Indonetwork.co.id (Jakarta) – Meski persaingan di dunia usaha khususnya di bidang percetakan dan konveksi semakin sengit. Pelaku usaha satu ini optimis dalam membesarkan bisnisnya.

Selain menawarkan beragam produk, pihaknya juga menyodorkan harga produk yang bersahabat. Ingin mengetahui apa saja produk yang ditawarkannya? Berikut ini ulasannya.

“Tak hanya berkaitkan dengan percetakan buku dan sejenis. Jasa yang kami tawarkan juga berupa pembuatan kaos, kemeja, jaket, hingga atribut kampanye,” ungkap Edy Susanto pemilik CV. Konveksi Mujur.

Baca juga: Buah Kegigihan Membawa Edy Dipercaya Jadi Vendor Percetakan Buku SBY

“Bukan cuma itu, kami menyediakan pula pembuatan beragam aksesoris pilihan seperti mug, boneka, pulpen, tas serta produk lain sesuai keinginan,” ucapnya tersenyum.

Untuk kebutuhan konveksi, kami menawarkan jasa pembuatan pakaian seragam/kerja/lapangan, event, promosi, family gathering, pakaian formal, pakaian olahraga, souvenir atau merchandise untuk perusahaan, instansi, pemda, pertambangan, Universitas, Rumah Sakit, Hotel, cleaning service, dealer,  linmas, TAGANA dan lainnya.

“Perusahaan kami memiliki standard kualitas, lebih berorientasi membidik segmen corporate dan export. Karena kami memproduksinya sendiri sehingga kualitasnya lebih terkontrol dengan baik,” ujarnya.

Menurut Edy, beberapa pemesan dengan partai besar tak hanya datang dari perorangan, tapi juga dari instansi ternama seperti perbankan, perusahaan swasta dan bahkan calon legislatif yang ingin dibuatkan souvenir serta atribut kampanyenya.

“Pesanan yang datang ke kami tak hanya berasal dari Jakarta dan wilayah Jabodetabek. Beberapa pemesan justru berasal dari luar kota,” paparnya.

Lebih lanjut Edy mengatakan, hampir semua pesanan datang dari permintaan online seperti Indonetwork.

“Saya memang rajin beriklan secara online, terutama posting dan berpromosi di Indonetwork. Buat saya, media online satu ini telah mendatangkan banyak orderan,” ujarnya.

Lebih lanjut Edy bercerita, dalam merintis bidang usahanya itu dirinya mengawali dari bisnis konveksi, berlanjut ke dunia percetakan dan lainnya.

“Produk specialist kami hampir semua jenis konveksi. Apapun jenis permintaannya, kami siap layani. Begitu pun percetakan,” kupasnya.

Edy Susanto2

Bisnis Konveksi dan Percetakan Peluang Menjanjikan
Untuk bisa membangun dan mempertahankan bisnisnya itu, Edy memiliki banyak jaringan bisnis.

“Buat saya pribadi, bisnis konveksi dan percetakan memiliki peluang yang menjanjikan. Apalagi mendekati masa pemilu, mereka membutuhkan atribut kampanye,” terangnya.

Biasanya kata Edy, pemesan atribut kampanye itu tak hanya ingin dibuatkan kaos saja, bendera dan bahkan flyer yang bakal dibagikan juga dipesan dalam satu paket.

“Mereka umumnya tidak mau dipusingkan. Cukup satu pintu, para pemesan bisa order sekian jenis barang melalui saya. Ini adalah bisnis kepercayaan yang mesti dijaga dengan baik,” pungkasnya.

“Kalau mereka sudah merasa puas dengan hasil yang saya buat, orderan itu akan datang lagi. Saya optimis, tahun 2018 hingga masa pemilu 2019 bisnis konveksi bakal kebanjiran order,” tandasnya.

Untuk memenuhi semua kebutuhan itu, Edy dibantu oleh tujuh karyawan. Bahkan beberapa letak workshopnya pun saling berdekatan.

“Saya ada beberapa tempat workshop yang tidak jauh. Terutama untuk pembuatan jaket, kaos, termasuk souvenir berupa plakat wisuda dari bahan akrilik, timah, kristal, kayu dan fiber serta produk aksesoris lain,” pungkasnya.

Untuk saat ini kata Edy, bisnis yang paling menonjol adalah konveksi. Pihaknya juga membangun jaringan pemasaran yang untuk bisa mendapatkan banyak orderan selanjutnya.

Dedy Mulyadi