Indonetwork.co.id (Jakarta) – Kamar Dagang & Industri Indonesia bekerjasama dengan Reed Panorama Exhibitions dan Asosiasi terkait kembali menyelenggarakan perhelatan akbar tahunan industri transportasi dan logistik di Indonesia yang bertajuk Indonesia Transport, Supply Chain & Logistics (ITSCL) 2018.

Mengusung tema “Innovation Towards Industrial Revolution 4.0, Are We Ready?” Indonesia Transport, Supply Chain & Logistics (ITSCL) edisi ke-5 bakal kembali diselenggarakan pada tanggal 12-14 September 2018 di Hall A, JIEXPO-Kemayoran, Jakarta.

Acara tersebut rencananya akan menghadirkan ratusan pelaku usaha transportasi, Supply Chain, dan Logistik dari dalam dan luar negeri.

Baca juga: Tak Hanya Kualitas, AER Tawarkan Inovasi Produk Sanitary Terkini

Bisnis Logistik tanah air diprediksi mengalami pertumbuhan di tahun 2018 dan tahun-tahun mendatang, hal ini di antaranya didukung oleh perkembangan tren perdagangan elektronik atau e-commerce yang semakin pesat dan menjadi tren terbaru masyarakat Indonesia. Era yang serba digital telah mendorong kita untuk melakukan berbagai perubahan guna mengikuti perkembangan industri.

Gencarnya pembangunan infrasktruktur dan kepastian akan keberangkatan turut mendorong meningkatnya indeks peringkat logistik indonesia di dunia, di mana menurut hasil riset Bank Dunia dalam Logistics Performance Index (LPI) 2018, peringkat Indonesia naik dari posisi 63 ke-46. Hal ini tentunya diharapkan mampu menjadi momentum kebangkitan industri transportasi dan logistik tanah air.

Rosan P. Roeslani, Ketua Umum KADIN Indonesia mengatakan bahwa, Pemerintah kini tengah berupaya untuk mendorong peningkatan ekspor. Percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai bidang diharapkan dapat merata di seluruh daerah di Indonesia.

Menurutnya, kepastian waktu dan penurunan biaya logistik hingga kini masih menjadi problem utama. Untuk mengatasi kendala tersebut, kita perlu membantu pemerintah untuk mempercepat program pemerataan ini dengan menciptakan suatu wadah yang mewakili berbagai pemangku kepentingan, yaitu pemerintah, praktisi, dan juga akademisi dari semua sektor terkait.

KADIN Indonesia yakin ITSCL 2018 ini dapat menyediakan platform tersebut. Acara ini siap menjadi tempat para pelaku industri baik lokal maupun internasional dapat berkumpul untuk membahas isu, jaringan, strategi serta menciptakan peluang bisnis baru. Kami juga optimis forum ini dapat menjadi salah satu ajang untuk melakukan kampanye pemasaran yang efektif.”

Baca juga: Selain One Day Service, Ermich Karya Abadi Tawarkan ATK Termurah

Pernyataan ini diperkuat oleh Carmelita Hartoto, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Perhubungan. Dalam kesempatan itu beliau mengatakan, penyelenggaraan ITSCL 2018 diharapkan dapat menjadi sebuah momentum yang tepat untuk menampilkan kemajuan sektor transportasi dan logistik yang ada di tanah air, baik transportasi udara, darat, dan laut, hingga peran kemajuan teknologi dalam menciptakan integrasi dengan pelaku bisnis e-commerce dan bisnis logistik lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Nofrisel, selaku Kepala Komite Tetap KADIN Bidang Logistik, Supply Chain dan SDM, mewakili Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Logistik dan Supply Chain, menjelaskan, perkembangan industri yang semakin terintegrasi ditunjang oleh pemanfaatan teknologi, seperti IOT (internet of things), Arificial Intelligence, Otomasi dan sebagainya, telah mendorong industri transportasi, logistik dan supply chain Indonesia untuk saling berkolaborasi secara intensif.

Menurutnya, bisnis model korporasi di sektor transportasi, logistik dan supply chain juga dituntut untuk terus disesuaikan mengingat sektor ini adalah salah satu industri yang terkena disrupsi, terutama karena kemajuan teknologi dan perubahan selera para pelanggannya. Dalam penyelenggaraan ITSCL 2018, para pemerhati dan pelaku sektor transportasi, logistik dan supply chain dapat mengetahui lebih banyak informasi tentang penerapan teknologi terkini serta arah kebijakan nasional bidang transportasi, logistik dan supply chain.

Baca juga: Fastchem, Your Choice Chemical for Better Solution

Di lain pihak Steven Chwee, General Manager Reed Panorama Exhibitions menambahkan, sebagai penyelenggara kami sangat bangga menjadi bagian dari perkembangan industri transportasi dan logistik di Indonesia, penyelenggaraan ITSCL 2018 diharapkan mampu menjadi platform peluang bisnis di sektor transportasi dan logistik, dengan berbagai program edukasi dan acara penting lainnya, kami juga berharap dapat berkontribusi bagi perkembangan industri-industri utama lainnya di Indonesia.

Dedy Mulyadi