Kesibukan dan jumlah kendaraan terus bertambah, kedua hal inilah yang membuat peluang usaha jasa cuci mobil makin semarak dan di lirik orang.

Apalagi sebagian besar pemilik mobil di Indonesia kurang begitu paham teknik pencucian yang benar, sehingga lebih senang membersihkannya di tempat khusus.

Peralatan, harga dan cara memilihnya

Peralatan yang harus tersedia untuk menjalankan peluang bisnis jasa cuci mobil sebenarnya tidak terlalu banyak. Beberapa alat cuci mobil tersebut antara lain adalah:

Gambar utama: Pojokbisnis.com

1. Hidrolik

Merupakan sebuah alat untuk menaikkan dan menurunkan mobil yang akan di bersihkan. Dengan alat tersebut, pengerjaan menjadi lebih mudah dan cepat di lakukan. Di pasaran, harga alat ini sekitar 12 hingga 27 juta rupiah tergantung kualitas, tipe dan merek.

Karena sangat mahal, sebelum membeli ada baiknya menanyakan terlebih dahulu apakah harga tersebut sudah termasuk oli atau belum.

hidrolik mobil

Baca juga: Peluang usaha cuci motor, potensi dan tips menjalankannya

Hidrolik untuk cuci mobil dengan kapasitas 4 ton butuh oli sekitar 180 liter. Apabila kita hitung secara kasar saja, takaran oli tersebut bernilai kurang lebih 2 juta rupiah.

Selain itu harus di pastikan ada garansi serta jaminan suku cadang. Tanyakan pula perihal siapa yang harus membayar biaya kirim, ongkos pemasangan dan training untuk teknisi atau operator Anda.

2. Tabung snow (salju)

Berfungsi sebagai penghasil salju buatan untuk mencuci mobil. Jenisnya ada 2 yaitu tabung snow wash dan snow wash elektrik dengan perbedaan cukup mencolok.

Ketika sedang di gunakan, tabung snow wash membutuhkan tenaga angin yang di hasilkan melalui kompresor. Sedangkan snow wash elektrik selain tak butuh kompresor, juga lebih praktis Anda operasikan serta memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar.

Harga kedua jenis tabung salju ini berkisar antara 850 ribu hingga 1,5 juta rupiah sesuai dengan kapasitas salju.

tabung salju

Sumber gambar: Alatcucimobilmotor.net

Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, selalu gunakan tabung yang ukuran ketebalannya paling sedikit 1,5 mm dan terbuat dari logam stainless steel. Tabung juga harus mempunyai kelengkapan lain, berupa regulator angin agar lebih aman.

Kecelakaan yang paling sering terjadi selama masa penggunaan adalah ledakan yang dapat membuat orang di sekitarnya jadi terluka parah.

3. Kompresor udara

Memiliki beberapa macam manfaat sekaligus. Pertama sebagai penggerak hidrolik karena sistem kerja mesin ini menggunakan dorongan angin. Fungsi berikutnya adalah untuk memompa tabung salju atau snow wash.

kompresor udara

Lalu yang terakhir adalah untuk mempercepat proses pengeringan mobil selepas proses pembersihan. Harganya antara 6 sampai 26 juta rupiah tergantung kapasitas dan semprotan udara yang di hasilkan.

Jenisnya pun ada 2 yaitu kompresor portable dan van belt. Kompresor portable biasanya memiliki harga lebih murah namun kurang awet jika kita gunakan secara terus menerus. Lebih baik pilih van belt, karena lebih awet meski terbilang mahal.

4. Mesin pressure atau steam air

Alat cuci mobil yang di pakai untuk menentukan tekanan air saat di semprotkan pada badan mobil. Melalui mesin tersebut, segala macam kotoran melekat akan lebih mudah Anda bersihkan.

mesin steam air

Tekanan air tetap perlu di atur agar tidak terlalu keras atau kencang, sebab dapat menimbulkan kerusakan. Steam air ini biasanya di jual dengan harga 1 sampai 2 juta rupiah.

