Bagi para pemula umumnya selalu berpikiran bahwa bisnis itu selalu membutuhkan modal yang besar. Tidak sedikit pula ada orang yang mengurungkan niatnya untuk memulai usaha karena takut mengalami kerugian dan membuang banyak waktu.

Tetapi pada kenyataannya, tanpa di sadari bahwa pemahaman-pemahaman tersebut sudah tidak menjadi patokan utama lagi, mengingat kemajuan teknologi yang semakin berkembang khususnya internet. Perkembangan ini menyebabkan terbentuknya pola kerja baru yang tidak mengharuskan pelakunya untuk memiliki produk atau tempat berjualan secara fisik melainkan hanya melalui internet atau online.

Ada berbagai macam peluang usaha  yang dapat di jalankan oleh siapa saja yang ingin segera memulai usaha sendiri. Sebagian besar merupakan jenis usaha di mana pelakunya tidak perlu mengeluarkan biaya awal yang cukup tinggi.

Berjualan produk melalui internet

Menjual produk melalui jaringan internet merupakan sebuah peluang usaha online yang saat ini telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Ada beberapa sistem yang bisa di pilih oleh para pelaku usaha, sesuai dengan minat serta kemampuan yang di milikinya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Sumber: Panduanim.com

Sistem reseller

peluang bisnis online - sistem reseller

Melalui sistem ini, pelaku usaha harus menyediakan barang dengan membeli terlebih dahulu dari produsen lalu di jual kembali pada pembeli.

Sistemnya terbilang sangat sederhana tapi masih membutuhkan modal meski jumlahnya tidak terlalu besar. Produk tersebut bisa di pasarkan melalui website khusus untuk transaksi jual beli. Tapi bagi sebagian orang, membuat serta mengelola sebuah website itu merupakan sebuah pekerjaan yang sangat merepotkan dan menyita waktu.

Meski demikian permasalahan tersebut bisa di pecahkan dengan mudah. Saat ini sudah banyak bermunculan bermacam-macam situs yang dapat di jadikan sebagai media transaksi jual beli secara aman. Selain itu bisa pula memakai media lain seperti situs jejaring sosial, BBM dan lainnya.

Di bawah ini bisa beberapa referensi untuk jenis media atau platform yang dapat di gunakan:

  • Blogger. Anda dapat membangun website sederhana dengan template khusus toko online secara gratis.
  • WordPress. Merupakan platform untuk membuat website gratis lainnya yang juga di lengkapi dengan plugin toko online (Baca: woocommerce). Biaya yang harus di keluarkan untuk pembelian template berkisar antara 40 hingga 59 USD (belum termasuk domain dan hosting).

wordpress icon

Baca juga: Cara membuat (website) blog gratis dengan wordpress

Tidak mau di repotkan dengan pembuatan situs terlebih dahulu seperti di atas? Anda dapat gunakan layanan yang di berikan oleh berbagai situs atau marketplace sebagai berikut:

Catatan: Khusus Indonetwork, platform ini lebih banyak di pakai untuk kebutuhan B2B (Business to Business). Tetapi tetap bisa Anda gunakan untuk membuat website gratis tanpa perlu membeli domain dan hosting terlebih dahulu.

Sistem dropship

peluang bisnis online - sistem dropship

Dropship merupakan sebuah sistem jual beli secara online yang mana:

Penjualnya tidak di haruskan menyediakan barang dagangan. Jadi jika di bandingkan dengan sistem reseller, modal yang di butuhkan tentunya lebih sedikit.

Pada sistem ini, pelaku usaha hanya bertugas mempromosikan barang atau produk pada konsumen. Jika ada konsumen yang tertarik untuk membeli, pelaku usaha tinggal menghubungi produsen untuk menyediakan barang tersebut kemudian di kirim kepada pemesan. Ada pun metode promosinya sama dengan sistem reseller.

Di bawah ini beberapa pilihan situs yang produknya di jual secara dropship atau menyediakan informasi terkait:

  • Supplier.id
  • Cakning.com
  • Kaskus (Subforum)

Atau bisa juga dengan mencarinya melalui Google. Awali pencarian Anda dengan kata “dropship” (secara format: “dropship [pencarian anda]“. Contohnya antara lain dropship sepatu, dropship jam tangan original.

