Indonetwork.co.id (Jakarta) – Seiring perkembangan teknologi, media sosial (medsos) tak hanya dapat dijadikan sebagai sarana informasi pribadi. Buat mereka yang ingin memperluas jaringan usaha, fungsinya dapat pula dimanfaatkan sebagai strategi pemasaran.

Bagi mereka (pengusaha), medsos memiliki peran penting dalam berbagi informasi kepada pengunjung atau followernya. Banyak pula dari mereka telah menemukan cara bagaimana jejaring sosial ini dapat memberikan kontribusi kesuksesan dan perkembangan dalam segala hal.

Kian bertambahnya jenis medsos yang semakin bervariasi, seperti media yang bersifat personal, blog, dan bahkan e-commerce telah membuka peluang baru mengembangkan perjalanan bisnis tersebut.

Beberapa keuntungan lain menggunakan medsos bagi para pelaku bisnis juga memudahkan konsumen memberikan feedback mengenai bisnis Anda secara langsung.

Baca juga: E-Commerce di Indonesia Punya Potensi Pertumbuhan Sangat Besar

Medsos untuk bisnis dapat dengan mudah memberikan Anda akses untuk mendapatkan feedback positif maupun negatif dari konsumen, dapat pula dijadikan sebagai informasi berharga dari sudut pandang konsumen.

Misalnya saja, ketika Anda meluncurkan produk baru dan ingin dibagikan melalui media sosial. Maka, secara cepat Anda bisa langsung mengetahui pendapat konsumen.

Cara lain untuk mengetahui perspektif konsumen adalah dengan mempelajari bagaimana cara mereka menggunakan produk Anda.

Melengkapi Fanpage pada Facebook misalnya, konsumen bisa langsung memberikan kritik, saran ataupun pertanyaan pada kolom komentar. Bisa juga dengan mengirim pesan mengenai produk dan layanan yang Anda miliki.

Dengan begini, respon konsumen terhadap aspek apapun pada bisnis Anda bisa terlihat dengan jelas. Hasilnya, Anda bisa gunakan untuk melakukan improvisasi terhadap kualitas bisnis tersebut.

Mengembangkan Cara Ini Selangkah Lebih Maju
Ya, dengan memanfaatkan sosial media Anda bisa mendapatkan informasi penting dari kompetitor. Trik ini dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda.

Anda juga bisa menganalisa teknik apa saja yang digunakan oleh kompetitor, tentunya dengan melakukan hal yang lebih baik dari yang mereka lakukan.

Triknya, amati para pendahulu di industri bisnis yang Anda jalani, lalu perhatikan teknik apa saja yang mereka gunakan. Cara lain bisa dengan melihat siapa saja follower kompetitor Anda, perhatikan apa yang mereka posting dan apa yang mereka sukai.

Dengan demikian, Anda bisa memulai untuk mengembangkan konten yang relevan untuk mendapatkan klien melalui medsos.

Bantu Tingkatkan Pengunjung Website dan Ranking Search Engine
Perlu diketahui juga bahwa, media sosial dapat membantu meningkatkan pengunjung website dan ranking search engine. Ya, salah satu keuntungan terbesar dari media online saat ini bagi bisnis adalah meningkatkan jumlah pengunjung website.

Tidak hanya itu, bila informasi yang mereka temukan pada website Anda bermanfaat, dengan sendirinya mereka akan menyebarkan informasi tersebut di medsos.

Meskipun tidak signifikan, tetapi peran media ini juga bisa meningkatkan ranking website dengan memberikan sinyal positif kepada search engine.

Salah satu faktor penentu kekuatan SEO di sebuah website adalah backlink berkualitas dan traffic. Melalui media sosial Anda bisa mendapatkan kedua hal ini sekaligus.

Backlink berkualitas adalah ketika link yang menuju ke website Anda berasal dari website dengan kualitas yang baik.

Media sosial pada umumnya tergolong sebagai website dengan kualitas yang sangat-sangat baik, hal ini tentu memberikan efek positif bagi aspek SEO website.

Sama halnya dengan traffic. Jika konten yang Anda share di media sosial dinilai menarik oleh pengguna, maka Anda akan mendapatkan banyak traffic. Inilah efek positif tidak langsung dari medsos terhadap SEO.

Sebelumnya proses pemasaran mengalami kendala untuk menyajikan informasi kepada konsumen dalam waktu yang singkat. Ada baiknya yang bisa dilakukan dengan membagikan informasi melalui media sosial.

Lewat cara ini, penyampaian informasi kepada konsumen jadi lebih mudah dan cepat. Membagikan informasinya hanya cukup tekan tombol ‘share’. Informasi yang disampaikan bakal langsung sampai ke banyak follower.

Pastikan bahwa, informasi yang Anda bagikan sesuai dengan target konsumen. Karena, penyebaran informasi di jejaring sosial bisa menampilkan dengan real time.

Apapun informasinya, maka postingan itu akan langsung muncul di timeline follower Anda. Sehingga, secara langsung cara ini bisa menghasilkan traffic ke website ataupun menghasilkan penjualan.

Hal ini tentunya akan efektif jika akun medsos Anda memiliki follower yang cukup banyak. Kalaupun tidak, Anda mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan jasa influencer. Selamat mencoba.

Dedy Mulyadi