Indonetwork.co.id (Jakarta) – Anda yang ingin menerapkan efektivitas penjualan secara online, memanfaatkan fasilitas layanan seperti situs jual beli online adalah cara paling gampang yang bisa dilakukan.

Agar barang dagangan Anda mudah terjual, cermati dulu langkahnya. Pastikan Anda dapat mempostingnya dengan benar. Perhatikan langkah-langkah apa yang mesti dilakukan.

Begitupun soal proses transaksinya. Usahakan Anda menerapkan jenis transaksi terpercaya, misalnya saja menggunakan jasa rekening bersama agar pembeli Anda merasa aman dan nyaman.

Baca juga: Bantu UKM Perluas Jangkauan, Smesco Jajaki Pasar Singapura

Ingin mengetahui secara detail, berikut ini beberapa tips dan trik cara cepat menjual barang secara online.

Buatlah Postingan Sebanyak Mungkin
Pastikan Anda membuat posting produk yang hendak Anda jual di beberapa situs jual beli. Lakukanlah untuk memperbanyak postingan di masing-masing situs online.

Dengan begitu, menjaring konsumen akan jauh lebih mudah. Cara ini sebaiknya dilakukan apabila memang ingin barang Anda cepat laku. Ingat pula bahwa setelah barang terjual segera hapus postingan tersebut.

Kategori yang Tepat
Perlu diketahui bahwa, agar barang yang Anda jual mudah ditemukan, pastikan memilih kategori produk yang tepat. Ya, cara ini memudahkan calon pembeli menemukan barang yang sesuai. Jadi, periksalah apakah listing Anda sudah tepat sesuai kategori.

Jika Anda menempatkan kategori yang salah, Anda akan kesulitan menjual barang tersebut. Sebab calon buyer tidak menemukan barang yang Anda jual.

Buat Judul Singkat Padat Jelas
Untuk memudahkan pencarian, manfaatkanlah kolom judul sebaik-baiknya, usahakan untuk memilih judul yang tepat sesuai dengan barang yang hendak dijual.

Gunakan judul yang singkat, padat dan jelas. Usahakan untuk tidak mencantumkan harga dan kondisi detail. Penulisannya cukup ditulis nama barang agar mudah pada saat pencarian.

Gunakan Foto Asli
Untuk bisa meyakinkan calon pembeli, usahakan untuk menampilkan foto asli, meskipun Anda menggunakan kamera ponsel yang kualitasnya kurang bagus. Dengan begitu, cara ini mampu mempengaruhi kepercayaan calon pembeli.

Pastikan Anda menampilkan foto semua sisi, agar calon pembeli mengetahui bagaimana kondisi barang. Usahakan agar pencahayaan foto tidak gelap supaya mudah terlihat dengan baik.

Tulis Deskripsi Secara Jujur
Agar barang hendak dijual cepat laku, lakukan penulisan deskripsi dengan jujur apa adanya. Jelaskan detail kondisi barang tersebut, meskipun Anda harus menuliskan beberapa kecacatan pada barang itu. Cara ini lebih baik ketimbang Anda harus menulis kebohongan.

Dengan begitu, calon buyer akan mengetahui kondisi sesungguhnya dari desktripsi yang diberikan. Apabila rusak katakan sejujunya, bisa jelaskan secara singkat penyebab kerusakan.

Dengan langkah-langkah ini, semoga membantu Anda meningkatkan penjualan secara online, selamat mencoba.

Dedy Mulyadi