Indonetwork.co.id (Jakarta) – Untuk dunia industri, alat satu ini merupakan produk unggulan. Bahkan hampir semua negara telah mengenal dan menggunakannya.

Ya, mesin pembuka baut satu ini terbilang spesifik dan spesialis di level produk sejenis. Selain memiliki kekuatan yang maksimal juga terkenal lebih hemat energi, alat ini sangat mumpuni di kondisi tertentu.

Ingersoll Rand merupakan merk ternama di negeri asalnya Amerika Serikat, merupakan cikal bakal produk Impact Wrench dengan merk dagangnya Impactools,” ungkap Handoyo Prayodono, Senior Channel Sales Engineer PT. Ingersoll Rand Indonesia.

Baca juga: Delegasi RI Perjuangkan Perluasan Akses Pasar ke Jepang

Menurutnya, alat pembuka baut lebih banyak digunakan untuk maintenance mesin yang menggunakan baut baja dan steinless. Salah satu kelebihannya adalah untuk membuka baut yang berada di lokasi terbilang ekstrim.

“Karena fungsi utamanya untuk membuka dan mengencangkan baut, produk unggulan ini jadi mudah di terima dipasaran. Pasar terbesarnya adalah dunia industri,” papar Handoyo.

“Produk ini lebih specialis, artinya alat ini tidak mengganggu pekerjaan penggunanya, lebih dikenal sebagai professional tools. Karena hanya untuk membuka dan mengencangkan baut, cukup satu alat,” terangnya.

Selain memposisikan diri sebagai professional tools, alat tersebut memberikan kenyamanan ekstra bagi penggunanya, lebih efisien dan ringan dibanding alat sejenis lainnya. Bentuknya pun di desain sangat apik, fungsional dan menyesuaikan kebutuhan si pengguna.

Memperhatikan Spesifikasi Kebutuhan Konsumen
Tools ini sangat membantu. Contohnya saja, ketika dipegang tidak licin, tidak berat dan speed yang dihasilkan mumpuni. Artinya, tools ini memperhatikan spesifikasi kebutuhan konsumen,” pungkas Handoyo.

Keunggulan lainnya, selain ringan impactools Ingersoll Rand hemat energi. Daya listrik yang dihasilkan hanya dari baterai. Mampu menghemat energi hingga 96%.

“Karena tanpa kabel jadi alat ini dapat dipergunakan secara mobile. Bisa digunakan di kondisi ekstrim, misalnya seperti lokasi tambang yang cuacanya panas dan terkena hujan, impactools Ingersoll Rand sangat mumpuni di kondisi tersebut,” kupasnya.

“Dengan kondisi tertentu, biasanya tools tidak mendukung. Misalnya saja, sulit membuka baut yang sudah terlalu lama melekat. Bisa juga karena terlalu diporsir, tools jadi tidak maksimal,” terang Handoyo.

Impactools Ingersoll Rand terdiri dari banyak ukuran dan model bergantung dari kebutuhan dan cara kerjanya.

“Untuk jenis toolsnya sendiri, kami memiliki banyak varian. Hanya saja yang dipasarkan di Indonesia hanya tipe tertentu. Ukuran impactools terkecil yang tersedia mulai dari 1/4 inch hingga 3,5 inch,” jelasnya lagi.

Istilah ada harga tentu ada kualitas berlaku untuk produk satu ini. Ya, harga produk ini tergolong premium jika dibandingkan yang lain. Harga yang dibandrol berkisar mulai Rp1 juta hingga USD100.000.

Menurut Handoyo, untuk pasar di Indonesia, produk tersebut lebih banyak terserap oleh industri automotive. Karena alat pembuka baut lebih cenderung di dunia industri tersebut.

Dedy Mulyadi