Indonetwork.co.id (Jakarta) – Perusahaan satu ini resmi beroperasi sejak tahun 1999. Jika menelusuri lebih dalam, bidang usaha yang ditawarkan tergolong jarang dan bahkan langka di Indonesia.

Bergerak di bidang Inspection Repair and Maintenance atau di singkat (IRM), PT. Gamma Buana Persada memposisikan diri sebagai spesialis penyedia jasa perawatan di sektor industri. Spesifikasi yang dilakukan adalah perawatan fisik pabrik, kilang minyak hingga gedung bertingkat.

“Unit usaha kami menawarkan jasa pengecatan dan bahkan pengelasan di area yang sulit dijangkau,” ungkap Sabandi Ismadi, Presiden Direktur PT. Gamma Buana Persada (GBP).

Menurut Sabandi, GBP merupakan satu-satunya member (IRATA) International Industrial Rope Access Trade Association di Indonesia. Perlu diketahui, IRATA adalah asosiasi yang ada di Inggris yang mengeluarkan sertifikasi jasa akses tali berstandar internasional.

“Kami salah satu trainer member company bagi para penyedia jasa akses tali. Mereka kami latih menjadi profesional. Di Indonesia, kami leader sekaligus perusahaan yang mengeluarkan sertifikasi jasa rope access, termasuk jasa inspeksi,” papar Sabandi.

Selain layanan jasa yang ditawarkan, pihaknya juga kerap melakukan pelatihan, konsultan, layanan inspeksi (pemeriksaan, pengelasan inspeksi korosi dan inspeksi kilang minyak atau OCTG).

Untuk menjadi yang terbaik, Sabandi menawarkan pula jasa uji kelayakan dan layanan sertifikasi. Pengerjaannya dibawah pengawasan Departemen Tenaga Kerja ataupun Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi – RI.

“Keistimewaan jasa teknik yang kami miliki seperti pembuatan spesifikasi prosedur pengelasan, penyedia sertifikasi atau kualifikasi, operator pengelasan, penyetelan dan variabel optimasi serta supply welder berkualitas untuk semua proses metode pengelasan umum dan lain-lain,” terang Sabandi.

Sejak tahun 2003, GBP menjadi legal company yang memiliki jam terbang dan sulit diragukan pelanggan. Kini, GBP telah menjadi mitra terpercaya dalam inspeksi. Jasa yang ditawarkan didukung penuh oleh insinyur profesional, sumber daya berkualitas dan berpengalaman di layanan NDT, teknik pengelasan dan metalurgi yang juga berketerampilan akses tali.

Tak heran jika saat ini, GBP dipercaya menangani pengerjaan perawatan jembatan Ampera di Palembang, salah satu iconic yang ada di Sumatera Selatan. Proyek tersebut dibawah pengawasan Kementrian Pekerjaan Umum.

Selain di Sumatera, pihaknya juga tengah mengerjakan pengecatan Pupuk Kaltim. Lainnya ada proyek perawatan di Sevron, Thailand dan di Brunei Darussalam. Hampir semua perawatan yang berkaitan dengan ketinggian, dipercayakan kepada GBP, termasuk membersihkan mesjid Istiqlal.

Proyek lain yang berhasil diselesaikan diantaranya adalah Rope Access Service For Painting and NDT milik PT. Buma Perindahindo, Technical Services Contract For Data Acquisition and NDT Inspection milik PT. PHE ONWJ, Rope Access Service For Painting Diesel tank PT. Wijaka Karya, Provision Of Failure Analysis Saka Indonesia Pangkah Ltd dan sejumlah lainnya.

Beberapa proyek lain yang sedang dalam pengerjaan diantaranya Provision of Blanket Hull Thicknes milik PT. Premier Oil,  Project Onshore Non Destructive Examination (NDE) milik Conocophillips Indonesia Inc. Ltd.

Sedangkan proyek yang masih proses kesepakatan satu diantaranya ada di Bangladesh. Menurut Sabandi, peluang jasa akses tali tak datang hanya dari dalam negeri, tapi juga dari berbagai permintaan luar negeri.

“Keunggulan memanfaatkan jasa kami, pengerjaan jadi lebih efisien, safety dan hemat biaya. Setiap orang mempunyai kemampuan khusus dan ada standarisasi tertentu,” jelasnya.