Sistem afiliasi

peluang bisnis online - sistem afiliasi

Sistem afiliasi merupakan salah satu jenis peluang bisnis online yang sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Sebelum di temukannya teknologi internet, sistem ini terkenal dengan sebutan makelar. Namun di dunia online, kata makelar ini di ganti dengan istilah affiliate marketer.

Dalam sistem ini pelaku bisnis memiliki tugas utama yaitu:

Melakukan promosi agar website miliknya mendapatkan banyak kunjungan. Tidak lupa pula bahwa website tersebut sudah di lengkapi dengan ulasan produk dan link affiliasi.

Selanjutnya jika terjadi transaksi setelah pengunjung membeli produk melalui link tersebut, maka orang yang mempromosikannya akan mendapat komisi.

Berikut ini  beberapa situs besar yang menyediakan layanan affiliasi:

  • Mataharimall.com
  • Lazada.co.id
  • Blibli.com

Itulah 3 jenis sistem penjualan produk yang bisa di pilih dan di jalankan secara online. Masing-masing dapat mendatangkan keuntungan lumayan besar jika di kerjakan secara serius. Selain berjualan produk masih ada peluang bisnis usaha online lain yang bisa di manfaatkan, seperti di bawah ini:

Publisher iklan

peluang bisnis online - publisher iklan

Jenis peluang bisnis online berikutnya yang juga tidak membutuhkan biaya besar adalah dengan menjadi publisher iklan. Hal terpenting yang harus ada dan tersedia dalam bisnis ini adalah sebuah situs atau website.

Setelah itu, pekerjaan yang harus di penuhi adalah isi website tersebut dengan konten-konten berkualitas dan menarik, sehingga nantinya akan banyak orang yang mengunjungi dan membacanya. Misalnya saja konten tentang dunia wisata, kesehatan, teknologi dan sebagainya.

Selain website, ada beberapa media lain yang bisa di fungsikan dengan tujuan yang sama misalnya youtube yang di isi dengan video-video menarik dan unik.

Jika jumlah pengunjung sudah cukup banyak, selanjutnya pemilik dapat membuat penawaran kepada pihak-pihak yang ingin memasang iklan atau mendaftarkan  website pada jaringan-jaringan iklan seperti Google Adsense, Halal.ad dan lain sebagainya.

Dari sinilah pelaku usaha akan mendapat keuntungan atau penghasilan dari biaya kontrak pemasangan ataupun pembayaran berdasarkan jumlah klik iklan tersebut.

Jualan informasi

peluang bisnis online - jualan informasi

Jenis peluang bisnis online yang satu ini sangat bagus untuk di jalankan oleh mereka yang:

Memiliki keterampilan dan keahlian khusus. Misalnya memasak, membuat cerita anak, jago berolahraga atau berjualan dan sebagainya.

Contohnya, orang yang pandai memasak bisa membuat rekaman video tentang cara memasak suatu olahan atau resep agar memiliki cita rasa yang lezat.

Kemudian bagi penulis cerita anak dapat membuat karangan yang di tulis dalam bentuk ebook atau audio. Demikian pula dengan pemasar atau olahragawan, bisa melakukan hal sama melalui media yang di anggap paling cocok.

Setelah rekaman video, audio atau ebook selesai di buat, Anda bisa langsung menjualnya melalui facebook, marketplace khusus produk digital seperti Ratakan.com atau website buatan sendiri dan lainnya. Peluang bisnis ini tidak membutuhkan modal besar, melainkan hanya tekad dan niat yang kuat dari pelakunya.

Menjadi guru kursus online

peluang bisnis guru kursus online

Profesi guru ternyata bisa di jadikan peluang bisnis online dengan prospek yang sangat bagus. Di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir kegiatan usaha tersebut sudah mulai menunjukkan tingkat kepopuleran yang cukup tinggi. Jadi tidak ada salahnya untuk di jadikan alternatif pilihan.

