Indonetwork.co.id (Jakarta) – Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2018 hari ini kembali diselenggarakan. Gelaran akbar tersebut dibuka secara resmi mulai 9-12 Maret 2018 di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran – Jakarta.

Pameran mebel dan kerajinan B2B (business to business) terbesar di Indonesia dan kawasan regional ini, merupakan hasil kerjasama Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) dengan Dyandra Promosindo.

Baca juga: IFEX 2018, AJang Perkenalkan Produk Mebel Unggulan Indonesia

“Produk-produk furnitur unggulan dan kerajinan Indonesia yang kami sajikan di Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2018 ini mengedepankan desain modern dan kontemporer,” ungkap Ketua Umum HIMKI Ir. Soenoto.

“Desain yang kami tampilkan di ajang bergengsi ini tentunya akan menjadi incaran para pembeli luar negeri,” tegas Soenoto.

Beliau juga menyampaikan bahwa, IFEX merupakan ajang unjuk gigi bagi pengrajin tanah air. Ajang yang selalu dinantikan pelaksanaannya oleh pemain industri mebel dan kerajinan, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Berbagai upaya telah kami lakukan untuk memperkenalkan IFEX ke dunia internasional dan upaya itu mulai menampakkan hasil yang menggembirakan. Dari tahun ke tahun, kami menerima feedback yang baik tidak hanya dari para pemain dan buyers lokal tapi juga pelaku bisnis dari luar negeri,” ujar Soenoto.

HIMKI menyatakan, pihaknya bersama Dyandra Promosindo akan terus membenahi sistem penyelenggaraan pameran agar menjadi lebih baik. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi para exhibitor, buyers, dan pengunjung selama berkunjung ke area pameran.

Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2018 ini secara resmi di buka oleh Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartato, Enggartiasto Lukita Menteri Perdagangan RI, Rini M Soemarno Menteri Badan Usaha Milik Negara, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah serta Triawan Munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Lewat ajang akbar tahunan ini, buyers yang menghadiri IFEX 2018 merupakan pangsa pasar yang memiliki potensi menjadi partner jangka panjang para peserta pameran IFEX 2018.

4

Tingkatkan Standar Penyelenggaraan Dan Layanan IFEX
“Mereka umumnya mencari produk furnitur solid wood, rotan, dan furnitur luar ruang. Salah satu poin yang menjadi fokus mereka adalah produk-produk yang menawarkan desain modern dan kontemporer. Selain itu, mereka tentu juga mencari produk-produk yang berkualitas serta menawarkan harga yang kompetitif,” ujar Djudjuk Aryati, Wakil Ketua Umum Bidang Promosi dan Pemasaran HIMKI.

Dalam kesempatan ini, HIMKI dan Dyandra juga memberikan penjelasan detail mengenai penyelenggaraan IFEX kepada para buyers. “Respon yang diterima cukup positif terbukti dari munculnya minat buyers untuk mencari supplier furnitur dari Indonesia,” ucap Djudjuk Aryati.

Beberapa dari buyers yang hadir bahkan menyatakan untuk mengubah ‘sourcing policy’ mereka. “Sambutan positif dari buyers luar negeri ini menjadi bukti bahwa IFEX telah berhasil menjadi salah satu barometer perkembangan industri furnitur di dunia,” ujar Djudjuk.

Ia menambahkan bahwa, pada kesempatan tersebut, beberapa buyers bahkan telah menyatakan minat untuk hadir pada IFEX 2019 dan 2020. Para ‘buyers’ menyatakan bahwa, penyelenggaraan IFEX merupakan salah satu yang terbaik di Asia dengan standar layanan yang sangat baik.

“Kami sebagai penyelenggara berkomitmen untuk terus meningkatkan standar penyelenggaraan dan layanan IFEX. Setiap tahun kami melakukan perbaikan di berbagai sisi demi memberikan pengalaman terbaik bagi para peserta IFEX,” tegas Daswar Marpaung, Direktur Dyandra Promosindo, selaku penyelenggara IFEX.

Tahun ini, HIMKI dan Dyandra akan menghadirkan beberapa fasilitas dan inovasi layanan untuk mendukung kesuksesan IFEX 2018. Inovasi Fasilitas IFEX 2018 Salah satu wujud dari komitmen peningkatan layanan dan fasilitas IFEX pada tahun ini adalah hadirnya aplikasi IFEX 2018.

Melalui aplikasi ini, para peserta bisa mengetahui berbagai informasi dan layanan terkait IFEX mulai dari registrasi, layanan hotel, Visitors’ Guide Book, agenda pameran, dan lain-lain.

IFEX 2018 kembali akan dimeriahkan dengan beberapa program pendukung seperti seminar, seni instalasi dan lain-lain. Kegiatan seminar akan menghadirkan topik yang membahas trend terkini seputar industri furnitur di Indonesia yang dibawakan oleh para desainer dan pelaku industri furnitur Indonesia.

Dedy Mulyadi