WordPress merupakan sebuah platform dengan fungsi utamanya adalah untuk pembuatan website secara gratis yang khususnya untuk web blog. Melalui wordpress, pengguna dapat membuat halaman dalam blog dan melakukan memodifikasinya secara lebih mudah.

Setiap pemilik dan admin blog pasti selalu mempunyai keinginan mendapat pengunjung dalam jumlah yang banyak. Untuk meraih tujuan tersebut, ada berbagai macam metode yang bisa di lakukan dan yang paling utama yaitu membuat konten baru secara kontinyu dan rutin.

wordpress icon

Baca juga: Cara membuat (website) blog gratis dengan wordpress

Konten tersebut terdiri dari beberapa jenis antara lain seperti artikel, gambar, audio, video atau link yang menuju pada suatu url di website atau blog itu sendiri maupun situs lainnya. Semuanya dapat di buat ke dalam 1 konten utuh, namun bisa pula di buat sendiri-sendiri.

Membuat dan menayangkan artikel

Sebelum memasukan posting, tentu harus di siapkan terlebih dahulu materinya. Barulah setelah itu dapat di lanjutkan dengan langkah-langkah lainnya seperti petunjuk di bawah ini:

Buka situs wordpress di browser lalu beri tambahan /wp-admin pada url. Berikutnya masukan username dan password lalu tekan tombol log in lalu secara otomatis masuk dalam beranda atau halaman depan.

Di halaman beranda terdapat beberapa fitur dan yang harus di pilih adalah menu post. Klik tombol atau fitur post kemudian akan muncul beberapa pilihan. Karena tujuannya adalah untuk membuat postingan baru, maka tombol yang harus di klik adalah tombol Add New.

cara membuat post - add new

Begitu tombol Add New di klik, halaman dashboard atau papan kerja langsung terpampang. Di bagian atasnya terdapat toolbar atau WYSIWYG yang terdiri dari berbagai jenis fitur yang fungsinya adalah untuk melakukan pengaturan materi postingan. Misalnya saja mengatur tulisan artikel dengan huruf tebal, miring dan sebagainya.

cara membuat post - toolbar

Di antara beberapa tombol tersebut, terdapat tombol yang memiliki peranan penting dalam mengatur tampilan paragraf, tombol ini di namakan  Insert Read More Tag. Tombol ini terletak di baris pertama nomor 3 dari kanan.

cara membuat post - read more

Adapun fungsinya yaitu untuk memecah artikel atau paragraf. Misalnya ketika materi artikel yang di publish sangat panjang dan terdiri dari puluhan alenia, maka harus di pecah sehingga pembaca masih bisa melihat postingan lain di halaman wordpress.

Fungsi dari tombol Insert More Tag ini bisa terlihat pada halaman kategori, index, tag atau arsip. Di halaman-halaman tersebut materi postingan tidak di tampilkan secara utuh melainkan hanya bagian depan atau pembukanya saja. Jika ingin membaca atau melihat kelanjutannya, pengunjung bisa mengklik tombol Read More.

Apabila ingin memasukan atau posting gambar maupun media lainnya, bisa memakai fitur bertuliskan Add Media yang posisinya ada di pojok kiri bagian paling atas. Tekan saja tombol tersebut kemudian akan muncul fitur Post Format.

cara membuat post - add media

Kegunaan dari fitur ini yaitu untuk menentukan atau memilih berikut merubah bentuk postingan. Jika postingan tersebut hanya di isi dengan video saja misalnya, maka yang harus di pilih tentu format video. Kemudian untuk gambar, yang di pilih adalah image.

Berikutnya menentukan kategori dan tag yang berada di sebelah kanan halaman dasboard. Fungsi dari kategori adalah untuk mengelompokan postingan sesuai dengan topik yang akan di bahas.

