Dari waktu ke waktu, internet telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Hal ini memunculkan dorongan besar pada masyarakat untuk mencari sumber penghasilan baru dengan cara yang lebih praktis dan efisien.

Banyak yang percaya kehadiran teknologi internet mampu memberi peluang lebih besar guna mengembangkan usaha dengan laba berlimpah.

Benarkah seperti itu? Silakan simak penjabarannya sebagai berikut:

Pengertian bisnis online

Peluang usaha yang di jalankan melalui teknologi internet ini seringkali di sebut dengan istilah bisnis online. Jadi secara umum bisnis online bisa di definisikan sebagai suatu kegiatan berupa penawaran aneka macam produk melalui berbagai media di internet, mulai dari penentuan atau negosiasi harga hingga transaksinya. Produk online bisa berwujud barang maupun jasa.

peluang bisnis online - usaha rumahan

Baca Juga: Peluang usaha rumahan dengan untung besar

Sebagaimana kegiatan bisnis lainnya yang di jalankan secara konvensional, bisnis online yang menggunakan media internet juga mempunyai tujuan utama sama persis yaitu mencari keuntungan dan laba. Sistem jual belinya juga tidak jauh berbeda. Mulai dari penawaran atau promosi produk, hingga penentuan harga harus di jalankan semua.

Perbedaannya cuma terletak pada sistem komunikasi dan transaksi serta pembayarannya saja yang di lakukan secara online dan transfer antar bank. Jadi antara pembeli serta penjual tidak perlu bertemu dan bertatap muka secara langsung.

Peluang bisnis dengan sistem online mulai di kenal masyarakat sejak tahun 1994. Sampai saat ini perkembangannya semakin pesat, bahkan sudah menjelma menjadi sebuah peluang bisnis bersifat multifungsi. Perkembangan inilah yang kemudian membuat orang makin tertarik dan menjadikannya sebagai usaha sampingan maupun usaha utama.

Prinsip dasar bisnis online

Untuk seorang pemula, sebelum menjalankan bisnis online sebaiknya harus mempelajari dan memahami lebih dahulu prinsip-prinsip dasar dari bisnis ini. Termasuk juga cara mengawali dan mengembangkannya.

Apapun jenis kegiatan yang di lakukan, pasti Anda bisa menuai keberhasilan secara maksimal apabila menerapkan prinsip-prinsip dasarnya. Demikian pula dengan kegiatan dalam bisnis online.

Prinsip-prinsip ini harus di jalankan secara konsisten. Sehingga apapun jenis bisnis online yang di pilih nantinya bisa mendatangkan hasil atau keuntungan lebih optimal.

Agar prinsip-prinsip dasar tersebut dapat berjalan dengan semestinya, di butuhkan sebuah sistem untuk menerapkannya. Sistem ini di namakan strategi dalam berbisnis online. Strategi ini berupa perencanaan bisnis tersusun secara terpadu dan jadi pegangan utama bagi pelaku bisnis online itu sendiri.

Tidak ada patokan atau standar pasti dalam prinsip dasar bisnis online. Tapi secara umum ada beberapa prinsip dasar dalam bisnis online yang bisa Anda jadikan sebagai panduan. antara lain sbb:

  • Menentukan produk yang mau di jual
  • Membuat lapak atau kios online
  • Melakukan promosi.

1. Memilih dan menentukan produk

Banyak pemula mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnis online karena kurang mampu dan tidak tahu cara menentukan produk yang mau di tawarkan melalui media internet. Padahal penentuan produk ini merupakan salah satu kunci utama dalam teknik penjualan baik secara konvensional maupun online.

panduan bisnis online

Baca Juga: Peluang bisnis online yang patut Anda coba

Jenis produk paling laku dan mudah di jual dalam pasaran adalah produk yang selalu dan sering di butuhkan masyarakat. Di sini pelaku bisnis online harus bisa bertindak sebagai pihak yang mampu menolong masyarakat dalam mencari produk yang mereka butuhkan.

Jenis produk yang bisa di jual secara online

Agar dapat mengetahui jenis produk apa saja yang di perlukan dan di cari masyarakat, pelaku usaha harus melakukan riset atau penelitian. Utamakan memilih produk yang lebih mudah di jual dan cepat laku sehingga modal (pengeluaran) juga cepat berputar. Artinya, jual produk paling laris dan memiliki pangsa pasar paling luas.

