Indonetwork, Bisnis– Buat pelaku usaha yang ingin menyelami bisnis online, ada hal yang mesti diketahui. Agar tak mudah tergerus oleh persaingan pasar secara global, Anda wajib menanamkan pengetahuan berikut ini secara detail.

Dalam dunia digital, kemajuan internet dan teknologi saat ini cukup membantu meningkatkan usaha. Saat ini, media online jadi wadah promosi paling ampuh bagi pebisnis, baik usaha kecil maupun usaha besar yang sudah memiliki nama.

Melalui digital marketing, mempromosikan beragam jasa dan produk diharapkan mampu menaikkan angka penjualan, Anda akan mendapatkan pembeli potensial untuk memperbaiki kualitas penjualan usaha.

Untuk bisa mudah ditemukan dalam mesin pencari, ada hal yang mesti Anda ketahui seperti Search Engine Optimization (SEO) dan SEM (Search Engine Marketing). Sekilas keduanya berfungsi sama, namun pada kenyataannya memiliki arti yang berbeda. Untuk itu, Anda harus memahami keduanya dengan seksama.

Fungsi Dan Tujuan Search Engine Optimization

Search Engine Optimization - SEO
Sumber: accurate.id

Pada dasarnya SEO dan SEM memiliki fungsi yang sama, tetapi SEM memiliki metode yang lebih sederhana dibandingkan dengan SEO. Keduanya juga memiliki tujuan yang sama yaitu membuat sebuah halaman mendapatkan lebih banyak pembeli potensial.

Untuk meningkatkan traffic penjualan usaha, tak salah jika Anda memanfaatkan jasa SEO dan SEM, agar kualitas penjualan dapat meningkat hingga batas maksimal.

Namun, akan lebih baik bila Anda memahami dulu mengenai kedua hal tersebut. Perlu diketahui, SEO satu strategi promosi yang merancang coding khusus XHTML, melakukan program pada seluruh situs web guna mendapatkan kesempatan untuk berada di halaman utama mesin pencari dengan mengandung kata kunci tertentu.

SEO terbaik adalah SEO murni yang menggunakan SEO On-Page. Keunggulan metode ini terdapat dalam judul halaman, kata kunci dan artikel serta konten mereka. Ketika berada di halaman pertama, maka akan banyak pengunjung potensial yang mereka dapatkan. Sementara SEM memiliki pengertian lain.

Baca Juga: Selain Branding, Penerapan SEO dan SEM Cara Tepat Jaring Pembeli

Tujuan Search Engine Marketing (SEM)

tujuan sem
Sumber: Freepik

SEM merupakan bentuk strategi marketing secara online dengan tujuan melakukan promosi website pada halaman mesin pencari atau disebut sebagai SERPs.

Konteks promosi ini berbayar dengan memanfaatkan tagihan, iklan dengan cara meningkatkan visibility halaman Anda pada mesin pencari. Sederhananya, SEM adalah promosi yang memanfaatkan kata kunci tertentu menggunakan search engine semacam Google AdWords, Yahoo Search Marketing.

Uniknya, SEM dilakukan dengan cara pay per click ataupun dengan ketentuan unik lainnya.

SEM memiliki keunggulan dalam memasang trik promosi yang membutuhkan biaya. Hanya saja, penggunaannya memiliki dampak positif yang cukup besar. Sementara SEO, meskipun membutuhkan biaya sedikit tetapi untuk mendapatkan pengunjung potensial berpeluang besar.

Metode unik lainnya, SEM melakukan optimasi proyek pada situs perusahaan dan mengelola listing pada mesin pencari, mengirimnya ke direktori situs klien, dan mengembangkan strategi marketing online secara langsung.

Seberapa Penting SEM?

Seberapa Penting?
Sumber: everypixel.com

Buat pelaku usaha, optimalisasi visibility terhadap klien sangatlah penting bila Anda punya tujuan. Mesin pencari seperti Google biasanya akan memperlihatkan hasil yang paling sesuai dengan ‘keyword’ yang diketikkan.

Disinilah peran visibility dibutuhkan, terutama pada website Anda. Sebab website membutuhkan informasi untuk melakukan promosi terhadap produk dan jasa.

Anda akan mendapatkan optimalisasi lebih besar, biasanya orang-orang akan malas mengunjungi halaman setelah halaman ketiga atau keempat. SEM juga berfungsi sebagai kemudahan bagi para pembeli potensial yang akan mengarahkan mereka pada link dan menemukan website produk dan jasa anda dengan cara yang paling mudah.

Penulis: Dedy Mulyadi

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks