Indonetwork.co.id (Jakarta) – Buat pelaku usaha satu ini, bisnis Alat Tulis Kantor (ATK) punya potensi yang menguntungkan. Bagaimana tidak, hampir semua sektor membutuhkan ATK sebagai menunjang aktivitasnya.

Seiring dengan menjamurnya sekolah, kampus, perkantoran dan kawasan industri. Permintaan akan kebutuhan jenis barang tersebut tak pernah surut.

“Buat kami, bisnis ATK mempunyai ceruk bisnis yang menjanjikan dan berjangka panjang. Karena, semua sektor industri memerlukan ATK,” ucap Chaerul Chong, Owner PT. Ermich Karya Abadi.

Menurutnya, sejak mengembangkan bisnis ATK tahun 2011. Hingga kini, permintaan akan kebutuhan ATK tak pernah sepi. Apalagi dengan bergabung menjadi member Indonetwork, usahanya itu jadi tambah maju.

“Kami fokus memasarkan produk ini dengan jalur online, mulai dengan membuat website pribadi www.pusatATKmurah.com dan www.distributorATK.co.id. Kami juga mempromosikannya di semua market place online di Indonesia,” papar Chaerul.

Jenis produk yang di jual sangatlah beragam, mulai dari binder klip, pulpen, kertas hingga tinta printer. Selain itu pihaknya menyediakan pula berbagai alat keperluan kantor lainnya, seperti komputer, printer, LCD, OHP, mesin photocopy, filling kabinet, kursilemari dan lainnya dengan harga yang competitive.

“Untuk memenuhi semua barang kebutuhan ATK.  Kami berusaha menjadi supplier terlengkap dan termurah di wilayah Jabodetabek,” terang Chaerul.

Untuk bisa memenangkan persaingan, pihaknya tak hanya menjaring secara perorangan, membidik pula perusahaan swasta dan perkantoran milik instansi pemerintahan.

“Kami melayani semua pembelian, termasuk mereka yang menang tender, membelanjakan semua produknya di sini. Harga grosir yang ditawarkan sangatlah bersaing dan bisa lebih murah dari pasaran,” tegasnya tersenyum.

Chaerul juga memberikan diskon khusus jika ada pembelian dalam jumlah besar. Untuk menjaring costumernya, beberapa strategi yang dilakukan adalah memperkuat tele marketing, berpromosi secara online, membuka jaringan bisnis ke pihak perkantoran dan membangun reseller.

Garansi dan One Day Service
“Pangsa pasar terbesar kami adalah perusahaan swasta yang berada di kawasan perkantoran Sudirman. Coverage area paling potensial masih berada di wilayah Jabodetabek,” ucapnya.

“Kelebihan lain yang kami miliki adalah mengutamakan pelayanan One Day Service. Jika order di bawah jam 12 siang, hari itu pula kami akan antar pesanan ke lokasi permintaan,” pungkas Chaerul.

Selain mengedepankan pelayanan “One Day Service,” untuk branding perusahaan pihaknya juga menerapkan sistem order by call. Cukup menghubungi Ermich Karya Abadi, staffnya akan merespon dan memenuhi semua kebutuhan itu berdasarkan permintaan.

“Layaknya pesan makanan melalui aplikasi, cara tersebut juga akan kami adopsi untuk meningkatkan transaksi penjualan produk ATK yang kami miliki,” tegas Chaerul.

Sisi lain yang ditawarkan untuk mendongkrak penjualan adalah dengan menawarkan garansi. “Jika ada produk yang salah order, kami akan mengembalikannya. Dengan cara ini, mereka cukup percaya terhadap pelayanan yang kami tawarkan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Chaerul juga memberikan gimmick bagi mereka yang loyal dalam melakukan pembelian ATK dalam jumlah tertentu. Ada merchandise yang sudah disiapkan buat pelanggan setia.

Bangun Jaringan Reseller
“Kami juga membuka peluang bagi para reseller ATK yang ingin menjadi member. Ada paket menarik yang bisa dimanfaatkan reseller untuk bisa mendapatkan produk ATK dengan harga special,” kupasnya.

Untuk menarik minat konsumen, pihaknya kerap meluncurkan promo. Misalnya saja untuk pembelian kertas dalam jumlah tertentu, pastinya ada harga khusus yang jauh lebih murah.

Promo yang diluncurkan berkala, dalam setahun biasanya ada dua atau tiga promo. Semua itu dilakukan berdasarkan akumulasi dari track record transaksi reseller. “Pastinya, ada gimmick yang pantas buat mereka yang loyal membeli produk ATK kami,” ucapnya lagi.

Untuk mengikat membership yang setia, ada diskon khusus yang patut diketahui. Terutama buat customer yang ingin membuka toko ATK. Pihaknya akan memberikan list produk yang wajib ada dan paling laris seperti kertas bermerek paper one dan tinta printer. Selain itu, Chaerul menawarkan harga grosir yang terjangkau.

Adapun paket harga yang ditawarkan bagi reseller mulai dari Rp20 juta. Menurut Chaerul, dengan angka itu mereka akan mendapatkan semua produk ATK yang dibutuhkan konsumen.

Kerjasama Sistem Kontrak
Selain membangun jaringan bisnis melalui reseller, Ermich Karya Abadi juga mensupply ATK ke berbagai perusahaan dengan sistem kontrak. Artinya Ermich membuka kerjasama bagi perusahaan yang ingin memilih Ermich sebagai supplier tetap ATK.

“Bersyukur kami telah dipercaya beberapa perusahaan besar, diantaranya adalah PT. Wahana Motor Honda, PT Toyota Manufakturing, Mitshubishi Abad 21, Kramayudha dan lainnya. Semua permintaan kebutuhan ATK itu kami supply,” paparnya.

Tak hanya stock barang dan gudang yang mumpuni. Untuk menunjang itu semua, Chaerul memperkuat dengan 15 kurir dan empat armada sebagai pengantar barang. Pihaknya telah memiliki standarisasi sebagai distributor ATK.

Untuk memperluas jangkauan pemasarannya, Chaerul berencana di tahun 2019 nanti dirinya bakal membuka bisnis yang sama di wilayah Cipayung, Jakarta Timur.

“Kami melihat kawasan tersebut memiliki potensi. Lokasinya cukup strategis dan terus bertumbuh. Saya yakin, bisnis ATK di Cipayung akan mendulang kesuksesan yang sama seperti saat ini,” ujarnya optimis.

Lebih lanjut Chaerul mengatakan, untuk Anda yang tertarik mendalami bisnis ATK, silahkan berkunjung dan konsultasikan, kami akan memberikan arahan yang tepat untuk membangun bisnis ATK.

“Tips saya untuk pemula, usahakan untuk memilih lokasi yang strategis, dekat perkantoran, sekolah dan kawasan industri,” ucapnya mengakhiri.

Info lebih lanjut hubungi PT. ERMICH KARYA ABADI
Jalan Waringin III / 12 Pulomas Jakarta Timur 13210
Telp: (021) 4788 4619, (021) 2286 1567, (021) 2286 1579
Fax: (021) 4786 3587

Chaerul Chong
0817-602-7788
0815-86- 2121 88

Erika
0813-3147-2348
0817-643- 7788