Berikut sedikit gambaran mengenai kategori produk paling banyak di cari berdasarkan  jumlah kunjungan (Berdasarkan data yang di ambil dari situs Indonetwork.co.id)

kategori produk populer

Produk yang dapat di jual secara online melalui media internet itu banyak sekali jenisnya, tapi secara garis besar bisa di bagi dalam 3 kelompok.

  • Produk pertama berupa barang fisik seperti pakaian atau fashion, makanan, barang-barang elektronik, obat-obatan, perhiasan, handphone, jam tangan dan barang kerajinan.
  • Produk kedua berupa barang digital misalnya video tutorial, audio, ebook, software, serta aplikasi. Selanjutnya,
  • Produk yang ketiga merupakan produk jasa. Beberapa di antaranya adalah kursus online, desain dan pembuatan website, agen perjalanan, jasa pemasaran, penerjemah online, jasa penulisan artikel dan lain-lain.

Penentuan atau pemilihan produk merupakan sebuah langkah yang di anggap paling berat terutama bagi pemula. Sebab hal ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan konsep dalam usaha yaitu mencari gagasan hingga mencari produsen atau supplier.

Jadi mau tak mau, sebelum praktek secara langsung setiap pelaku bisnis online harus belajar tentang segala ilmu berkaitan dengan ilmu bisnis.

Hambatan yang sering muncul dan penyelesaiannya

Di tahapan ini, hambatan yang paling sering muncul justru berasal dari pelaku bisnis online sendiri. Banyak pemula ingin segala sesuatu yang di kerjakan harus selesai dengan sempurna dan pada akhirnya usaha tersebut tidak bisa di awali dan di jalankan dengan baik.

Oleh karena itu sebagai tahap permulaan sebaiknya tidak perlu melakukan bisnis secara mendetail. Hal paling penting yang harus di lakukan sebenarnya adalah bersedia menyediakan waktu, tenaga, pikiran dan sedikit modal. Selain itu jangan lupa terus belajar menimba ilmu baik dari orang lain dan pengalaman yang di dapat.

Untuk pemula yang hanya memiliki modal terbatas di sarankan untuk tidak menjual produk sendiri namun menjalin hubungan kerjasama dengan pihak lain. Dalam bisnis online, banyak sekali bentuk kerjasama yang bisa di pilih. Misal, menggunakan konsep dropship, reseller, afiliasi atau affiliate marketing dan sebagainya.

2. Membuat lapak atau kios online

Prinsip dasar bisnis online kedua, yaitu membuat lapak atau kios online. Hal ini memungkinkan Anda untuk tidak perlu membuat website terlebih dahulu.

Sebab bagi seorang pemula, pembuatan website sering menimbulkan masalah tersendiri karena butuh biaya yang sangat mahal. Apalagi jika pemula tersebut tidak memiliki keahlian dan ilmu yang mencukupi di bidang ini.

Pembuatan lapak atau kios online yang berfungsi sebagai sarana utama promosi online di internet dapat di lakukan dengan cara lain yang lebih sederhana dan murah. Misalnya saja dengan menggunakan media sosial seperti facebook, instagram atau twitter. Selain itu Anda dapat pula memakai WA (whatsapp), line dan aplikasi sejenis lainnya.

Bahkan untuk saat ini sudah tersedia situs-situs marketplace seperti Indonetwork.co.id, Tokopedia.com, Bukalapak.com yang bisa di jadikan sarana promosi dengan hasil jitu dan optimal. Semua fasilitas tersebut dapat di manfaatkan secara gratis.

Manfaat lapak atau kios online

Lapak atau kios online ini berfungsi sebagai pusat rujukan dalam berpromosi. Misalnya ketika menawarkan produk melalui media facebook, BBM dan lainnya lalu di bawahnya beri tautan atau link menuju alamat kios online kita. Dengan cara seperti ini, konsumen akan lebih yakin dan percaya kepada diri kita sendiri sebagai pelaku bisnis online maupun produk yang di tawarkan pada mereka.

