Laundry merupakan bisnis yang dapat di jalankan oleh siapa saja, karena tidak membutuhkan pola manajemen yang terlalu rumit.

Saat ini keberadaannya sudah tidak asing lagi di mata masyarakat. Karena itu banyak yang memilihnya sebagai salah satu ladang untuk mencari penghasilan tetap atau penghasilan tambahan bagi keluarga.

Kelebihan peluang bisnis laundry

Selain mudah di jalankan, bisnis laundry memiliki beberapa kelebihan yang tidak bisa di temukan pada bidang usaha lainnya. Kelebihan tersebut misalnya:

1. Resiko kerugian yang rendah

Setiap peluang bisnis pasti memiliki resiko kerugian. Namun untuk usaha ini, bisa di bilang resikonya sangat minim.

Tidak perlu modal besar untuk menjalankannya, karena laundry termasuk bidang usaha jasa yang tidak perlu menyediakan produk. Peralatan yang di pakai untuk membuka usaha ini pun harganya murah dan cukup mudah di dapat.

2. Segmen pasar yang luas

Seiring dengan perkembangan jaman, semakin banyak masyarakat yang selalu sibuk bekerja atau belajar di sekolah dan kampus.

Kesibukan ini membuat mereka tidak sempat dan tidak ada waktu lagi untuk mencuci bajunya sendiri.

peluang bisnis online - usaha rumahan

Baca Juga: Peluang usaha rumahan dengan untung besar

Karena itu tidak ada pilihan lain kecuali memakai jasa pencucian. Hal inilah yang membuat laundry mempunyai segmen pasar yang sangat luas.

3. Penghasilan bisa di dapat setiap saat

Kelebihan berikutnya adalah keuntungan atau penghasilan bisa di peroleh setiap saat dan terus berkelanjutan.

Hanya dalam hitungan beberapa bulan saja, laba yang Anda dapat sudah bisa di gunakan kembali untuk menutup biaya modal yang sudah di keluarkan.

Itulah beberapa kelebihan dari peluang bisnis laundry. Hanya saja perlu pula di pahami, sama halnya dengan yang lain, usaha jasa ini tetap butuh strategi khusus untuk mengembangkannya. Apalagi jika masih berada dalam tahapan awal dan perintisan.

Persiapan sebelum menjalankan bisnis

Usaha jasa laundry terbagi dalam 2 pilihan yaitu yang di hitung secara kiloan dan satuan. Dari kedua jenis tersebut, yang paling laris di masyarakat umum adalah model kiloan karena di anggap lebih murah. Untuk jenis satuan, biasanya lebih cocok di jalankan di hotel-hotel.

Jadi di sarankan memilih model kiloan agar peluang bisnis laundry yang mau di jalankan lebih cepat berkembang.

Model satuan tetap dapat di terapkan, namun sebaiknya hanya untuk laundry tertentu saja misalnya jas, sepatu, selimut tebal, karpet dan sebagainya.

Baca juga: 9 cara mendapatkan uang dari internet dan kreativitas

Setelah itu lakukan beberapa persiapan yang di antaranya adalah:

1. Menentukan lokasi

Usaha laundry merupakan bentuk usaha jasa yang dapat di jalankan di mana saja termasuk rumah Anda sendiri.

Terutama jika berada di pinggiran jalan, atau komplek perumahan dan pemukiman padat penduduk yang warganya selalu sibuk bekerja.

Tapi jika rumah ada di dalam lokasi yang sepi sebaiknya memilih lokasi lain dengan cara menyewa.

Mungkin ongkos sewa ini membutuhkan biaya tinggi. Untuk itu ada alternatif lain yang bisa di pilih misalnya bekerja sama dengan pemilik rumah dengan sistem bagi hasil.

2. Perhitungan dan analisa usaha

Banyak orang terburu nafsu untuk membuka bisnis laundry secepat mungkin namun tidak di sertai dengan perhitungan dan analisa akurat. Akibatnya bukan keuntungan yang di peroleh namun justru malah mendatangkan kerugian besar.

peluang bisnis laundry - analisa usaha

Perhitungan dan analisa ini meliputi segmen pasar yang akan di jadikan sasaran, nilai modal, teknik pemasaran, waktu untuk mengembalikan modal (BEP) dan beberapa perhitungan lainnya.

