Penentuan harga adalah salah satu strategi pemasaran yang memiliki dampak krusial dalam menentukan minat calon konsumen.

Bagi Anda pemilik produk dan jasa digital seperti pengembang perangkat lunak, penyedia layanan server/hosting dan lainnya, strategi penentuan harga bisa mendatangkan penjualan dan daftar calon konsumen yang memiliki minat tinggi.

Produk digital juga memiliki kelebihan di bandingkan produk fisik. Harganya tidak bergantung pada rantai pasokan, dan dapat di lipatgandakan secara tak terbatas. Karenanya, pemilik produk dapat “bermain-main” dengan harga. Inilah strategi penentuan harga produk dan jasa digital yang patut Anda pertimbangkan.

panduan bisnis online icon

Baca juga: Panduan bisnis online bagi pemula

Pahami pasar dan tentukan harga produk Anda secara kompetitif

Gunakan analisis dan penilaian pesaing kompetitif untuk mengetahui bagaimana strategi harga pihak-pihak yang menawarkan jasa serupa dengan Anda.

Kemudian, buatlah harga yang dapat memposisikan produk Anda untuk merebut pasar pesaing.  Apabila produk terbilang eksklusif, atau Anda menawarkan nilai tambah yang tidak di tawarkan oleh pesaing, maka buatlah harga yang sedikit lebih tinggi dengan mengutamakan nilai tambah tersebut dalam pesan pemasaran Anda.

Jika pesaing Anda menawarkan produk serupa, maka pikirkan cara untuk memberi diskon atau insentif harga tanpa mengorbankan terlalu banyak untung.

Menawarkan harga berjenjang

Harga produk berjenjang sangat lazim di temui dalam produk dan jasa digital yang sering di sebut dengan Software-as-a-service (SaaS) dan Infrastructure-as-a-service (IaaS). Konsumen juga sudah paham bahwa harga berjenjang biasanya meningkat seiring dengan naiknya kapasitas spesifikasi yang di tawarkan.

strategi penentuan harga produk dan jasa digital - harga berjenjang

Sumber: Digitalocean.com

Anda dapat menawarkan fitur-fitur lebih ke dalam paket harga yang lebih mahal, atau biaya keseluruhan yang lebih murah ketika mengambil paket tersebut.

Mendemonstrasikan perbedaan di tiap harga

Perusahaan teknologi yang menawarkan harga produk/jasa berjenjang biasanya mendemonstrasikan perbedaan antar paket harga dengan menggunakan tabel perbandingan. Sehingga, konsumen dapat dengan jelas melihat perbedaan jumlah dan nilai masing-masing fitur antar paket harga.

strategi penentuan harga produk dan jasa digital - demonstrasi fitur

Sumber: Digitalocean.com

Bahkan Anda dapat memamerkan nilai tambah pada tabel paket harga yang lebih tinggi, yang tidak di tawarkan pada paket harga yang lebih rendah.

Tawarkan percobaan gratis (Free trial)

Free trial sudah menjadi teknik penjualan yang wajib di lakukan oleh pengembang produk/jasa digital jika ingin menggaet konsumen. Kebanyakaan perusahaan teknologi menawarkan masa percobaan gratis dengan kelipatan tujuh hari dengan maksimal 30 hari.

strategi penentuan harga produk dan jasa digital - contoh free trial

Sumber: Cloud.google.com

Jangan lupa gunakan autoresponder untuk merekam email calon konsumen sehingga jika masa percobaan gratis telah usai, Anda dapat mengajak mereka untuk membeli produk/jasa.

Gunakan metode penentuan harga secara psikologis

Penentuan harga secara psikologis adalah metode untuk membuat paket harga produk atau jasa seolah-olah terlihat lebih murah. Teknik ini lazim Anda temui di supermarket seperti Carrefour dan Hypermart.

Biasanya, harga produk memiliki angka 9 di belakangnya. Daripada membuat paket harga sebesar Rp 300.000, Rp 500.000, dan Rp 1000.000, kurangilah 1 angka di belakangnya menjadi Rp 299.000, Rp 499.000, dan Rp 999.000 sehingga terlihat lebih murah 100 ribu rupiah. Padahal, perbedaannya hanya 1.000 rupiah saja.

Tawarkan bonus tambahan

Siapa yang tidak suka bonus gratisan? Anda tentu lazim melihat promo “berhadiah piring gratis setiap pembelian deterjen xxx.”

Promo semacam ini cukup mudah di terapkan pada produk digital. Anda bisa menawarkan panduan berupa ebook atau video tambahan kepada konsumen. Selain itu Anda bisa memasukkan paket voucher produk/jasa digital lain dengan klaim nilai tertentu, dan sebagainya.

Tawarkan garansi uang kembali

Garansi uang kembali akan menghapus keraguan konsumen mengenai risiko kekecewaan yang mungkin akan mereka alami. Konsumen yang belum mengenal reputasi Anda mungkin enggan membeli karena takut produk atau jasa yang di tawarkan tidak sesuai dengan harapan mereka.

Jadi, garansi semacam ini akan membuat mereka berpikir nothing to lose. Namun, jika memang merasa produk/jasa Anda belum siap, tundalah peluncurannya dan perbaiki hingga benar-benar yakin konsumen akan merasa puas memakainya.

Uji penulisan promosi, penempatan harga dan buatlah sekreatif mungkin

Paket harga dan kualitas produk memang penting, namun strategi penentuan harga produk dan jasa digital Anda juga bergantung dari pemaparan produk kepada konsumen.

strategi penentuan harga produk dan jasa digital - uji promosi

Buatlah tulisan promosi yang efektif dengan teknik copywriting untuk mengambil simpati calon konsumen, pamerkan fitur-fitur yang tersedia beserta harga secara kreatif, dan gunakan tombol call to action untuk mendorong pembelian hingga tahap akhir.