Indonetwork.co.id (Jakarta) – Meski secara global terjadi pelemahan daya beli, bagi pelaku usaha di bidang jasa ini justru mengalami sebaliknya. Bagi mereka, dari bertumbuhnya eCommerce di Indonesia, lonjakan yang terasa cukup signifikan.

Ya, dari sudut pandang tertentu, courier company atau perusahaan jasa pengiriman merupakan tulang punggung eCommerce.

Di mata pelaku usaha seperti Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Express, Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO), eCommerce punya keterkaitan kuat bagi keberlangsungan usaha yang bernaung di asosiasi tersebut.

Baca juga: Berbagai Produk Terbaru Meramaikan E2eCommerce Indonesia

“Biasanya para pelaku usaha yang bergerak di bidang retail industry menjual data, termasuk informasi dan tentunya membutuhkan dukungan dari pihak jasa pengiriman soal ketepatan pengantaran,” ungkap Mohamad Feriadi Ketua Umum ASPERINDO, usai membuka perhelatan e2eCommerce Indonesia di Balai Kartini.

Sehingga kata Feriadi, dengan beriringan secara langsung, bisnis para pelaku usaha tersebut dapat berjalan dan berkembang.

“Dampak dari traffic pertumbuhan eCommerce yang terus menjamur. Terutama barang-barang yang dijual mereka secara online, berimbas positif bagi peningkatan bisnis kami,” ucapnya tersenyum.

Menurutnya, sejak 3-4 tahun lalu transaksi jual beli secara online sudah cukup meningkat tajam. Artinya, masyarakat Indonesia sudah bisa memanfaatkan dengan baik bertransaksi secara online.

Muncul Social Entrepreneur Baru
Dampak dari menjamurnya eCommerce tentunya telah menarik minat para social entrepreneur baru di Indonesia. “Pelaku eCommerce bukan hanya mereka-mereka yang mempunyai profesi tertentu. Dikalangan lain seperti ibu rumah tangga pun bisa dikatakan pelaku eCommerce. Sebab, mereka mampu membuka peluang baru dalam hal ini bisnis rumahan,” papar Feriadi.

Menurutnya lagi, tumbuh kembangnya pelaku usaha ini tentunya didukung teknologi yang mumpuni bagi mereka.

“Perlu diketahui bahwa, tiga pilar kekuatan eCommerce dapat tumbuh dan berkembang tentunya didukung oleh merchant atau pelaku usaha dalam hal ini pedagang, payment gateway atau sistem pembayaran yang digunakan dalam dunia eCommerce yaitu toko online terpercaya dan logistik sebagai courier company (penyedia jasa pengiriman),” kupas Feriadi.

Artinya kata beliau, jika bisa beriringan dan saling mendukung, keterkaitan tiga pilar tersebut, kedepan eCommerce bakal menjadi bola kehidupan yang mampu membesarkan perekonomian masyarakat Indonesia.

“Angin segar yang dirasakan dengan bertumbuhnya eCommerce telah terasa sejak awal 2107. Hampir semua anggota Asperindo merasakan peningkatan. Dalam setahun besaran peningkatan bisnisnya rata-rata 30%, tergantung jenis usaha yang mereka lakukan,” tandasnya mengakhiri wawancara.

Dedy Mulyadi