Indonetwork.co.id (Surabaya) – Menyambut tahun 2018, direktori bisnis online dan UKM terbesar di Indonesia ini menggelar Digital Marketing Workshop. Dalam gelaran itu, Indonetwork memaparkan secara global manfaat dunia online bagi para pelaku untuk pengembangan usaha.

Bertempat di Hotel Yello, Surabaya. Sekitar 40 member dari 27 perusahaan antusias mengikuti workshop, menyiapkan berbagai persiapan bisnis di era serba digital. Sejumlah peserta yang hadir merupakan member premium di wilayah Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

Baca juga: Gelar Workshop, Indonetwork Ajak Pelaku Usaha Terapkan SEO dan SEM

Bersamaan dengan itu, tren peluang usaha yang semakin berkembang. Indonetwork, bisnis networking terbesar di Indonesia mengupas “Strategi Menangkan Pasar di Era Digital 2018.”

Dalam paparannya Meddy H. Papinka, General Manager Indonetwork mengatakan, memasuki era globalisasi yang serba digital, sejumlah pelaku usaha mensiasati bisnisnya dengan beralih ke dunia online.

“Mereka yang tak ingin bisnisnya tergilas pasar global, menerapkan sistem go online sudah menjadi keharusan untuk mempertahankan bisnisnya itu,” terangnya.

Lebih lanjut Meddy menegaskan, dunia online merupakan pasar yang sangat potensial dan terus berkembang pesat. Indonetwork hadir tak hanya sebagai market place, tapi juga mempermudah para pelaku usaha untuk bisa go online.

”Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik, selain lewat fitur yang ada, kami juga memiliki produk up sell yang bisa diterapkan dan dimanfaatkan member premium Indonetwork,” kupasnya.

Ajak Terapkan SEO dan SEM
Menurutnya, untuk bisa mudah ditemukan dan ramah dalam mesin pencarian google, para pelaku usaha semestinya menerapkan sistem Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

“Kedua sistem itu memiliki fungsi yang sama terutama dalam meningkatkan penjualan secara online. Untuk itu, pelaku usaha sudah seharusnya memanfaatkan produk itu dengan baik,” terangnya.

Saat ini kata Meddy, Indonetwork juga telah melengkapi fitur unggulannya yaitu produk SEO dan SEM. Kedua fitur tersebut tentunya akan sangat membantu meningkatkan omzet penjualan.

Dengan menerapkan sistem tersebut, tak hanya mudah ditemukan dan ramah dalam mesin pencarian google, tapi juga membentuk pondasi bisnis secara online dalam jangka waktu yang panjang.

“Semakin Anda intensif menggunakan SEO dan SEM, dengan sendirinya produk yang Anda pasarkan akan mudah ditemukan oleh calon pembeli. Karenanya, cara mudah dan cepat untuk menangkan pasar di era digital 2018, strategi yang tepat adalah menerapkan sistem tersebut,” imbuh Meddy.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan di tahun 2018 semua pelaku usaha menggunakan strategi itu untuk tetap berada di atas dan memenangkan pasar global.

Perlu diketahui juga bahwa, suksesnya gelaran workshop Indonetwork di Surabaya tentunya atas dukungan beberapa sponsor. Adapun para supporting yang telah membantu Indonetwork diantaranya adalah Bengkel New Fast-bengkelnewfast.com dan Loca Leather.

Dedy Mulyadi