hampir tidak bisa di tembus oleh peretas kebanyakan. Keamanannya juga di perkuat dengan fitur pemindai sidik jari serupa Touch ID pada perangkat Apple. Jadi, jika bukan Anda yang membukanya, aplikasi tidak akan dapat di akses oleh siapapun.

1Password akan menciptakan kombinasi kata sandi acak yang terisi secara otomatis ketika Anda membuka suatu formulir login, entah itu di situs web atau aplikasi lain. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan lupa.

Singkatnya, 1Password penting untuk menjadi andalan karena kombinasi kata sandi yang lemah semakin mudah untuk di retas.

Siapa saja yang perlu menggunakannya?

Berapa banyakkah variasi kata sandi yang di miliki oleh setiap pengguna internet di seluruh dunia? Kami bahkan tidak yakin mayoritas menggunakan kombinasi karakter yang unik. Penelitian menunjukkan bahwa satu buah email pengguna internet di Amerika Serikat rata-rata di gunakan untuk mendaftarkan 130 akun.

Memang, lebih mudah apabila mengandalkan satu kombinasi kata sandi dan memasukkannya ke seluruh akun yang Anda daftarkan. Namun, hal tersebut malah memperbesar risiko yang mungkin timbul. Fungsi 1Password dapat meniadakan risiko tersebut pada perangkat genggam dan desktop sekaligus.

Bagaimana cara untuk memanfaatkan fitur yang tersedia?

1Password dapat di unduh dan gunakan secara gratis, meskipun fitur yang di sediakan terbatas. Untuk membuka fitur-fitur yang lebih canggih, Anda akan di kenakan biaya tambahan terlebih dahulu.

Fitur premium dulunya di jual secara terpisah hingga $9.99 per unitnya, namun kini di jual secara sepaket dengan biaya $2.99 (39 ribu rupiah) per bulannya.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan 1Password untuk seluruh anggota keluarga, tersedia Family Plan untuk lima orang dengan biaya $4.99 (65 ribu rupiah) per bulannya, dan tambahan $1 untuk setiap anggota tambahan.