Jenis kursus online yang bisa di tawarkan atau di pasarkan tidak melulu pelajaran sekolah saja. Layaknya usaha penjualan informasi, orang yang mempunyai keterampilan khusus juga dapat memilih metode ini dalam menjalankan usahanya.

Teknik pengajarannya juga dapat di sampaikan melalui berbagai jenis media. Contohnya yaitu membuat grup melalui skype atau fasilitas video call lainnya, serta melalui situs-situs khusus untuk menjual kursus online.

Anda dapat menjualnya melalui situs-situs berikut ini:

  • Udemy
  • Guides.co
  • Teachable

Dari sini kemudian akan di bentuk sebuah grup di mana para anggota atau membernya harus membayar dalam jumlah atau nominal tertentu. Setelah itu pemberi kursus online dapat menyampaikan serta menularkan ilmu yang di milikinya kepada semua anggotanya.

Tips: supaya setiap orang yang mengikuti kursus online merasa puas, sebaiknya sediakan waktu khusus untuk sesi tanya jawab.

Jasa desain online

peluang bisnis jasa desain online

Masih berkaitan dengan bidang jasa, ada suatu peluang bisnis online yang juga sangat mudah di jalankan dengan hasil yang begitu memuaskan yaitu jasa desain online.

Bagi Anda yang memiliki keahlian desain grafis dan sejenisnya, peluang bisnis ini tidak boleh di sia-siakan begitu saja.

Keahlian tersebut bisa di tawarkan secara online melalui berbagai media. Namun yang paling menarik adalah membuat website kemudian di isi dengan konten berisikan portofolio atau contoh hasil kerja yang pernah di buat. Jika portofolio tersebut di anggap mempunyai kualitas bagus, pasti banyak orang yang tertarik untuk membeli atau minta di buatkan yang baru.

Kemudian bila merasa tidak bisa memasarkannya sendiri, dapat bergabung dengan semacam agen perantara yang juga memakai sistem online. Ada banyak sekali situs-situs marketplace dalam dan luar negeri (contoh: Envato.com, Sribulancer, Fiverr) yang dapat membantu memasarkan hasil kerja para desainer.

Peluang bisnis online jualan foto

peluang bisnis online - jualan foto

Selanjutnya untuk para fotografer, tersedia sebuah peluang bisnis dengan konsep yang hampir mirip dengan jasa desain, yakni berjualan foto secara online. Setelah mempunyai koleksi yang cukup, tinggal di unggah saja ke dalam situs agen penjualan foto.

Hal yang dapat di lakukan selanjutnya hanyalah menunggu komisi atau bayaran jika ada yang tertarik dengan foto tersebut dan membelinya.

Foto-foto yang di jual secara online memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Karena saat ini makin banyak orang maupun perusahaan yang membutuhkan stok gambar untuk berbagai macam keperluan. Misalnya untuk membuat iklan, konten majalah atau situs dan kepentingan lainnya.

Bayaran dan komisi dari penjualan sistem ini memang tidak terlalu besar, hanya sekitar setengah dolar saja per buahnya. Namun bayangkan apabila foto yang terjual jumlahnya mencapai ratusan gambar. Tentu hasil yang di peroleh juga mencapai ratusan kali lipat.

Makin produktif dalam membuat dan mengirimkan foto, akan semakin besar kemungkinannya untuk meningkatkan penjualan.

Berikut daftar marketplace yang sangat populer untuk berjualan hasil foto:

  • Istockphoto
  • Shutterstock

Jadi penulis artikel atau agen penjualnya

peluang bisnis online - penulis artikel

Menjadi penulis artikel merupakan sebuah peluang usaha yang banyak di lakukan oleh ibu rumah tangga, anak sekolah, mahasiswa hingga guru dan dosen. Peluang ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan untuk menutup kebutuhan keluarga sehari-hari.

Hadirnya kesempatan ini berasal dari pemunculan website yang membutuhkan banyak sekali pasokan konten atau artikel. Karena tidak semua pengelola atau pemilik website mempunyai kemampuan membuat artikel yang baik untuk mengisi websitenya.

