Banyak orang menganggap bahwa membuat konten merupakan tugas paling penting bagi sang pemilik situs.

Akan tetapi sebagian dari mereka tidak sadar jika sebenarnya masih ada tugas lain yang justru sangat penting, yaitu mempromosikan konten itu sendiri. Bahkan waktu yang harus di sediakan untuk melakukan tugas ini bisa lebih lama.

Pembuatan konten secara umum menghabiskan waktu 2 hari, tetapi untuk promosinya dapat memakan waktu hingga seminggu. Ketika konten tersebut di tayangkan, pada saat bersamaan akan muncul jutaan konten lain yang di terbitkan para pemilik blog atau situs di seluruh Indonesia dan dunia.

cara mempromosikan konten website - panduan bisnis online

Baca juga: Panduan bisnis online bagi pemula

Jika kita ibaratkan, suatu konten adalah seekor ikan kecil dengan sekawanan ikan lain, berada di samudra luas, yang sama-sama ingin mencari mangsa. Arti dari mangsa dalam hal ini adalah pengunjung atau pembaca.

Jadi suatu konten tidak hanya di promosikan secara gencar saja, namun juga harus menerapkan strategi lainnya.

Kesalahan yang harus di hindari

Di dunia online, promosi dan iklan seringkali di konotasikan dengan segala sesuatu yang bersifat mengganggu, sehingga banyak orang tidak senang dengannya.

Sama halnya ketika Anda meletakkan link di berbagai situs atau media sosial, jangan menulis nama alamat situs saja, karena itu akan membuat orang bingung. Lebih baik, sematkan pula alamat url (permalink) tersebut (paling tidak, pengunjung masih berminat untuk klik).

Konten yang di promosikan tentu harus berkualitas sempurna. Artinya, bukan konten hasil copas, penulisan ulang atau sekedar mengganti kata dan kalimatnya saja.

Konten harus memuat gagasan lebih baru dan dapat menjadi referensi untuk memudahkan hidup dan aktivitas si pembaca. Sebelum memiliki pengunjung tetap (berjumlah banyak), jangan sekalipun menggunakan tools atau fitur otomatisasi. Sang pemilik harus mau melakukan promosi secara manual.

Promosi dengan menggunakan fitur otomatisasi selalu menjurus pada spam, sudah pasti tidak ada yang menyukainya.

Trik promosi untuk mempopulerkan konten

Kesuksesan dalam mempromosikan situs tidak di tentukan oleh seringnya kegiatan tersebut kita lakukan. Karena masih beragam hal lain yang harus di perhatikan.

1. Topik beserta isinya

Sebelum konten Anda terbitkan, tentukanlah dulu topik beserta isi. Topik terbaik adalah topik yang sifatnya mendesak. Maksudnya, pengunjung merasa harus membaca artikel saat itu juga kemudian segera membagikannya.

Selain itu harus di buat kredibel, lengkap dengan data pendukung, mudah di pahami dan dapat memunculkan emosi.

2. Fitur newsletter

Pengelola situs sebaiknya memasang fitur newsletter, yang berguna sebagai media promosi paling murah dan mudah di jalankan.

Misalnya situs tersebut sudah di kunjungi oleh 1000 orang. Anda tentu ingin sebagian dari mereka menjadi pengunjung tetap, maka newsletter-lah jawabannya.

wordpress icon

Baca juga: Cara membuat (website) blog gratis dengan wordpress

3. Penggunaan media sosial

Meski memiliki follower dalam jumlah besar di sosial media, belum tentu suatu postingan atau artikel akan di baca oleh mereka.

Bahkan, kemungkinannya malah sangat kecil apabila tidak di sertai dengan cara mempromosikan konten yang benar pada kanal tersebut. Setiap situs, paling tidak mempunyai widget khusus untuk membuat pengunjung lebih mudah ketika harus membagikan isi konten melalui akun sosial media miliknya.

