Indonetwork.co.id (Surabaya) – Bagi anak-anak, wahana permainan merupakan surga dunia untuk mengekspresikan kebahagiaannya. Mereka dapat dengan leluasa bermain sesuka hati.

Buat Anda yang ingin mengadopsi ataupun memiliki beragam wahana permainan ini, Ric’s Collection mungkin dapat mewujudkannya.

Saya mendirikan usaha ini sejak tahun 2001. Awalnya dari merakit mainan sendiri dan ternyata membuahkan hasil yang dapat diterima oleh masyarakat sekitar,” ungkap Sholeh, Owner sekaligus Direktur CV. Ric’s Collection.

Baca juga: Peran Pemerintah Mensiasati Perkembangan UMKM di Pasar Global

Menurut ceritanya, saat memberanikan diri membangun usaha itu, dirinya mulai menciptakan dan memasarkan produk mainan tersebut ke kalangan yang lebih luas.

“Selain memiliki prospek yang menjanjikan, saya tertarik menekuni usaha ini karena dunia anak-anak itu menurut saya menyenangkan. Rasanya puas bisa mengekspresikan kebahagiaan anak-anak,” papar Sholeh.

Menariknya kata Sholeh, ketika mereka berada di mall atau tempat wisata, anak-anak itu biasanya memiliki ekspektasi yang tinggi untuk bias merasakan wahana permainan. Karena poin itulah menantangnya untuk menciptakan karya yang mampu membahagiakan mereka.

“Bersyukur, Ric’s Collection sudah berjalan 16 tahun dan menjadi special sebagai produsen wahana permainan di wilayah Surabaya dan Jawa Timur,” kupas Sholeh.

rics collection-indonetwork-dok2

Beberapa jenis wahana yang diproduksi, diantaranya seperti mainan Kora-Kora Mini, Kereta Motor, Mainan Koin, Komedi  Putar, Kincir Angin , Odong-Odong, Kapal Ayun, Sepeda Air, dan yang terbaru adalah Tornado Mini.

Alhamdulilah untuk saat ini pabrik mainan kami tergolong terbesar. Meski produk lokal, kami mengedepankan kualitas yang istimewa. Karena material yang digunakan berkualitas baik dan tahan lama,” urai Sholeh.

Buat yang ingin melihat proses pembuatannya, Anda bisa langsung datang ke pabrik. Sehingga dapat mengetahui material apa saja yang digunakan.

Cocok Untuk Usaha Penyewaan Wahana Permainan
“Bukan hanya sekedar menjual, kami juga menawarkan sistem purna jual yang berbeda. Selain bersedia membantu pemasangan, termasuk jika ada kerusakan, kami juga siap bantu perbaikannya,” urai Sholeh.

“Ric’s Collection juga cocok buat Anda yang ingin merintis usaha penyewaan wahana permainan. Kami akan membantu training sampai pihak pembeli bisa mengoperasikannya sendiri,” ucapnya tersenyum.

Lebih lanjut Sholeh menjelaskan, untuk bentuk wahana permainannya semua di desain langsung oleh tim yang spesial dibidangnya. Sedangkan material yang dipakai biasanya menggunakan besi, fiber dan triplek.

Tak hanya pasar Surabaya, produknya pun kini sudah tersebar ke pelosok nusantara. Untuk proses pengirimannya, pihaknya bekerjasama dengan ekspedisi. Jika masih terjangkau, Sholeh menyiapkan truk untuk mengantarkan ke tempat konsumen.

“Alhamdulilah, sejauh ini Ric’s Collection kami dapat diterima dengan baik oleh pasar. Untuk meningkatkan penjualannya, kami memiliki marketing non kontrak di beberapa wilayah,” tandas Sholeh.

“Bahkan, di setiap inovasi produk mainan terbaru yang kami kembangkan senantiasa mengedepankan kenyamanan dan keamanan penggunanya dalam, hal ini anak-anak,” imbuhnya.

Soal harga, Sholeh mematoknya dengan angka khusus. Menurutnya, harga produk tergantung bentuk. Berkisar mulai dari Rp3,5 juta, Rp10 juta, 60 juta dan sampai Rp1 miliar.

“Untuk saat ini, saya masih fokus pengembangkan pabrik mainan ini dulu dan belum terpikirkan untuk membangun usaha lain,” ucapnya sederhana.

“Bahkan cita-cita saya selanjutnya adalah bisa mewujudkan mimpi untuk mengembangkan usaha ini menjadi lebih besar lagi. Memiliki banyaknya pilihan dan mempunyai inovasi terbaru di wahana permainan ini,” kupasnya mengakhiri.

Dedy Mulyadi