Keterampilan utama yang harus di kuasai serta di miliki oleh setiap penulis artikel online adalah dapat membuat susunan kata dan kalimat yang menarik dan enak di baca.

Selain itu tidak ada modal lagi yang harus di keluarkan kecuali laptop dan paket data internet.

Bayaran atau penghasilan yang jauh lebih besar bisa di peroleh apabila penulis artikel tersebut dapat membuat karya tulisan menggunakan bahasa asing. Karena hasil tulisan ini tidak hanya di baca atau di nikmati masyarakat dalam negeri saja, tetapi semua orang di seluruh dunia.

Lalu bagaimana bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan membuat artikel namun tetap ingin terjun di dunia bisnis ini? Pilihan terbaiknya adalah menjadi agen perantara antara para penulis dan pihak yang mencari artikel.

Bukan merupakan hal mudah bagi penulis untuk menemukan pihak yang ingin memakai jasanya. Dari sinilah agen tersebut dapat memainkan peranannya. Adapun caranya yaitu,  membuat atau membangun situs khusus yang berisi keterangan tentang jenis usaha yang di jalankan. Hal berikutnya yang harus di lakukan adalah promosikan halaman tersebut melalui forum-forum gratis, media sosial dan media pemasaran online lainnya.

Penerjemah dokumen

peluang bisnis online - penerjemah dokumen

Masih berhubungan dengan dunia kepenulisan, masih ada peluang bisnis online lainnya dengan hasil keuntungan yang lebih besar yaitu penerjemah online. Sebagaimana kita di ketahui bersama,

Saat ini dunia kerja dan bisnis lokal sudah merambah lingkup internasional, sehingga di butuhkan banyak jenis dokumen yang terdiri dari berbagai jenis bahasa berbeda.

Kondisi inilah yang membuat pekerjaan ini bisa di jadikan peluang usaha yang sangat menarik sekaligus menjanjikan. Jadi bagi mereka yang mengerti bahasa asing dan menerjemahkannya dalam bentuk tulisan, peluang ini bisa di jadikan sumber penghasilan yang tidak main-main.

Konsumen jasa penerjemah online biasanya berasal dari perseorangan, perusahaan dan badan organisasi yang memiliki kepentingan atas suatu dokumen dalam melancarkan kegiatannya. Tujuannya agar mereka bisa lebih memahami isi dokumen tersebut sehingga tidak ada suatu kesalahan atas keputusan yang di buat.

Untuk memulai usaha ini, siapa pun dapat mencari informasinya melalui situs pencarian seperti Sribulancer, Odesk, Freelancer.com dan masih banyak lagi. Dari sana dapat di temukan puluhan bahkan ratusan penerjemah (termasuk agen perantaranya) dan perusahaan atau lembaga yang menggunakan jasa penerjemah. Sebagian besar honornya di bayar dalam bentuk dolar.

Membangun aplikasi

peluang bisnis online - membangun aplikasi

Ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan smartphone yang terus meningkat ternyata memunculkan peluang bisnis online baru yaitu pembuatan aplikasi. Peluang ini sangat cocok untuk mereka yang paham ilmu bahasa pemrograman komputer dengan menciptakan aplikasi kemudian dapat di unduh.

Bagi yang tidak mengerti bahasa pemrograman, tetap bisa terjun di bisnis ini. Caranya tinggal membeli source code dan template dari situs-situs penjualan aplikasi lalu ganti teks beserta desainnya (Lebih umum di kenal dengan istilah Reskin). Setelah semua hal itu selesai, pembuat dapat mengunggah atau menayangkannya melalui app store.

Pendapatan dari usaha ini berasal dari:

iklan-iklan yang muncul setelah aplikasi di integrasikan dengan Admob.

Modal yang di butuhkan di bisnis ini hanya sebesar 25 USD saja sebagai biaya pendaftaran pembuatan akun google play.

Itulah beberapa macam peluang bisnis online yang sedang menjamur di Indonesia dan negara lain di dunia. Selama ada kemauan dan kerja keras, pasti akan ada jalan untuk menggapai dan meraih kesuksesan. Selamat berbisnis.