Indonetwork.co.id (Jakarta) – Melanjutkan kesuksesan tahun sebelumnya, e2eCommerce Indonesia kedua tahun ini akan kembali digelar. Rencananya, pameran dagang di Indonesia yang fokus untuk industri ritel, eCommerce, distribusi dan logistik akan diselenggarakan pada tanggal 10-11 Oktober di Balai Kartini, Jakarta.

Kesuksesan tersebut merupakan salah satu kebijakan ekonomi digital terbaru dalam mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Pameran kali ini, rencananya akan mengupas solusi inovatif yang sejalan dengan kebijakan tersebut, membantu melengkapi kebutuhan UMKM untuk ikut berpatisipasi dan memanfaatkan perkembangan perdagangan ekonomi digital di Indonesia.

Baca juga: Agar Produktif Kemenperin Beri Kemudahan Pembiayaan IKM

Event akbar ini diselenggarakan oleh PT Omni eComm Expo, anak perusahaan SingEx Exhibitions, didukung beberapa mitra penting yang mendukung pertumbuhan ekosistem digital ekonomi di Indonesia.

“Kami senang dapat membuka perhelatan e2eCommerce Indonesia yang kedua di bulan Oktober ini,” ucap Adam Paulus, Direktur Proyek PT Omni eComm Expo.

Menurutnya, dengan total 10 dukungan dari pihak pemerintah dan industri, e2eCommerce Indonesia menjadi satu-satunya pameran dagang terdepan di Indonesia yang mengakomodir seluruh ekosistem bisnis yang diperlukan untuk kemajuan bisnis eCommerce secara menyeluruh.

“Tahun ini, fokus utama kami adalah untuk memenuhi kebutuhan para UMKM di sektor ritel, baik online maupun offline, distribusi, pergudangan, logistik, hingga metode pembayaran dan teknologi terintegrasi,” papar Adam.

Kementerian Dan Asosiasi Ikut Serta
Instansi terkait yang ikut serta diantaranya dari kementerian, asosiasi industri, pihak swasta, dan para komunitas UMKM untuk mewadahi kebutuhan ekosistem eCommerce secara menyeluruh (end-to-end eCommerce eco system).

Gelaran tersebut akan berlangsung selama dua hari, dilengkapi konferensi bisnis seputar perkembangan digital ekonomi, didukung secara ekslusif oleh kementerian dan para mitra industri dengan memiliki tujuan yang sama, guna mempererat kerjasama antar mata rantai industri, mendukung kemajuan inovasi dan mengakomodasi tren industri terkini.

Adapun mitra yang mendukung gelaran akbar ini diantaranya adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia, Kementerian Perdagangan, Republik Indonesia dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

Tak hanya itu, sejumlah asosiasi yang tergabung di ajang tersebut adalah Asosiasi Big Data Indonesia (ABDI), Asosiasi Pebisnis Online Indonesia (APOI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Asosiasi Fintech Indonesia (Fintech Indonesia), Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (HIPPINDO) dan Supply Chain Indonesia (SCI).

Acara ini juga akan dihadiri para pemain industri eCommerce membicarakan strategis bisnis, membahas solusi isu-isu operasional dan mendorong perkembangan solusi inovatif yang krusial untuk industri ritel, online market place dan industri logistik di Indonesia.

Dedy Mulyadi