Indonetwork.co.id (Jakarta) – Buat pemilik bangunan ataupun proyek tertentu, benda satu memiliki peran khusus. Selain sebagai visualisasi desain yang akan dikembangkan. Fungsi utama miniatur atau model bangunan ini tentunya untuk mempresentasikan hasil rancangan.

Visualisasi penyampaian ide itu dapat diwujudkan dari hasil rancangan arsitektur, desain interior, eksterior, desain landscape ataupun siteplan.

Baca juga: Dua Bulan Bergabung di Indonetwork, Novenli Langsung Kebanjiran Order

Berbekal pengalaman lebih dari sembilan tahun menyelami industri jasa pembuatan maket miniatur, pihaknya selalu berusaha untuk tampil terdepan dalam memenuhi permintaan pembuatan maket berkualitas terbaik dengan harga yang kompetitif.

“Awalnya kami merintis usaha ini dari studio jasa pembuatan maket berkelas rumahan. Karena permintaannya terus meningkat, akhirnya kami memberanikan diri untuk membesarkan usaha ini secara profesional,” ungkap Andri Laksono, Direktur PT Canti Cipta Ruang Studio (CCR).

“CCR Studio awalnya hanya membuat miniatur rumah untuk kebutuhan pameran properti. Seiring waktu, kami berusaha menerima pembuatan maket berskala master plan, industri manufaktur, termasuk maket miniatur mesin, terminal dan pabrik,” terangnya.

Menurut Andri, pihaknya juga pernah mengerjakan miniatur simulator kapal tanker milik Pertamina. Maket tersebut kini menjadi acuan training buat mereka.

Biasanya skala perbandingan yang sering digunakan untuk bangunan gedung berskala 1:500, tergantung luasan dan kebutuhan lahan. Selain proyek industri (miniatur mesin), pihaknya juga kerap menerima pembuatan maket gedung bertingkat tinggi.

ccr studio-indonetwork-dok

“Tersulit adalah pembuatan maket industri manufaktur. Selain detailing, untuk menghasilkan bentuk yang rumit butuh keahlian khusus,” papar Andri.

Selama ini, CCR Studio juga sudah bekerjasama dengan konsultan ternama di Indonesia. “Kami pernah membuat maket proyek BUMN, seperti stasiun Kereta Api Cepat yang belum lama ini diresmikan Presiden RI. Produksi kami yang terakhir yaitu proyek simpang susun interchange Cibitung.  Maket jalan tol sepanjang 34 kilometer, berskala 1:700,” urainya.

Lebih lanjut Andri menjelaskan, proses pengerjaan tergantung tingkat kesulitannya. Untuk maket simpang susun interchange Cibitung memakan waktu satu bulan, karena banyak terdapat koreksi.

“Kami tidak merubah dari gambar acuan. Artinya, semua bentuk penyajian yang diminta seperti kualitas bahan sesuai permintaan yang disepakati dalam kontrak. Pemberi tugas merasa puas ketika melihat kerapihan dan kualitas yang kami suguhkan,” papar Andri tersenyum.

Untuk museum yang ada di Jogjakarta, CCR Studio sukses membuat assembling miniatur alat-alat milik Pertamina untuk edukasi. Bahan yang digunakan adalah acrylic.

“Waktu itu, lama pengerjaannya sebulan lebih. Tingkat kesulitannya selain banyak profil dan aksesori yang mereka minta cukup banyak,” ucapnya.

“Bersyukur kami bisa memenuhi semua yang diinginkan. Pihak ketiga kami memakai instrumen monitor TV 42 inch. Ini jadi tantangan tersendiri untuk memberikan kualitas terbaik,” pungkas Andri.

Pembuatan Maket Dikerjakan Secara Handmade
Uniknya setiap pembuatan maket, CCR Studio tidak menggunakan alat bantu modern seperti cutting laser. Semua dikerjakan secara handmade. “Memang sih konvensional, justru konsep pengerjaan ini yang kami pertahankan. Alhamdulillah, pemberi tugas cukup puas menerima hasil karya kami,” imbuhnya.

Selain pembuatan baru, Andri juga kerap mengerjakan pengembangan kawasan. Biasanya yang diminta menambahkan unit maket pada pengembangan itu. Seperti yang dilakukan pada sekolah badan intelegen negara.

“Bicara biaya, apalagi untuk skala tertentu, kisaran harganya mulai Rp8 juta sampai Rp15 juta. Berbeda dengan bangunan tinggi berskala lebih detail, kisarannya diangka Rp80 juta hingga Rp100 juta. Semua tergantung tingkat kesulitannya,” kupasnya.

Untuk rumah tinggal, biasanya Andri mengacu pada hitungan percentimeter persegi. Pihaknya juga menerima pembuatan maket tugas akhir mahasiswa di tingkat akademi.

“Buat Anda yang membutuhkan jasa pembuatan maket, kami siap bantu untuk pengerjaannya. Begitupun untuk memastikan pada saat pengiriman, kami mengedepankan pengawalan hingga sampai di lokasi,” tegaskan Andri.

Dedy Mulyadi