4. Manfaatkan karakter alamiah

Setiap manusia pasti merasa senang ketika ada orang lain yang menceritakan kebaikannya. Sifat seperti ini ternyata bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan konten website. Misalnya, saat membuat artikel seputar tips menjadi penulis sukses.

Konten tersebut tak cuma berisi ulasan seputar dunia kepenulisan saja, tapi lengkap dengan sumber rekomendasi (url atau link referensi) atau artikel tambahan.

Tentu, sang pemilik situs referensi akan merasa senang dan ada kemungkinan Anda di beri umpan balik.

5. Bergabung dengan grup facebook

Pilihlah grup yang memiliki hubungan kuat, relevansi dengan konten Anda. Misal jika topiknya tentang pariwisata, maka bergabunglah dengan grup yang anggotanya juga tertarik dengan tema wisata. Harus di pastikan pula, grup tersebut memiliki anggota dengan jumlah besar dan selalu aktif membuat status, memberi komentar atau like.

Cara mempromosikan konten website seperti ini juga dapat di terapkan pada komunitas media sosial lain seperti twitter, google+ dan situs forum.

Catatan: masing-masing punya aturan posting yang berbeda, pelajarilah terlebih dahulu agar tidak kena blokir.

6. Membuat konten dalam beberapa bentuk

Setiap konten sebaiknya tidak di buat dalam bentuk artikel saja, tetapi juga tersaji dalam wujud lain yakni audio, video, berkas PDF dan seterusnya.

Baca juga: Cara membuat konten populer dan di baca banyak orang

Beberapa website yang bisa di manfaatkan untuk mempromosikan konten dengan jenis-jenis seperti itu adalah Youtube, Slideshare, dll. Lengkapi pula konten dengan dengan link menuju ke alamat situs Anda. Maka tidak lama, jumlah pengunjung akan meningkat dengan tajam.

7. Tools untuk monitor konten baru dan percakapan

Dalam suatu komunitas online misalnya wisata, biasanya ada orang yang bertanya tentang segala hal berkaitan dengan dunia tersebut.

Kondisi ini merupakan kesempatan bagus untuk melakukan promosi dengan cara memberi link atau url topik yang mempunyai hubungan kuat dengan pertanyaan.

Beberapa pilihan tools yang mendukung aktivitas monitoring antara lain: Google Alerts, Mention dan Fresh Web Explorer. Bagi pengguna twitter, Anda dapat memanfaatkan fitur Warble.

8. Menulis komentar cerdas di blog orang lain

Komentar cerdas adalah komentar yang dapat di jadikan alat untuk menjalin hubungan dengan pemilik situs, sekaligus memberi manfaat bagi orang lain.

Komentar tidak hanya sekedar berupa pujian, namun juga mengandung wawasan. Lebih bagus lagi jika berisi pertanyaan yang tertuju kepada pembaca dan khususnya untuk sang pemilik.

Bubuhilah komentar tersebut dengan tautan menuju website Anda.

9. Guest blogging

Cara mempromosikan konten berikutnya adalah menjadi guest blogging di website lain yang sudah populer dan memiliki banyak pengunjung.

Melalui postingan yang sudah Anda beri tautan, pembaca bisa langsung membuka konten yang ingin di promosikan. Keuntungan berikutnya, bisa memperoleh kesempatan lebih besar dalam mendapatkan backlink.

10. Buat pengunjung ikut mempromosikan

Konten website tak cuma di promosikan oleh si pemilik, tetapi juga oleh pembacanya. Bahkan suatu konten tidak akan terkenal jika hanya pembuatnya saja yang berpromosi. Agar pengunjung mau bersedia di ajak promosi, maka buatlah isi lebih panjang dan lengkapi dengan fitur bagikan atau share.

Posisi terbaik untuk meletakan fitur bagikan adalah di awal, akhir dan samping artikel. Khusus untuk fitur share yang berada di samping, biasanya akan terus mengikuti saat halaman di-scroll kebawah.