5. Penyedot debu

berupa alat untuk membersihkan bagian dalam atau interior mobil. Bagian yang di bersihkan dengan vacuum cleaner antara lain tempat duduk, karpet dan pojok-pojok mobil yang tersembunyi namun mudah kena kotoran debu dll.

harga alat cuci mobil - penyedot debuAlat ini mampu membersihkan dengan sistem hisap yang tenaganya di hasilkan dari listrik. penyedot debu yang beredar di pasaran memiliki jenis dan merk dengan beragam variasi bentuk dan harga mulai dari 1 sampai 7 juta rupiah.

Pilihan terbaik adalah yang berdaya hisap debu paling tinggi dan irit dalam penggunaan energi listrik.

6. Selang

Berguna untuk memudahkan sebagian besar proses pencucian mobil terutama saat memerlukan semprotan air dan salju. Harganya berkisar antara 20 sampai 30 ribu per meter. Pilihlah selang lunak dan tidak kaku, agar mudah Anda gunakan dan di tata kembali.

selang air

Sumber: Ikame.net

Mungkin memang lebih mahal, namun dapat membuat proses pembersihan menjadi semakin lancar dan tidak mudah rusak (saat di pakai selang seringkali terinjak kaki walau tidak sengaja).

7. Lap mobil

Bertindak sebagai alat pengering kendaraan dari sisa-sisa air. Harganya pun juga murah, sekitar 10 ribu per lembar. Tapi sebaiknya pilih yang benar-benar berkualitas agar tidak menimbulkan goresan pada cat mobil.

Lap berkualitas, terbuat dari bahan halus dan memiliki daya hisap tinggi terhadap air.

8. Shampoo khusus

Berupa cairan kental dan berguna sebagai media pembersih noda atau kotoran yang tidak bisa kita bersihkan dengan snow wash atau air biasa. Harganya sangat murah, cuma 6 sampai 10 ribu per liter sesuai merek dan mutu.

shampoo mobil

Shampoo terbaik untuk mencuci mobil adalah shampoo yang tidak mengandung deterjen dengan PH 7 atau balance. Jangan pilih jika ada kandungan silicon, karena bisa membuat cat mobil jadi cepat kusam dan pudar.

Lebih baik lagi, manfaatkan shampoo berbahan organik atau alami misalnya kaolin clay atau carnauba wax.

9. Semir ban

Adalah media untuk mempercantik penampilan mobil setelah di cuci terutama pada bagian ban. Meski sebenarnya bukan merupakan kebutuhan mutlak, tapi pemilik usaha jasa cuci mobil tetap menyediakannya untuk berjaga-jaga apabila ada pelanggan tertarik. Harga berkisar 30 ribu rupiah per liter.

harga alat cuci mobil - semir ban

Semir untuk ban mobil terdiri dari beberapa jenis, namun kami sangat merekomendasikan semir berbentuk cairan yang tidak mengandung bahan silikon.

Semir seperti ini punya kemampuan lebih baik untuk menjaga tingkat elastisitas karet ban. Walaupun kilapnya kurang cemerlang tapi bersifat ramah lingkungan.

Potensi peluang usaha jasa cuci mobil

Di banding bidang lainnya, bisnis jasa cuci mobil memang membutuhkan modal lebih besar, apalagi jika tidak punya lahan sendiri sehingga harus menyewa. Akan tetapi, besarnya modal tersebut hanya Anda keluarkan pada saat permulaan saja (untuk membeli mesin).

peluang bisnis online - usaha rumahan

Baca Juga: Peluang usaha rumahan dengan untung besar

Mesin atau alat cuci mobil ini bisa kita gunakan dalam jangka waktu lama, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya dalam jumlah besar lagi pada tahun-tahun berikutnya (tetap membutuhkan biaya perawatan). Sedangkan alat yang harus selalu di beli karena akan habis setelah pemakaian seperti shampoo dan semir ban harganya sangat rendah.