Bagi sebagian konsumen, keberadaan situs lapak atau kios online seringkali di jadikan sebagai parameter untuk menilai apakah pelaku bisnis online tersebut benar-benar serius menjalankan usaha atau sekedar iseng saja. Mereka akan merasa lebih mantap saat melakukan transaksi jual beli jika ada kios online.

Untuk pelaku bisnis online pemula yang kurang begitu memahami ilmu pemrograman untuk membuat website tidak perlu khawatir. Mereka hanya perlu mempelajari hal-hal yang bersifat teknis seperti cara memasang atau mengupload gambar, atau menjawab pertanyaan dari konsumen. Anggap saja hal ini sebagai sebuah tantangan dalam berbisnis online.

Tips membuat kios online

Kios online atau website dapat di buat dengan 2 cara yaitu secara gratis dan berbayar. Sebagai pemula tentu di sarankan untuk membuat kios dengan menggunakan website gratisan terlebih dahulu. Meski terlihat kurang bagus dan profesional namun sudah lumayan cukup untuk mencari kepercayaan dari calon pembeli atau konsumen.

Hingga detik ini sudah banyak sekali situs penyedia fasilitas untuk membuat website gratis (termasuk domain dan hosting) tapi yang paling kami rekomendasikan adalah blogspot dan wordpress. Keduanya sudah sangat terkenal di kalangan pengguna internet karena kemudahan dalam penggunaannya dan website yang di bangun pun terbilang cukup profesional.

wordpress icon

Baca juga: Cara membuat (website) blog gratis dengan wordpress

Setelah bisnis online berjalan dengan lancar, saatnya situs kios online tersebut Anda buatkan domain dan hosting berbayarnya.

Domain untuk memberi nama situs, sedangkan hosting merupakan sebuah lokasi virtual untuk meletakan domain beserta berkas-berkas yang di pakai untuk membuat situs atau website.

Untuk nama domain kios online tersebut lebih baik menggunakan nama sesuai dengan bidang atau jenis bisnis yang di jalankan. Misalnya tokosepatu.com, lapakbaju.com atau akan semakin bagus lagi jika menggunakan nama brand usaha Anda.

Pemilihan nama ini juga membuat konsumen lebih mudah menemukan kios online Anda saat mencari informasinya melalui situs pencarian.

Selanjutnya jika memang ingin terlihat lebih sempurna dan profesional sekaligus bisa mendapat kepercayaan lebih tinggi dari konsumen, ada baiknya bagi Anda untuk menggunakan website berbayar. Namun semua ini tetap harus di sesuaikan dengan modal yang tersedia.

3. Melakukan promosi dan pemasaran

Setelah membuat website, tahapan berikutnya dalam berbisnis online adalah melakukan promosi segencar mungkin. Akan tetapi sebelumnya, website dan kios online yang akan di gunakan sebagai basis informasi produk harus di isi dengan konten yang menarik agar pembeli semakin yakin dan percaya untuk bertransaksi dengan pelaku bisnis.

Membuat konten website

Konten situs selain gambar produk yang menarik, juga harus di lengkapi dengan informasi lain berkaitan dengan bidang bisnis yang di lakukan. Materi berupa artikel ini misalnya adalah profil usaha atau perusahaan, alamat lengkap dan cara pemesanan atau order lengkap dengan form isian untuk memesan dan nomor rekening pembayaran.

Sebagai contoh, pelaku bisnis online menjual produk pakaian. Untuk konten artikel bisa di isi dengan segala informasi yang berhubungan dengan dunia fashion, seperti cara merawat baju baru, cara memilih desain pakaian dan sebagainya.

Website atau kios online ini selanjutnya di promosikan melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain. Konsep promosi dan pemasaran ini bisa mendatangkan hasil yang cukup maksimal jika Anda memiliki teman atau dalam jumlah besar.

Menggunakan teknik SEO

Jika ingin mendapatkan kunjungan website dan pembeli yang lebih besar lagi jumlahnya, bisa menerapkan teknik lain yang di namakan SEO atau Search Engine Optimization. Kurang lebih artinya adalah sebuah sistem atau kegiatan yang di laksanakan dengan tujuan mendatangkan kunjungan atau trafik ke suatu website melalui search engine melalui kata kunci tertentu dalam penggunaan nama file, judul atau isi artikel dan sebagainya.