Metode ini membuat pengunjung lebih mudah melakukannya. Selain itu, akan semakin baik jika pembaca kita arahkan langsung dengan kalimat ajakan halus dan sopan.

11. Promosi silang dan tribe

Suatu kegiatan akan mendatangkan hasil lebih optimal apabila di lakukan bersama-sama dengan orang lain. Sistem ini juga menjadi bagian dari cara mempromosikan konten website atau blog secara lebih efektif.

Masing-masing pemilik website pasti ingin kontennya bisa terkenal dan di baca banyak orang. Jika dapat bekerjasama dengan baik, sudah pasti semuanya akan mendapat keuntungan. Hanya saja teknik ini baru dapat Anda jalankan jika situs tersebut sudah memiliki banyak audience.

Langkah pertama, carilah beberapa website dengan topik serupa, kemudian beri komentar cerdas. Setelah itu tunggu hingga muncul tanggapan dari para pemiliknya, lalu ajak untuk bekerjasama melalui email.

Kerjasama ini ada beberapa macam bentuk. Misalnya saling memberi atau menyematkan tautan pada konten, mengirim email ke subscriber, maupun membuat postingan di media sosial.

12. Menghubungi orang yang pernah membagikan konten

Ketika ada orang yang pernah melakukan hal itu, biasanya mereka mau menerima apabila di mintai tolong membagikan konten dengan topik sejenis. Caranya, temukan beberapa artikel bertajuk sama dengan konten website Anda.

Gunakan situs BuzzSumo untuk mencari topik bahasan yang sedang menjadi trend atau viral pada media online melalui kolom pencarian. Selanjutnya BuzzSumo menampilkan daftar artikel terkait pencarian kita. Tekan tombol View Sharers, nanti akan muncul topik-topik konten yang pernah di share oleh pembaca atau pengunjung artikel.

Setelah itu temukan alamat email orang-orang tersebut atau media lain yang dapat di jadikan alat komunikasi.

Jika tidak bisa, sebagai gantinya Anda dapat memakai akun twitter kemudian menulis permintaan untuk membagikan konten milik sendiri melalui mention pada dinding status.

Prosentase keberhasilan metode ini memang belum di ketahui secara pasti di Indonesia. Namun untuk luar negeri atau konten berbahasa asing khususnya bahasa Inggris, tingkat keberhasilannya terbilang lumayan tinggi, bisa mencapai lebih dari 30%.

13. Menggunakan instagram

Instagram sebenarnya merupakan media sosial, namun lebih menonjolkan gambar di banding tulisan.

Karena itu, apabila hendak memanfaatkan Instagram sebaiknya menyiapkan lebih dulu gambar atau foto menarik, serta berkualitas bagus.

Setelah itu, beri keterangan singkat terkait dengan foto tersebut beserta tautan konten.

14. Membuat Blog Dummy

Blog Dummy merupakan blog yang memiliki manfaat besar untuk mempromosikan konten melalui metode link building.

Meski jumlah pengunjung blog jenis ini sangat sedikit, namun apabila di beri tautan menuju situs utama, secara otomatis bisa meningkatkan peringkat situs utama pada mesin pencari. Bahkan ada yang berhasil masuk ke halaman pertama alias paling depan.

Dummy adalah blog yang di buat secara tidak khusus, dimana sebagian kontennya merupakan hasil copasan atau di atur ulang dengan tool spiner.

Tujuan utama pembuatannya adalah untuk memasukan tautan (backlink) ke dalam artikel.

Itulah beberapa teknik dan cara mempromosikan konten website agar bisa terkenal, mendapat kunjungan banyak dan mendapat peringkat tinggi di mesin pencari.

Tidak perlu semuanya Anda praktekan langsung, cukup selangkah demi selangkah secara rutin. Hasilnya pasti akan terlihat dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Sumber: Panduanim.com