Indonetwork.co.id (Jakarta) – Bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta, event tahunan Clean and Laundry 2018 kembali digelar. Ajang yang dinanti para pelaku usaha di bidang laundry tersebut kini memasuki tahun kelima.

Expo Clean & Expo Laundry 2018 resmi diselenggarakan pada 27-29 Maret 2018. Gelaran ini memamerkan sejumlah inovasi dan teknologi dalam bidang laundry dan industri terkait lainnya.

Baca juga: Selain Inovasi, Expo Clean & Laundry 2018 Hadirkan Produk Terbaru

Pihak penyelenggara, PT Media Artha Sentosa menggandeng Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI) bersama-sama menampilkan berbagai produk dan inovasi dalam industri cleaning dan laundry untuk rumah sakit, perhotelan, maupun bisnis jasa cuci laundry.

“Ajang tahunan ini mempertemukan para pelaku usaha dari lokal maupun mancanegara, masyarakat umum, serta asosiasi terkait dalam bidang laundry di Tanah Air,” ungkap Teddy Halim, Director PT Media Artha Sentosa.

Selaku penyelenggara, Teddy menjelaskan bahwa, setiap tahunnya pameran tersebut selalu berupaya untuk memberikan fokus pada aspek cleaning dan laundry dari berbagai perspektif. Bahkan menurutnya, untuk mensukseskan ajang tersebut, sedikitnya ada 16 asosiasi terkait yang mensupport.

Tercatat lebih dari 200 peserta pameran yang datang dari 25 negara memamerkan beragam produk cleaning dan laundry. Mulai dari mesin cuci berkapasitas besar, mesin pembersih lantai hingga setrika berteknologi terkini terdapat dalam acara ini.

“Selama tiga hari kami berupaya mengedukasi khalayak mengenai pelayanan kesehatan dan kebersihan dalam peningkatan kualitas pengelolaan laundry,” papar Teddy.

Dalam kesempatan yang sama, Warsono Rahardjo, Ketua Umum Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI) mengatakan, penyelenggaraan event ini membuktikan bahwa, pentingnya Expo Clean & Expo Laundry 2018 sebagai media komunikasi dan bisnis bagi industri klining dan laundry di Tanah Air.

“Pameran ini diharapkan akan menjadi sarana peningkatan kualitas kesehatan dan menjadi sumber refrensi bagi sektor laundry di Indonesia,” ucap Warsono.

Suguhkan Teknologi Solusi Klining Dan Laundry
Sementara itu, H.M Shiddiq, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (APKLINDO) menjelaskan, teknologi cleaning memiliki peran sangat penting dalam menunjang dunia industri.

Shiddiq menambahkan, kebersihan itu sendiri akan memudahkan tercapainya efisensi dan optimalisasi di lingkungan kerja.

“Pameran ini gelar dan dipastikan dapat menjadi ajang berkumpul sekaligus memperluas informasi terkini tentang mesin maupun solusi klining serta laundry,” ujar Shidiq.

Selain mengedukasi, Shiddiq juga memaparkan bahwa, ajang tersebut merupakan sarana mempertemukan para pebisnis. “Target dari pameran ini tentunya akan menambah wawasan dari sisi teknologi dan networking,” kupasnya.

Dedy Mulyadi