Karena itu agar tidak terjadi kesalahan fatal sebaiknya melakukan survei lebih dulu terhadap lokasi yang mau di pilih.

Besarnya jumlah penduduk sekitar bukan merupakan jaminan apabila bisnis bisa berjalan lancar dan mendapat konsumen dalam jumlah besar pula.

Masih ada beberapa faktor lain yang akan berpengaruh terhadap kelancaran usaha dan perhitungan labanya. Misalnya jenis profesi yang di tekuni oleh sebagian besar warga tersebut, rata-rata pendapatan dan tingkat kesibukan mereka.

Perhitungan seperti inilah yang sering di lupakan para pelaku bisnis pemula, termasuk pelaku usaha jasa laundry.

3. Mesin cuci, pengering dan setrika

Persiapan ketiga merupakan kebutuhan paling utama yaitu menyediakan mesin cuci beserta alat pengeringnya.

Untuk tahap awal, jangan beli mesin cuci dan alat pengering dalam jumlah yang banyak namun cukup 1 atau 2 buah saja. Bahkan jika modalnya masih sedikit, sebaiknya memilih mesin bekas yang harganya lebih murah.

peluang bisnis laundry - mesin cuci

Saat membeli mesin cuci dan alat pengering, selain harga, hal lain yang harus di perhatikan adalah kapasitas mesin tersebut.

Pilih mesin dan pengering dengan kapasitas lebih besar serta tidak boros dalam penggunaan daya listrik.

Pemakaian listrik merupakan ongkos pengeluaran yang harus di hitung dengan cermat karena punya pengaruh sangat besar atas perolehan nilai keuntungan nantinya.

peluang bisnis laundry - alat setrika

Hal yang sama juga harus di lakukan saat membeli alat setrika untuk menghaluskan pakaian setelah pencucian.

4. Sabun cuci dan kebutuhan lainnya

Kebutuhan berikutnya yaitu sabun cuci, softener atau pelembut pakaian, pelicin, penghilang noda dan parfum baju.

Pilih yang harganya murah tapi tidak mudah merusak pakaian. Jangan sampai muncul keluhan dari pelanggan karena bajunya rusak akibat pemakaian sabun beserta perangkat pencucian lainnya, Karena terlalu banyak mengandung bahan kimia.

Jangan menggunakan sabun cuci atau deterjen biasa jika pintu mesin cucinya di depan karena bisa menimbulkan kerusakan pada mesin.

Sebaiknya memilih deterjen khusus misalnya matic atau liquid (biasanya bisa di beli di toko khusus penyedia perlengkapan usaha laundry).

5. Sarana pendukung

Selain mesin cuci dan setrika, usaha ini juga butuh sarana pendukung seperti keranjang baju, lemari, rak, ember, meja dan kursi setrika, kantong plastik, alat tulis, nota dan yang lainnya.

Semua harus di siapkan termasuk brosur atau sarana promosi untuk pemasaran. Jangan sampai ada yang terlewat agar tidak terjadi hambatan saat bisnis telah beroperasi.

6. Pegawai atau SDM

Pegawai yang di perlukan saat membuka peluang usaha bisnis laundry antara lain tukang cuci, setrika dan petugas adminitrasi yang juga mempunyai peran sebagai customer service.

Mereka harus mengerti teknik pencucian dan penyetrikaan yang baik dan bisa bersikap ramah pada semua pelanggan dan konsumen.

Strategi menjalankan bisnis laundry

Begitu persiapan sudah semua di lakukan, maka di butuhkan strategi berikutnya agar bisnis dapat berjalan lebih lancar dan maju dengan pesat.

panduan bisnis online

Baca Juga: Peluang bisnis online yang patut Anda coba

1. Harga yang pas

Pangsa pasar dan segmen utama bisnis jasa laundry kiloan biasanya berasal dari masyarakat kelas menengah.

Karena itu harganya tidak boleh terlalu mahal atau sebaliknya terlalu murah. Jika terlalu mahal tentu mereka akan beralih ke tempat laundry yang lain.

