Indonetwork.co.id (Jakarta) – Mahalnya harga sewa menjadi alasan kuat model bisnis perkantoran ini mulai tumbuh dan berkembang.

Bagi startup yang ingin merintis bidang usaha, konsep sewa perkantoran ini mungkin bisa jadi solusi tepat. Pasalnya, selain menawarkan harga yang relatif terjangkau, pihak pengelola juga menyuguhkan fasilitas perkantoran pada umumnya.

Sebut saja Bintaro Business Centre (BBC). Buah pengembangan PT. Ganesha Dwipaya Bhakti menawarkan konsep yang unik dan diprediksi bakal menjadi tren di masa depan.

Baca juga: Gandeng BBC, Indonetwork Buka Peluang Jaringan Bisnis Baru

“Kami kembangkan bisnis sewa ruang perkantoran ini sejak tahun 2007.  Awalnya, kami hanya menyiapkan 55 ruang kantor (service office). Namun, saat ini kami kembangkan menjadi 71 ruang,” ucap Fahry Mezariano, General Manager Bintaro Business Centre.

Dari ruang yang sediakan, tingkat huniannya sudah mencapai 80%. Adapun luas ruang yang ditawarkan pihak pengelola berukuran mulai dari 8m2 sampai dengan 24m2. Dari empat lantai yang tersedia, tiap lantainya menyediakan 16 ruang kantor.

“Fasilitas yang kami berikan kepada para penyewa, diantaranya adalah ruang kantor fully furnished, dan tentunya gratis internet berkecepatan tinggi,” terang Fahry.

Menurutnya, masing-masing penyewa juga memiliki fasilitas ruang meeting, diperbantukan oleh receptionist, office boy dan security.

Tak hanya itu, untuk memudahkan aktivitas penggunanya, pihak pengelola menyiapkan pula area parkir yang luas. Pastinya, selain ruang kerja yang nyaman, para perintis usaha yang berkantor di BBC bisa lebih mengeksplorasi usahanya.

“BBC memiliki lokasi yang strategis. Tepatnya berada di Jalan Raya RC. Veteran, Bintaro Jakarta Selatan. Dekat pula dengan akses tol lingkar luar Jakarta,” papar Fahry.

Konsep Virtual Pilihan Tepat
Buat startup yang memiliki budget minim, BBC adalah pilihan cermat. Karena pihak pengelola akan memberikan solusi tak hanya kenyaman kerja, tapi juga soal legalitasnya.

“Buat mereka yang ingin memiliki kantor cabang misalnya, tanpa harus mempekerjakan sejumlah karyawan, kami menawarkan juga konsep virtual office,” kupasnya.

“Jadi, mereka yang menyewa dengan sistem ini tak hanya sewa alamat, tapi juga bisa memanfaatkan meeting room, termasuk mendapatkan fasilitas penerimaan surat menyurat dan appointment,” tegas Fahry.

Seiring waktu, BBC sukses mengelola hampir 200 perusahaan yang memilih konsep virtual. Sistem sewa yang ditawarkan cukup fleksibel. Tenant bisa memilih sistem kontrak yang ada.

“Dengan sistem ini, mereka bisa menyewa hanya sebulan, tiga bulanan, enam bulan dan 12 bulan. Artinya mereka dapat menyesuaikan budget yang dimilikinya,” kupasnya.

Mayoritas tenant yang berkantor di BBC adalah usaha yang bergerak di bidang kontraktor, travel, konsultan bisnis dan asuransi, termasuk outsourcing juga IT. Harga sewa perbulan yang disodorkan mulai Rp3.850.000 hingga Rp12.000.000.

Semua itu kata Fahry termasuk biaya listrik, perawatan, biaya karyawan terkecuali pemakaian telepon.

“Nomer telepon kantor yang diberikan kami sharing. Tapi kami juga berikan nomer extension yang dapat menghubungi pihak penyewa. Nantinya, semua itu dihandle oleh receptionist dan operator yang kami miliki,” paparnya.

Saat ini BBC merupakan pengelola pertama yang menawarkan konsep perkantoran di wilayah Bintaro. Dengan hadirnya bisnis perkantoran ini, diharapkan akan meningkatkan geliat bisnis di semua sektor.

Dedy Mulyadi