Dalam fitur ini selain sudah di sediakan kategori atau pengelompokannya, pengguna wordpress juga bisa menentukan sendiri melalui fitur Add New Category kemudian isi dengan kategori yang sesuai dengan isi postingan.

cara membuat post - kategori

Sedangkan tag, merupakan kolom yang biasanya di gunakan untuk memasukan keyword atau kata kunci atas postingan yang akan di publish. Setelah semua kata kuncinya di tulis, Selanjutnya tekan tombol Add di sebelah sampingnya.

cara membuat post - tag

Selain gambar dalam postingan, pengguna wordpress juga dapat memasukan gambar lain yang nantinya di fungsikan sebagai gambar utama melalui Featured Image. Setelah Anda upload, gambarnya akan muncul di bagian paling atas.

cara membuat post - featured image

Cara memakai layanan fitur widget ini, tekan tombol Set Featured Image setelah itu langsung muncul sebuah jendela atau window kecil untuk mengunggah dan mengupload gambar. Dari sini lalu tekan tombol bertulis Select Files dan pilihlah berkas gambar yang mau di pasang.

Untuk proses editing-nya sendiri, wordpress memiliki 2 macam fitur yang bisa di gunakan yaitu text dan visual. Pada editing text, metode yang di pakai berupa kode html. Jadi pada fitur ini, hasil editan tidak terlihat secara langsung.

Misalnya ketika ingin menebalkan huruf dalam artikel atau tulisan, yang muncul adalah tag yang ada di depan dan belakang tulisan. File berupa gambar yang akan di masukan juga tidak terlihat dan melainkan hanya berupa barisan kode yang di awali tag.

cara membuat post - fitur text

Sangat berbeda dengan editing yang menggunakan fitur visual, setelah tulisan dalam artikel yang akan di tebalkan dan tombol Bold di tekan, maka hasil dari penebalan tulisan atau huruf tersebut akan terlihat langsung dalam dashboard. Demikian pula dengan file gambarnya juga bisa dilihat di lokasi yang sama.

cara membuat post - fitur visual

Untuk pemula atau bagi mereka yang ingin lebih praktis, di sarankan memilih proses editing visual karena jika terjadi kesalahan bisa segera di ketahui dan dapat di perbaiki.

Tidak jarang artikel yang di posting pada blog wordpress terdiri dari beberapa bab sekaligus atau memiliki ukuran yang sangat panjang. Karena itu sebaiknya di pisah per bab di halaman yang berbeda.

Untuk memisahkan artikel tersebut tersebut, tekan tombol Posts dan klik  All Posts lalu pilih postingan yang artikelnya akan di pisah atau di pecah. Setelah itu tekan tombol Edit. Jika sudah masuk ke dalam halaman dashboard, pilih editing text jangan yang visual.

cara membuat post - edit

Setelah itu di bawah paragraf artikel yang akan di pecah, beri tulisan tag <!—nextpage–>. Hal yang sama juga harus di lakukan pada bab-bab berikutnya. Jika semua sudah di jalankan, tekan tombol update di sebelah kanan dashboard.

Kemudian apabila ingin mengecek hasilnya, klik tombol Preview di kanan atas dashboard. Dari sini bisa terlihat jika postingan tersebut tidak di munculkan secara utuh tapi per halaman. Untuk bab pertama berada di halaman 1, bab kedua di halaman 2 dan seterusnya.

Setelah semua beres dan sudah tidak ada yang perlu di perbaiki atau di edit lagi, postingan ini selanjutnya Anda publish. Tugas ini bisa di jalankan melalui fitur publish yang letaknya juga ada di sebelah kanan dasboard.

Pada fitur ini terdapat beberapa tombol yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Misalnya tombol Save Draft untuk menyimpan hasil postingan tapi tidak di publish.

cara membuat post - publish

Di bawah kedua tombol tersebut masih ada 3 tombol lagi yaitu Status, Visibility dan Publish Immediately. Tombol Status berguna untuk mengembalikan postingan yang sudah di publish menjadi draft kembali.

Sedangkan Visibility untuk menentukan apakah hasil postingan bisa di baca semua orang atau hanya orang tertentu saja yang Anda beri password. Selain itu dapat pula di simpan dan tidak ada orang lain yang bisa melihat. Terakhir tombol Publish Immediately untuk menentukan jadwal publish. Jika semuanya sudah Anda setting dan siap terbit, selanjutnya cukup tekan tombol Publish di bagian paling bawah.

Demikianlah penjelasan tentang cara membuat post di wordpress semoga dapat berguna serta memberi manfaat untuk semua. Terimakasih.