Bagi bisnis berskala kecil dan menengah (UKM), berkompetisi dengan merek berskala nasional yang sudah di kenal banyak orang sangatlah menyulitkan.

Namun lainnya halnya jika para pelaku UKM mengandalkan pemasaran berbasis konten (content marketing). Dengan metode ini bisnis yang di jalani justru dapat menjaring lebih banyak perhatian dari calon konsumen dan bahkan rekanan potensial yang bergerak di industri yang relevan dengan bisnis.

Pemasaran berbasis konten adalah pendekatan yang mengedepankan pembuatan konten informatif, unik dan kreatif yang kemudian di sebarluaskan ke target pasar prospektif. Dengan harapan nantinya konsumen akan melirik bisnis dan tertarik membeli produk yang di tawarkan.

manfaat pemasaran berbasis konten bagi ukm - infografik

Manfaat pemasaran berbasis konten bukan hanya soal ekspansi bisnis, namun juga untuk membangun reputasi dan memberi ruang supaya usaha atau upaya yang di lakukan dapat di sebut sebagai pemimpin pasar yang dapat di percaya.

Berikut ini adalah daftar manfaatnya:

Konten mampu menarik konsumen mengunjungi situs Anda

Pemasaran berbasis konten mampu menarik lalu lintas pengunjung. Calon konsumen yang sedang memiliki masalah tentu akan mencari solusi yang ada di dalam situs Anda.

Jika Anda mampu menyediakan solusi, baik berupa informasi, panduan terpadu atau bahkan hanya sekadar hiburan, maka konsumen akan terus mengunjungi situs tersebut dan mengandalkannya sebagai sumber solusi di kemudian hari.

wordpress icon

Baca juga: Cara membuat (situs) blog gratis dengan wordpress

Konten membangun kesadaran merek

Jika Anda mampu menerbitkan konten-konten segar nan unik secara konsisten pada situs dan kemudian mempromosikannya ke jejaring sosial, maka peluang untuk menarik lebih banyak calon konsumen akan semakin besar.

Merek atau brand Anda pun akan semakin terpatri dalam ingatan mereka atau dengan kata lain, terjadi peningkatan brand awareness. Jika mereka puas, maka merek Anda pun tidak akan segan-segan untuk di promosikan.

Situs lain yang merasa konten Anda bermanfaat akan merujuk pembacanya untuk mengunjungi situs web Anda. Sehingga popularitas tautan (link popularity) Anda akan naik dan berpengaruh secara positif ke peringkat situs pada mesin pencari.

Konten meningkatkan peluang masuknya calon konsumen dan penjualan

Semakin banyak situs Anda di kunjungi dan di lihat maka semakin besar pula peluang calon konsumen masuk ke dalam saluran komunikasi (leads) yang dapat Anda gunakan sebagai alat follow-up sampai terjadinya penjualan.

Konsumen banyak mengandalkan blog dan konten website informatif ketika hendak melakukan pembelian. Mereka ingin tahu lebih banyak soal produk yang bersangkutan, supaya tidak membeli kucing dalam karung.

Menciptakan konten yang relevan dengan produk usaha Anda akan meningkatkan pengetahuan calon konsumen soal manfaat apa yang akan mereka dapat jika bertransaksi dengan Anda.

Usaha Anda pun akan di pandang sebagai bisnis yang punya reputasi, karena memang benar-benar berpengalaman soal apa yang Anda jual. Kekhawatiran mereka pun akan ikut menurun.

Konten membuat Anda di pandang sebagai ahli di bidangnya

Semakin Anda menunjukkan sikap edukatif dalam menyebarluaskan konten, maka semakin banyak orang yang akan menganggap Anda sebagai ahli atau pakar yang dapat di percaya pada bidangnya. Apalagi, jika konten Anda di rancang dengan multimedia berkualitas tinggi yang memang di maksudkan untuk membantu permasalahan mereka.

Di kenal sebagai ahli akan memberi banyak manfaat. Orang-orang tidak hanya akan mendengarkan apa kata Anda, namun juga akan menghampiri jika mereka punya masalah.

Pemasaran konten akan membuat Anda lebih unggul ketimbang perusahaan besar dalam hal kedekatan personal dengan konsumen.

Konten mengajak orang berinteraksi

Jika konten Anda menarik maka banyak pembaca yang akan mengeluarkan aspirasi dan bahkan pengalaman pribadinya. Anda pun dapat berinteraksi secara langsung dan mengambil simpati mereka, entah dengan cara menghibur atau menjawab pernyataan secara spesifik.

Bisnis di industri lain pun juga akan tertarik untuk membahas konten yang Anda tulis. Hal ini dapat di jadikan awal untuk mengadakan interaksi level bisnis (B2B) dan membangun reputasi yang baik di depan mata mereka.

Biaya pemasaran konten lebih rendah ketimbang pemasaran konvensional

Manfaat pemasaran berbasis konten yang paling mendasar adalah efisiensi biaya. Karena sifatnya yang mengarahkan konsumen ke dalam saluran pemasaran (inbound marketing), biaya penyebaran konten jauh lebih rendah ketimbang promosi konvensional yang mengarahkan merek bisnis ke media luar (outbound marketing).

Biayanya dapat terus di tekan jika Anda mampu merancang konten sendiri. Dana yang tersedia pun biasanya hanya akan habis untuk mengadakan kampanye iklan di mesin pencari dan jejaring sosial. Selebihnya, dapat di lakukan secara gratis.