Indonetwork.co.id (Jakarta) – Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti bahaya kebakaran, menempatkan alat satu ini mungkin sudah menjadi keharusan, terutama untuk melindungi benda berharga.

Ya, alat satu ini memiliki peran penting tak hanya sebagai pelindung gedung bertingkat, tapi juga mampu melindungi seisi rumah tinggal.

“Produk ini merupakan alat pemadam kebakaran otomatis. Biasa kami sebut sebagai pemadam api bermerek Bonpet Inna Kabotec,” ucap Sugiyono, Sales and Marketing Director CV. ProTech Service Indonesia.

Menurut Sugiyono, produk tersebut sengaja didatangkan langsung dari Jepang. Selain fungsional, peletakkannya pun mudah, tidak membutuhkan keterampilan khusus.

Baca juga: Peredam Mesin Berkualitas Karya Anak Bangsa Ini Siap Mendunia

“Alat ini mampu memadamkan api secara otomatis, bahan dasarnya merupakan cairan kimia yang berfungsi sebagai katalisator internal. Agar fungsional, cairan pemadam ini dikemas dalam tabung kaca yang mudah pecah ketika terbakar pada suhu minimal 90 derajat celcius,” terangnya.

Lebih lanjut Sugiyono menjelaskan, ketika tabung kaca ini pecah, cairan tersebut akan berubah menjadi gas semacam nitrogen yang mampu secara cepat memadamkan api.

Pemadam api ini sangat tepat berada di area yang sensitif terhadap bahaya kebakaran. Kalau di rumah, alat ini cocok berada dekat panel listrik dan ruang dapur.

“Karena fungsional dan tidak mudah expired, kini alat tersebut merupakan syarat ISO yang harus ada di dalam sebuah gedung. Artinya, pemadam api ini menjadi standar pelengkap utama yang harus dimiliki setiap bangunan,” papar Sugiyono.

Untuk lebih memaksimalkan pada saat pemadaman, Bonpet Inna Kabotec berkapasitas 600cc ini mampu mencover area hingga 7 meterpersegi.

Bonpet Memiliki Tiga Keistimewaan
“Kalau penggunaan di rumah tinggal, standarnya alat ini dapat diletakkan di dua lokasi, ruang yang wajib ada adalah di dekat panel listrik dan ruang dapur,” ujarnya.

Bonpet memiliki tiga keistimewaan. Selain ringan dan mudah, alat ini juga lebih efektif digunakan dalam gedung. Ya, Bonpet dapat bertindak pula sebagai par dan pelengkap sistem spinkler.

“Perlu diketahui juga bahwa, keistimewaan utamanya adalah tidak memerlukan perawatan selama 10 tahun. Artinya, cairan ini tidak mudah expired, beda dengan jenis pemadam api lainnya,” kupas Sugiyono tersenyum.

Bonpet memiliki dua cara kerja. Pertama, alat ini akan otomatis berfungsi ketika sebuah ruangan terbakar temperatur di dalam tabung akan meningkat.

“Jika temperaturnya mencapai 90 derajat celcius, atau suhu ruangan mencapai 290-360 derajat celcius, maka cairan kimia itu akan otomatis menghasilkan tekanan gas yang akan mendesak tabung sehingga kaca tabung itu pecah dan memadamkan api seketika,” urainya.

Cara kerja kedua yaitu manual. Alat ini akan berfungsi secara cermat ketika dilempar ke sumber api. Caranya, Bonpet dikeluarkan dari pegangannya dan dilemparkan ke sumber api.

Reaksi yang ditimbulkan, pertama kaca pada tabung itu akan pecah dan cairannya akan menutupi bagian yang terbakar.

“Selain itu, cara lain yang bisa diterapkan adalah dengan melarutkannya ke dalam air. Caranya mudah, cukup pecahkan kaca tabung itu lalu campurkan cairan kimia itu dengan air,” jelas Sugiyono sambil memperagakan.

“Jika sudah bercampur dengan air, siram cairan itu ke area kebakaran. Otomatis larutan tersebut akan dengan sendirinya memadamkan api dengan cepat. Penasaran, yuk adopsi alat ini sebagai pencegah paling efektif yang mampu melindungi benda berharga milik Anda,” imbuhnya.

Dedy Mulyadi