Dari hari ke hari pengguna mobil terus bertambah, sehingga makin banyak orang yang butuh layanan jasa cuci kendaraan. Terutama sekali ketika musim hujan, karena kendaraan lebih mudah dan cepat kotor.

Walau bukan pada musim hujan, layanan jasa cuci mobil tetap di butuhkan masyarakat. Apalagi saat musim libur panjang, mobil makin sering di pakai dan cenderung berdebu selama kegiatan liburan dan wisata.

Bisnis jasa cuci mobil adalah sebuah peluang usaha yang sangat mudah Anda jalani karena tidak perlu keahlian khusus untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Yang paling penting adalah pemahaman dasar kita tentang penggunaan semua alat.

Peluang usaha jasa cuci mobil memiliki prospek bagus dan sangat layak untuk di kembangkan terutama di kota besar dan menengah. Untuk kota kecil, tetap memiliki potensi tak kalah bagus jika lokasi usaha berada pada wilayah sub urban atau pinggiran kota besar.

Lokasi dan pasokan air, kunci keberhasilan paling utama

Layanan ramah dan memuaskan, serta harga bersaing adalah hal yang sangat jamak di lakukan pada dunia usaha terutama bisnis jasa. Bahkan merupakan sebuah keharusan.

Namun untuk peluang usaha cuci mobil, ada beberapa masalah yang menjadi perhatian utama, yaitu penetapan dan pemilihan lokasi serta jaminan pasokan air.

Pemilihan lokasi wajib di perhitungkan dengan cermat agar bisnis tersebut dapat berkembang dengan baik serta tidak akan berhenti di tengah jalan. Perlu Anda ketahui, konsumen atau pelanggan tidak sekedar memilih tempat pencucian mobil miliknya, atas dasar layanan dan harga lebih murah.

Selain berada di daerah strategis, lokasi usaha jasa cuci mobil tersebut terletak di jalan utama. Harus kita pastikan pula jalan yang di lalui saat mau masuk dan keluar dari harus tempat pencucian memiliki ukuran cukup lebar.

Berikutnya, pilih lokasi yang berada di pinggir jalan, di mana jalan itu bisa di lalui dari 2 arah. Jika jalurnya cuma terdiri dari 1 arah saja, maka potensi untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah besar dapat berkurang. Setiap orang merasa malas jika harus memutar atau melalui jalur lain jika tujuannya cuma untuk mencucikan mobil saja..

Pertimbangan lain yang tidak boleh Anda lupakan, yakni akses untuk jalur putar balik mobil setelah di cuci, harus di buat selebar mungkin. Selain itu lengkapi dengan area parkir luas, agar sang pemilik kendaraan tidak mendapat halangan saat keluar dari tempat pencucian.

Setelah semua memenuhi syarat, lakukan pengecekan apakah lokasi yang akan di gunakan untuk membuka usaha jasa cuci mobil berpasokan air cukup, serta dengan debit tinggi.

Bukan itu saja, kualitas airnya juga ikut di teliti oleh dinas terkait apakah mempunyai kandungan dan larutan tertentu yang dapat membuat cat dan mesin mobil jadi mudah rusak.

Kami sarankan pula, untuk menggunakan pasokan air dari dalam tanah. Karena jika Anda memakai pasokan air dari PDAM, malah akan berakibat terhadap biaya pengeluaran yang membengkak.

Terakhir, ruang tunggu harus tertata serapi dan sebersih mungkin, sehingga pelanggan makin merasa nyaman ketika berada di tempat tersebut. Jika perlu, lengkapi dengan televisi, majalah, koran dan bacaan atau hiburan lainnya.

Kemudian, apabila ingin mencari penghasilan tambahan dari bisnis ini, ruang tunggu dapat kita beri semacam kantin kecil yang menyediakan aneka makanan dan minuman ringan.

Demi kepuasan pelanggan yang lebih maksimal, berikanlah makanan dan minuman tersebut secara gratis.