Sebaliknya apabila terlalu murah, akibatnya tidak hanya menimbulkan kerugian saja. Karena konsumen juga akan berpikir jika alat cuci atau sabun yang di pakai terlalu banyak bahan kimia.

Mereka jadi takut bajunya cepat luntur atau rusak. Jadi beri saja dengan harga yang pas.

2. Layanan yang baik dan memuaskan

Salah satu cara terbaik guna menghadapi persaingan sengit adalah memberi layanan sebaik mungkin terhadap pelanggan dan konsumen.

Semakin bagus layanan yang Anda berikan, pasti mereka akan merasa puas dan tidak akan berpaling pada jasa serupa lainnya. Bentuk layanan ini ada banyak sekali macamnya, seperti layanan antar jemput, pemberian potongan harga, hasil kerja sempurna dan tepat waktu serta beberapa hal lainnya.

Intinya jangan membuat mereka merasa kecewa.

3. Mempelajari kelemahan pesaing

Teknik lain guna menghadapi persaingan ketat adalah mengetahui kelemahan dari kompetitor tersebut. Apalagi jika jarak lokasi usaha sangat berdekatan.

Namun perlu di tegaskan, mencari kelemahan di sini bukan berarti mematikan usaha jasa mereka dengan cara tidak sehat. Hal seperti ini sama sekali tidak di sarankan.

Contohnya pesaing tersebut mempunyai pelanggan yang sebagian besar berasal dari kalangan pegawai kantoran.

Maka bisnis laundry yang di kelola harus di carikan segmen pasar yang lain seperti mahasiswa kampus, ibu rumah tangga yang tidak punya waktu mencuci baju anaknya dan seterusnya.

4. Menguasai ilmu teknik cuci baju

Meski terlihat sederhana, namun mencuci baju itu butuh pengetahuan yang harus terus di pelajari. Misalnya untuk pakaian warna putih tidak boleh di campur dengan baju warna lain agar warna putihnya tidak mudah pudar atau kusam.

Kemudian untuk baju atau celana tebal (misalnya di buat dari bahan jin) juga tidak boleh di campur dengan pakaian yang kainnya tipis. Jika di campur, baju tipis bisa cepat rusak.

Teknik pengeringan dan setrika serta penyimpanan baju juga harus di pelajari sehingga lebih mudah tertata dengan rapi. Khususnya pakaian wanita (biasanya mempunyai banyak ornamen berupa renda, pita atau aksesoris lainnya).

5. Promosi

Promosi ada 2 macam. Pertama berkaitan dengan layanan seperti yang telah di sebutkan di atas. Kedua meliputi pemasangan iklan, penyebaran brosur, penggunaan media sosial dan seterusnya.

Selain itu masih ada bentuk promosi lain yang tidak boleh di lupakan begitu saja. Ruang yang di pakai untuk membuka jasa laundry harus selalu bersih dan rapi.

Interior ruang di tata sedemikian rupa, sehingga saat di lihat dari luar orang-orang dapat langsung mengetahui jika tempat tersebut menyediakan layanan cuci pakaian.

6. Persiapkan mental yang baik

Laundry memang merupakan peluang usaha yang proses pengerjaannya tidak begitu sulit di lakukan. Meski demikian jika pelakunya tidak bersikap baik dan profesional, tetap saja usaha ini tidak akan berjalan dengan semestinya, bahkan sebaliknya mengakibatkan kebangkrutan.

Karena persaingannya semakin padat sehingga harus ada inovasi dan mental yang baik dalam menjalaninya. Setiap usaha harus selalu di jalankan dengan tekun dan fokus. Halangan dan rintangan adalah hal yang sangat biasa terjadi dalam dunia bisnis.

Jadi jangan mudah menyerah apalagi merasa takut berhadapan dengan persaingan dan segala macam masalah lainnya.

Beberapa langkah persiapan, perhitungan dan strategi inilah yang dapat menjadikan peluang bisnis laundry yang di tekuni akan maju dan berkembang secara pesat.

Keuntungan yang lebih besar bisa di peroleh apabila di sertai dengan usaha lain yang berkaitan seperti jualan jas hujan, pelindung baju dari serangga dan sebagainya.