“Mereka kami latih menjadi pribadi yang multi skill, mampu melakukan inspeksi, pengecatan dan pengelasan. Untuk memperkuat semua itu, kami memiliki SDM 100 pekerja,” pungkas Sabandi.

Selain rope access, GBP juga menawarkan jasa pengecatan tanki, gedung bertingkat, jasa inspeksi, jasa certifikasi. Pihaknya memiliki jasa survey teknik, drone survey teknik, dan jasa bekerja di ketinggian.

Untuk bisnis lain dibawah bendera Bainita Heat Industri, pihaknya menawarkan jasa lain yang saling berkaitan.

Bainita Heat Industri
Bainita Heat Industri merupakan specialis perusahaan yang bergerak dibidang post weld heat and treatment (PWHT). Adapun jasa yang ditawarkan adalah proses pengelasan yang membutuhkan pemanasan ulang untuk mengembalikan strukturnya agar lebih baik.

Teknik pengerjaan yang dilakukan yaitu Stress Reliving, proses pengembalian struktur kembali ke awal. Cara ini untuk menghindari korosi pada area pengelasan.

“Pengerjaan yang kami tawarkan adalah mengembalikan struktur kembali kesemula. Pemanasan ulang setelah proses pengelasan merupakan pengerjaan yang bersifat untuk mencegah kebocoran pada sambungan pipa usai pengelasan. Kami juga mampu mengerjakan drying coat, proses fix furnace atau pengecoran logam,” papar Sabandi.

Selain memposisikan sebagai spesialis dibidang pengelasan, jasa lain yang juga jadi andalan adalah jasa heat treatment, internal firing, local pwht, dan pre heating.

Adapun proyek yang sedang dilakukan BainitaHeat diantaranya adalah pengerjaan pipa gas di Palembang. Beberapa clients perusahaan yang telah menggunakan jasa Bainita Heat diantaranya Chevron, Bakrie Constructions, Conoco Philips, Holcim, BP, dan FMC Techonologies.

Welding Study Center 
Sedangkan Welding Study Center, Sabandi mengkhususkan perusahaan tersebut dibidang edukasi. Spesifikasi jasa yang ditawarkan sebagai spesialis Vocasional Training, Welding Inspector, Non Destructive Testing (NDT) Level I & II, Welder Certification, Technician PWHT and Heat Treatment, Working At Height, Fall Arrest, In House Training dan One Day Training.

“Kami perusahaan training yang mengeluarkan sertifikasi khusus welder. Kami juga menawarkan jasa failure analysis serta authorize training body (ATB). Welding Study Center merupakan pusat pendidikan kompetensi mandiri yang menangani NDT training,” ujarnya.

“Para pekerja yang belum saya tempatkan di perusahaan, biasanya saya training terlebih dulu. Setelah mereka memiliki keterampilan, baru saya pekerjakan di kedua perusahaan,” urai Sabandi.

Menurutnya, kebutuhan industri terhadap welder prosedur cukup menjanjikan, karena itu dibutuhkan tenaga ahli dibidang tersebut. Dengan demikian, pihaknya bisa menawarkan jasa services untuk melengkapi kebutuhan itu.

Beberapa relasi yang menggunakan jasa training diantaranya Chevron, Bakrie Constructions, Conoco Philips, Holcim, BP, dan FMC Techonologies.

Selain membawahi tiga perusahaan, dirinya aktif di Asosiasi Welding Indonesia, di asosiasi tersebut Sabandi dipercaya sebagai Ketua Bidang Sertifikasi dan masih aktif sebagai pengajar khusus welding.

“Sengaja kami membangun tiga perusahaan ini, karena saya ingin membedakan konsentrasi bisnisnya. Meski memiliki visi berbeda, namun ketiga bidang usaha ini saling berkaitan,” ungkapnya.

Dari ketiga perusahaan tersebut, menurut Sabandi bendera yang paling menonjol adalah Gamma Buana Persada. Selain masih jarang dijumpai, GBP merupakan satu-satunya spesialis penyedia jasa Rope Access ternama di Indonesia.

Dedy Mulyadi