Melalui SEO, website atau kios online yang di buat dapat berada pada urutan pertama atau halaman paling depan di situs pencarian. Metode promosi dengan teknik ini memang tergolong sulit, tapi bukan berarti tidak dapat di pelajari. Jika ingin maju, sebaiknya setiap pelaku bisnis online mendalami ilmu tentang SEO ini.

Komunikasi dengan pembeli dan calon pembeli

Tujuan dari promosi adalah mendapat konsumen dan pembeli sebanyak mungkin. Tapi harus pula di pahami, meski sudah mempunyai website atau kios online dan sudah melakukan promosi secara gencar bukan berarti konsumen akan langsung melakukan transaksi begitu saja.

Perlu di ketahui, sebelum menjaring konsumen atau pembeli, promosi juga mempunyai tujuan yang lain bahkan lebih utama yaitu mengenalkan produk.

Selain itu, promosi juga berfungsi dalam memberikan informasi terkait dengan produk baik berupa barang maupun jasa. Tak kalah penting lagi, yaitu membangun kepercayaan.

Jadi kesimpulannya, setelah melakukan promosi pelaku bisnis online harus mampu menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan konsumen. Contoh ketika ada calon konsumen atau pembeli ingin menanyakan sesuatu, harus segera kita respon.

Biasanya pertanyaan tentang produk ini di ajukan melalui email, fitur kontak website atau online chat, telpon dan sebagainya.

Mungkin saja mereka tidak langsung membeli pada awalnya, tapi apabila mereka bisa mendapatkan informasi yang lengkap, kepercayaan dari calon pembeli dapat tumbuh. Setelah itu akan muncul sebuah kemungkinan yang lebih besar atas terjadinya transaksi.

Selanjutnya setelah terjadi transaksi dan semua berjalan dengan baik, komunikasi dengan pembeli tetap harus di jalankan. Semisal ketika memiliki produk baru, segera beri tahu dan informasikan pada konsumen Anda.

Jadi harus di ingat baik-baik, menjalankan bisnis online itu bukan cuma untuk berjualan saja. Pelaku bisnis juga perlu memikirkan urusan lain yang tidak kalah penting yaitu membangun aset. Yang di maksud dengan aset di sini tidak lain adalah para konsumen tersebut, di mana apabila Anda berikan pelayanan baik,  mereka bisa menjadi pelanggan tetap.

Nantinya setelah cukup berkembang, aset tersebut dapat bekerja secara otomatis dan akan memberi penghasilan yang lebih besar.

Kesuksesan seperti ini bisa di gapai jika pelaku usaha memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dengan pelanggan meski tanpa kegiatan bertatap muka dan sejenisnya.

Hal yang tidak boleh di lupakan dalam berbisnis online

Bisnis online merupakan peluang usaha yang keberhasilannya di tentukan oleh kegigihan dan kerja keras dari pelakunya. Jadi tidak berbeda dengan bisnis konvensional, pelaku bisnis online juga harus memiliki mindset kuat dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi aneka macam masalah.

Keberhasilan sebuah bisnis tidak di tentukan oleh besarnya modal, tapi adalah kualitas sumber daya manusia yang berasal dari pelakunya sendiri. Sedangkan modal hanya merupakan kebutuhan atau unsur yang bersifat teknis.

Misalnya ada pelaku bisnis online yang memiliki modal besar untuk berjualan produk fashion dll. Namun apabila pelaku bisnis tersebut tidak punya visi atas kemampuan serta keahlian, tentu hasil yang di dapatkan kurang begitu optimal. Apalagi jika tidak di ikuti dengan semangat bertahan dan belajar.

Lebih dari itu berbisnis juga dapat di maknai sebagai suatu usaha untuk memberi layanan atau pertolongan kepada orang lain dengan cara yang lebih baik. Kepuasan dari konsumen adalah rahasia nomor satu yang harus selalu jadi pegangan utama saat berjualan atau berbisnis.

Berdasarkan hal inilah, dapat kita jadikan panduan bisnis online, terutama untuk para pemula yang masih dalam tahap belajar dan merintis. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang.