Indonetwork.co.id (Jakarta) – Bertempat di Balai Kartini Jakarta, gelaran e2eCommerce Indonesia yang dilakukan pada tanggal 17-18 Oktober 2018 menyuguhkan beragam informasi terkini, seputar inovasi dan teknologi bisnis ritel dan logistik di Indonesia.

Ajang tersebut merupakan agenda penting yang wajib untuk di hadiri oleh para pelaku usaha untuk saling bertemu dan bertatap muka guna memperluas jaringan kerjasama, bertukar informasi dan pengetahuan mengenai industri eCommerce.

Baca juga: e2eCommerce Indonesia Tampilkan Inovasi Dan Teknologi Smart Logistics

“Geliat sektor bisnis ini merupakan bagian penting dalam menciptakan industri yang dinamis di Indonesia. Pertumbuhan sektor ini telah menghasilkan tidak hanya manfaat ekonomi yang signifikan tapi juga memberikan solusi dalam hal pengiriman barang,” ungkap Adrian Sng, General Manager SingEx Exhibitions.

“Kami melihat, sektor bisnis tersebut dapat dijadikan peluang untuk menciptakan segmen baru yang akan menyediakan platform khusus untuk ekosistem e- commerce,” ucapnya.

Menurut Adrian, Indonesia merupakan segmen pasar yang dinamis. Teknologi smart store memungkinkan kita untuk memahami bagaimana pasar terlibat dengan produk sehingga dapat digunakan untuk memprediksi kebutuhan dan keinginan pasar.

Baca juga: Roadshow E2E Commerce di Yogyakarta: Pelaku Usaha Haruslah Adaptasi

Lebih lanjut Adrian mengatakan, melalui inovasi itu pelaku usaha dapat memantau dan berinteraksi dengan pilihan produknya berdasarkan harga dan citra merek.

“Bayangkan bila kita bisa mengetahui apa yang akan dibeli oleh konsumen, mengetahui pola pembelian mereka dan memprediksikan apa yang akan mereka beli di hari berikutnya. Tentunya, inovasi ini akan jadi peluang baru bagi pelaku usaha yang ingin mendalami bisnis dengan cermat,” pungkasnya.

Hal serupa juga diucapkan Echo Sembiring, Head of Modern Trade & eCommerce MAKARIZO. Menurutnya, e2eCommerce memainkan peran penting untuk mendapatkan tren dan teknologi terbaru terkait dengan teknologi Smart Retail untuk semua pemegang saham yang berpartisipasi di pasar Indonesia.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, Zaldy Masita selaku Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menambahkan, kebutuhan solusi retail & logistik yang lebih cerdas menjadi sangat penting di era saat ini.

Baca juga: Roadshow E2E Commerce di Yogyakarta Ajak UKM Perluas Pemasaran

Menurut Zaldy, dengan pertumbuhan ekonomi digital yang tinggi di Indonesia, konferensi e2eCommerce adalah cara yang baik untuk mengetahui pengembangan solusi logistik dan kebutuhan pelanggan dan pemain ecommerce dalam aspek retail & logistik.

Konferensi e2eCommerce Indonesia 2018
Dalam konferensi e2eCommerce Indonesia, pihak penyelenggara mengundang jajaran para ahli yang kompeten dan menampilkan tokoh-tokoh utama di industri ini baik lokal dan internasional.

Baca juga: Roadshow Perdana E2E Commerce Indonesia Hari Ini Digelar di Bandung

Beberapa pembicara ahli antara lain: Rudy Salahuddin, Deputi Divisi Ekonomi Kreatif dan UKM, Kementerian Koordiantor Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Ravi Kumar-Director/Head of eCommerce MAP Subsidiaries, Arnab Ganguly-Group Head Kanmo Retail Group, Echo Sembiring-Head of Modern Trade & eCommerce MAKARIZO, Desey Muharlina-VP/GM for Fashioin and Health Blibli.com, Ryn Hermawan Co-Founder & COO Mbiz (Lippo Digital).

Selain konferensi, e2eCommerce Indonesia juga akan dilengkapi dengan beragam aktivitas mulai dari pertemuan komunitas & free seminar oleh para partner pendukung seperti Blibli.com, Aptiknas, Block71, buattokoonline, Indonetwork dan lain-lain.

Dedy Mulyadi