Indonetwork.co.id (Jakarta) – Guna mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun kota Jakarta menjadi lebih baik, salah satunya yang dilakukan asosiasi yang bernaung dalam Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (GAPENSI) adalah menerapkan regulasi mengembangkan kompetensi para anggotanya, terkait keselamatan dan keamanan kerja.

Hal tersebut diungkapkan saat persiapan event akbar Megabuild 2018 di Jakarta.

Baca juga: Reed Panorama Hadirkan SSF Expo di Megabuild Indonesia 2018

Menurut Ir. Erwin Princen Sihite, Sekretaris Umum, B.P.D Gapensi, keselamatan dan keamanan kerja faktor penting dalam industri konstruksi, yang melibatkan seluruh elemen baik dari regulator, konsultan arsitek, konsultan konstruksi, kontraktor hingga tenaga kerja di lapangan.

“Kedepannya, Gapensi akan memberikan pelatihan tentang keamanan, keselamatan dan alih teknologi kepada tenaga kerja sehingga memiliki keahlian yang mumpuni,” ucap Erwin.

Beliau mengatakan, industri konstruksi selalu mencari inovasi teknologi yang dapat menghasilkan rancang bangunan yang akurat dan optimal. Pembangunan proyek memerlukan teknologi baru yang efisien, ekonomis, ramah lingkungan dan aman.

“Dengan begitu, pengerjaannya dapat mempercepat proses pembangunan sebuah proyek. Namun, tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan kerja,” pungkas Erwin.

“Kami berharap pameran Megabuild 2018 dapat menghadirkan solusi bagi penyedia jasa konstruksi dan membuka peluang bisnis,” tegasnya.

Tahun ini Gapensi akan menghadirkan Gathering yang dikemas dalam Network Night dengan tajuk “Future of Jakarta Infrastructure and Beyond” mengupas tentang progress pembangungan berbagai infrastruktur didaerah DKI Jakarta, diantaranya pembangunan Jalan Layang dan Undepass, MRT (mass rapid transit), proyek renovasi kompleks Gelora Bung Karno untuk persiapan Asian Games 2018, pengendalian banjir, pembangunan Rumah Susun dan lainnya.

MegaBuild Ajang Revolusi teknologi
Acara tersebut akan dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno selaku Keynote Speaker, Ketua Umum BPP Gapensi H. Iskandar Z. Hartawi, Ketua Umum BPD Gapensi DKI Jakarta Gibson Nainggolan, SE serta 2000-an Badan Usaha anggota Gapensi DKI Jakarta.

Mengenai kaitan antara asitektur dan konstruksi, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia-Jakarta, Stevanus J Manahampi, mengatakan, “Desain bangunan adalah seni yang terus berevolusi sesuai visi penghuni maupun arsitek itu sendiri.”

“Sebuah bangunan harus berfungsi dengan baik dan aman, dan elemen lain seperti desain, fitur teknologi keamanan dan ramah lingkungan menjadi faktor pendukung yang digemari,” papar Stevanus.

Menurutnya, millenials saat ini menjadi perhatian pasar properti dapat menjadikan pameran ini sebagai referensi untuk mendapatkan pengalaman baru di bidang desain.

Senada dengan itu, Ketua Himpunan Desain Interior Indonesia, Lea Aziz, menambahkan, “Interior desain pun selalu berkembang sesuai dengan inovasi yang ada, menggabungkan gaya pemilik rumah namun tetap mengutamakan estetika.”

Di tahun 2018, tren seperti gaya industrial yang minimalis dan kontemporer, gaya interior Maroko, serta penggunaan pola tertentu seperti shabby chic masih tetap diminati. Revolusi teknologi sangat memengaruhi desain interior secara nyata, karena kini mereka dapat mengaplikasikannya untuk menvisualisasi desain.

“Melalui Megabuild 2018, kami ingin memberikan inspirasi bagi konsumen, para interior desainer dan pelaku industri terkait,” tegas Lea Aziz.

Informasi lanjutan dan pendaftaran untuk mengikuti beragam kegiatan seperti seminar, pelatihan, presentasi, dan berbagai forum lainnya, dapat diakses melalui www.megabuild.co.id atau telepon ke 021 2556 5016.

Dedy Mulyadi