Indonetwork.co.id (Jakarta) – Seiring perkembangan zaman yang serba digital, teknologi dunia internet telah mengubah prilaku penggunanya untuk memanfaatkan kemudahan tersebut.

Memasuki era milenia, tren digitalisasi juga telah menggiring para pelaku usaha untuk beralih memasarkan produknya secara online. Selain lebih efisien, berpromosi melalui dunia maya kini telah menjadi keharusan.

Baca juga: Bekraf Rangkul Desainer Indonesia Gelar Pameran

Jika membandingkan pemasaran secara konvensional, strategi marketing online jauh lebih akurat. Cara ini dapat mengetahui secara detail seberapa banyak listing produk yang telah promosikan secara online.

Bukan hanya itu, selain jangkauan pemasaran tak memiliki batas, pemasaran cara ini juga mudah terpantau, beda dengan konvensional.

Bila pemasaran konvensional seolah menunggu bola, justru sistem strategi memasarkan secara online terkesan lebih agresif. Memanfaatkan kecanggihan teknologi digital juga memudahkan penggunanya, lebih cepat dan tak menunggu lama.

Baca juga: Pelaku Usaha Sepakat, Promosi Online Merupakan Pilihan Tepat di Era Digital

Para pelaku usaha yang memanfaatkan keunggulan teknologi ini dengan melakukan promosi online. Pangsa pasar mereka tak hanya dari radius sekitar, upaya promosi ini juga mampu mendatangkan calon buyer dari berbagai penjuru dunia.

Jika sebelumnya, berpromosi konvensional membutuhkan biaya yang cukup besar karena proses cetak dan distribusi pengirimannya. Kini, dengan berpromosi secara online biaya tersebut jadi terpangkas otomatis.

Baca juga: Selain Garansi, Souvenir Online Tawarkan Produk Promosi Berkualitas

Perkembangan dan kemajuan teknologi digital ini cukup membantu tak hanya bagi pengusaha perorangan, perusahaan dan bahkan organisasi yang lebih besar pun kini telah melakukan upaya pemasaran secara digital.

Online Marketing Memudahkan Penggunanya
Tak dipungkiri bahwa, menerapkan strategi berbasis online mampu menggiring masyarakat jadi mudah mengenal produk secara cepat. Jangkauan bisnis pun menjadi lebih luas berkat strategi online marketing.

Bagi pemilik produk dan jasa, mereka tak lagi dipusingkan biaya operasional untuk memasarkan produk unggulannya. Untuk saat ini, kecanggihan teknologi digital bukanlah barang mahal seperti dulu.

Kenyataannya, media internet sudah menjadi kebutuhan mendasar masyarakat modern di pelosok negeri. Tak heran jika, sistem pemasaran yang diutamakan guna menjaring pangsa pasar yang lebih luas, para pengusaha lebih memilih jalur online.

Baca juga: Indonetwork Dukung Program Kemendag, Promosikan Produk Kreatif UMKM

Ya, menjamurnya media online salah satunya terbentuk oleh dukungan infrastruktur yang lebih baik. Karrena itu, untuk bisa memanfaatkan jaringan bisnis, media berbasis multimedia dan telekomunikasi (internet) kini jadi incaran pelaku usaha untuk bisa eksis dikancah bisnisnya.

Dalam pengertian umum, media online dapat dikatakan sebagai sarana komunikasi berbasis online. konten yang ditawarkan merupakan kombinasi yang bersifat interaktif. Fiturnya menyediakan informasi dan bisa berkomunikasi langsung dengan para pengusaha.

Itulah sebabnya, pemasaran secara konvensional perlahan mulai ditinggalkan. Memasuki era digitaliasi nan modern, pelaku usaha diwajibkan melek teknologi, agar mereka mampu menyelami dunia online lebih baik.

Dedy Mulyadi