Albert Einstein telah mewariskan beberapa teori sains yang luar biasa kepada peradaban manusia, di antaranya adalah teori relativitas yang biasa kita temui dalam pelajaran fisika.

Melalui ketekunannya dalam bidang ilmu pengetahuan, Einstein telah memberikan pencerahan bahwa sebenarnya kita dapat melakukan segala hal yang mungkin bisa di bilang mustahil dengan bekerja keras, memberanikan diri untuk gagal dan menumbuhkan keinginan untuk menyebarkan hal-hal yang bernilai kepada khalayak ramai.

Jika Anda bukanlah seorang ilmuwan seperti Einstein, jangan berkecil hati. Anda tetap bisa menerapkan pelajaran hidupnya untuk hidup yang di jalani saat ini.

Baca juga: Lima pelajaran hidup dari Bill Gates untuk kemajuan pribadi Anda

Berikut di bawah ini penjabarannya:

1. Menyederhanakan segala sesuatu

Jika tidak mampu menjabarkan sesuatu kepada anak berusia enam tahun, berarti Anda sendiripun tidak memahaminya – Albert Einstein

Semakin membuat sesuatu yang terlihat itu semakin rumit, berarti Anda semakin tidak mengerti apa sebenarnya hal tersebut. Coba pikirkan tentang guru yang terbaik yang pernah mengajar selama bersekolah, atau di tempat pendidikan non formal lainnya.

Apakah beliau menjelaskan sebuah topik dengan kosakata yang tidak di mengerti? Atau, membuatnya mudah untuk di pahami dengan sebuah penjelasan yang sederhana?

2. Menumbuhkembangkan kreativitas

Kreativitas adalah sesuatu yang menular, maka sebarkanlah – Albert Einstein

Intinya sederhananya adalah menginspirasi orang lain untuk melakukan apa saja yang mereka sukai. Gunakan kreativitas yang di miliki dan ciptakan sesuatu yang baru.

Saatnya untuk membiarkan pikiran Anda untuk menjadi lebih kreatif untuk melahirkan ide-ide baru dan memberi efek domino yang positif ke seluruh belahan dunia.

3. Bekerja keras dan gagal

Satu-satunya cara pasti untuk menghindari kesalahan adalah dengan tidak menelurkan ide-ide baru.

Anda tidak pernah gagal sampai Anda berhenti mencoba. – Albert Einstein

Einstein telah banyak menghabiskan waktu hidupnya untuk memecahkan teori-teori fisika. Dan Ia pun tidak akan pernah tahu pada awalnya, jalan mana yang akan benar-benar membawanya untuk berhasil.

Begitu pula dengan Anda, hanya ada satu jalan dan itu hanya bisa di tempuh dengan ketekunan. Anda harus terus bekerja keras dan terus mencoba untuk memecahkan masalah yang di hadapi.

4. Menikmati waktu saat ini

Saya tidak pernah berfikir tentang masa depan, hal itu akan segera datang (dengan sendirinya). – Albert Einstein

Anda hanya di jamin untuk dapat menikmati waktu yang ada saat ini. Masa depan, siapa yang tahu. Mungkin ada ketakutan dan rasa khawatir tentang hari esok, dan karenanyalah Anda mulai membuat sebuah perencanaan.

Dan sudah menjadi hukum alam bahwa rancangan manusia, ada kemungkinan tidak akan berjalan sesuai dengan rencana.

Tetapi jangan pernah khawatir akan hal itu, karena yang paling penting adalah hidup saat ini, di hari ini. Lakukan yang terbaik, dan jangan pernah khawatir akan masa depan.

5. Jangan takut di anggap “Gila” atau “Nyentrik”

Saya tidak pernah membuat satu pun penemuan saya melalui proses berpikir rasional.

Imajinasi adalah bentuk tertinggi dari penelitian – Albert Einstein

Apapun ceritanya, kreatifitas hanya bersumber dari kemampuan seseorang untuk berimajinasi. Jika tidak mampu untuk berimajinasi dengan baik, maka Anda akan kesulitan untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Karena yang ada di dalam otak adalah hasil rekaman yang pernah di lihat atau yang pernah di alami oleh panca indera kita.

Anda harus terus berpikir “out of the box”, atau dengan kata lain, terus berani berpikir dan bertindak beda. Namun ada yang harus di pahami bahwa, semakin Anda berbeda dengan orang lain, maka akan semakin di tentang.

Jangan ciutkan nyali, dan jadilah serigala di tengah gerombolan domba agar orang lain bisa menilai diri Anda lebih.