Indonetwork.co.id (Kairo) – Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional memperkenalkan produk unggulan Indonesia, yaitu kopi dan kelapa sawit di hadapan lebih dari 200 pelaku usaha pada Forum Bisnis Indonesia-Mesir.

Rangkaian tersebut merupakan Misi Dagang Kemendag ke Mesir pada 5-8 Desember 2017 yang dipimpin oleh Arlinda dan terselenggara atas kerja sama dengan KBRI di Kairo, Mesir.

Baca juga: Gandeng Komunitas Belanja Online, BTN Ingin Membentuk Ekosistem Digital

Hadir dalam Forum Bisnis tersebut Duta Besar RI di Kairo Helmi Fauzy dan Undersecretary, Head of Central Department of Trade Agreement, Ministry of Trade and Industry Mesir, Azza Mohamed Moussa, dan Kadin Indonesia Komite Tetap Timur Tengah dan OKI.

“Kopi merupakan produk unggulan Indonesia dengan 25 jenis kopi pemium (specialty coffee) yang tersebar di Indonesia dan kelapa sawit Indonesia adalah yang terbaik di dunia,” kata Arlinda.

Secara khusus, Arlinda juga menyampaikan bahwa sebagai produsen sawit terbesar di dunia, Pemerintah Indonesia menjamin kualitas minyak kelapa sawit dari Indonesia adalah yang terbaik di dunia.

“Tidak ada risiko kesehatan sedikit pun atas kualitas minyak kelapa sawit Indonesia dan tidak ada khawatiran dalam menjaga lingkungan hidup dalam pengelolaan industri sawit,” tegas Arlinda.

Arlinda bahkan mengajak para pelaku usaha Mesir untuk datang langsung ke Indonesia dan melihat proses penanaman serta pengolahan kelapa sawit. “Pemerintah menjamin kualitas kelapa sawit Indonesia dan mendukung pengembangan industri kelapa sawit yang berkelanjutan.

Kami berharap para pelaku usaha Mesir dapat melihat langsung proses penanaman dan pengolahan kelapa sawit di Indonesia,” ujar Arlinda.

Peluang Emas Bagi Pengusaha Indonesia
Sementara itu, Duta Besar RI di Kairo Helmi Fauzy menekankan bahwa, Forum Bisnis Indonesia-Mesir akan bermanfaat bagi para pelaku usaha dan asosiasi. Helmi menegaskan, KBRI siap mendukung dan membantu para pelaku usaha Mesir dan Indonesia.

“Misi Dagang ini merupakan peluang emas bagi pengusaha Mesir untuk mengenal produk-produk unggulan Indonesia langsung dari pelaku usaha Indonesia yang hadir. Misi Dagang ini diharapkan bermanfaat bagi peningkatan perdagangan Indonesia-Mesir,” tandasnya.

Forum Bisnis merupakan wadah penyampaian pertukaran informasi mengenai kondisi perekonomian Indonesia, termasuk berbagai reformasi kebijakan yang ditempuh untuk membuat perekonomian Indonesia lebih berdaya saing dan terbuka.

Dedy Mulyadi