Terkadang entah bagaimana caranya, kita tiba-tiba di ingatkan tentang nilai-nilai kehidupan. Sehingga hal itu memaksa kita untuk memikirkan kembali tentang baik buruknya ketika menjalani, soal apa yang perlu di pertahankan, dan apa yang perlu di tanggalkan untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah di tetapkan sebelumnya.

Mungkin Anda juga merasa bahwa diri ini masih banyak kekurangan dalam berbagai bidang. Nah maka dari itu, di sini kami mencoba untuk membagikan beberapa tips untuk meningkatkan kepribadian diri secara profesional.

Baca juga: Tips untuk mencegah kebiasaan buruk demi produktivitas

1. Bersosialisasi dengan orang yang punya minat serupa

Salah satu hal yang pasti di miliki oleh orang-orang yang sukses adalah jaringan. Temukan orang-orang yang memiliki kesukaan yang sama dengan Anda, kemudian habiskan banyak waktu dengan mereka.

Gunakan jejaring sosial atau saluran komunikasi lainnya yang mungkin bisa membuat Anda lebih nyaman untuk bersosialisasi. Orang yang memiliki kesukaan yang sama terkadang bisa memberikan kita inspirasi dan motivasi lebih.

2. Tanggalkan kebiasaan multitasking

Bagaimanapun juga, kebiasaan menggarap beragam pekerjaan secara sekaligus (multitasking) itu tidak bagus. Dampaknya berpengaruh buruk pada produktivitas.

Daripada melakukan pekerjaan secara sekaligus, lebih baik selesaikan satu per satu dengan fokus. Hal tersebut akan lebih menghemat waktu dan juga akan membuat hasil pekerjaan lebih baik karena dikerjakan dengan cermat.

3. Tiru kebiasaan dari orang-orang sukses

Salah satu hal untuk mengembangkan kebiasaan baik adalah dengan bertemu dan berbagi hal dengan orang-orang sukses. Cari tahu bagaimana cara mereka bisa mencapai itu dan amati apa yang mereka lakukan sehari-harinya.

Mereka pasti punya kebiasaan baik yang berkontribusi besar pada keberhasilan yang sudah di raih. Namun bukan berarti Anda memang harus benar-benar bertatap muka langsung. Anda juga dapat meniru orang-orang tersebut hanya dari buku yang membahas tentang mereka, atau bahkan situs-situs terkait.

4. Buatlah daftar kerja harian Anda

Salah satu kebiasaan orang-orang yang produktif adalah mereka pasti selalu menuliskan hal yang ingin di selesaikan setiap harinya.

Dengan menuliskannya, kondisi psikologi kita akan terpacu untuk melakukannya. Dan pasti tidak akan sabar untuk segera mencoret (tandanya selesai) tugas-tugas yang sudah kita tuliskan sebelumnya.

5. Jangan tinggalkan hal yang belum selesai

Jika Anda ingin menjadi seseorang yang lebih baik dari sekarang, cobalah untuk bereskan apapun hal yang sudah Anda mulai. Kami sendiri sudah sering mengalami momen ketika hendak menulis artikel di blog ini. Ketika akan selesai menulis, kami tergoda untuk melakukan hal yang lain. Akhirnya bagaimana? Ide yang semula ada, malah hilang entah kemana.

Inilah mengapa Anda tidak boleh sampai meninggalkan pekerjaan. Jika pekerjaan tersebut sulit, tetap lakukan. Intinya jangan menyerah sampai pekerjaan itu selesai.

Untuk hasilnya, entah itu sempurna atau tidak, itu tidak jadi masalah, karena bisa di  tinjau kembali di kemudian waktu. Jika kita menyelesaikan apa yang sudah di mulai, paling tidak kita sudah mendapatkan pelajaran yang sangat berharga dari sana.

6. Sisihkan sedikit waktu untuk menyendiri setiap hari

Walaupun kita tahu bahwa manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial, namun terkadang kita juga butuh saat-saat untuk menjadi makhluk individualis.

Menyendiri itu juga hal yang sangat penting, karena momen kesendirian dapat di pakai untuk membuat diri menjadi rileks, atau mungkin juga bisa merefleksikan tentang kejadian apa saja yang telah terjadi dalam hidup.

7. Pasang target tinggi

Besaran semangat untuk bekerja biasanya di dorong oleh target yang telah di tentukan sebelumnya. Jika mengincar target yang biasa-biasa saja, maka kita akan mendapatkan hal yang biasa-biasa saja.

Namun jika Anda sudah berani untuk menetapkan sebuah target yang tinggi, apapun risikonya, pasti kita akan selalu berusaha untuk menggapainya. Dan jikalau harus meleset sekalipun, kita tetap akan berada di tempat yang tinggi.

Jangan sekali-kali percaya kepada suatu ungkapan yang mengatakan bahwa: “Jangan bermimpi terlalu tinggi, karena jika Anda jatuh akan terasa sakit sekali.” Hal tersebut sama saja dengan membatasi diri untuk sukses.

Bagaimanapun impian tetaplah impian, dan semua hal-luar biasa yang terjadi sepanjang sejarah peradaban manusia, berawal dari sebuah mimpi yang besar.

8. Fokuslah pada setiap proses

Menetapkan mimpi setinggi langit memang penting. Namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana kita bisa membentuk sebuah kebiasaan yang di lakukan sehari-hari agar bisa lebih dekat dengan mimpi tersebut.

Fokuslah pada setiap proses yang Anda lakukan. Hasilnya? Pasti akan mengikuti seiring dengan usaha kita. Seperti kata-kata bijak, “Proses tidak akan mengkhianati hasil.”

9. Makanlah makanan yang sehat

Mungkin Anda bertanya-tanya soal tips peningkatan kepribadian diri yang satu ini. Apa hubungan makan makanan yang sehat dengan sebuah kesuksesan?

Sebenarnya sederhana, dengan asupan gizi yang cukup maka nutrisi tersebut akan memacu otak dan jantung kita untuk bekerja dengan semestinya.

Jadi buatlah sebuah komitmen untuk makan makanan yang menyehatkan. Akan lebih baik lagi jika di barengi dengan olahraga secara teratur.

10. Lebih produktif lagi dengan waktu yang terbatas

Antara produktif dan sibuk itu adalah dua hal yang berbeda. Jika rutinitas yang kita jalani tidak membantu dalam mencapai tujuan, maka hal tersebut bisa di bilang tidak produktif.

Misalkan saja, mengakses terlalu banyak situs web yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan ketika sedang menyelesaikan tugas di depan layar komputer.

Jika memang seperti itu, ada baiknya bagi Anda untuk mengatur ulang kembali hal-hal yang harus di lakukan. Baik hanya dengan membuat daftar prioritas sederhana hingga membuatnya lebih detail atau spesifik.