Indonetwork, Panduan – Lantai merupakan salah satu elemen pembentuk ruang bersama dinding dan plafon. Terdapat pada bagian bawah sebuah ruangan, lantai menjadi penunjang aktivitas seperti berjalan. Tidak hanya berdasarkan fungsinya, saat ini pemilihan lantai melihat estetika yang sesuai dengan konsep interior hunian. 

Perkembangan teknologi juga mempengaruhi pada dunia interior, dimana saat ini Anda dapat menemukan berbagai jenis lantai selain keramik yang dapat digunakan pada hunian. Bahkan beberapa jenis lantai ini memiliki inovasi terbaru dengan tampilan yang lebih bervariasi. Ada lantai vinyl, kayu, batuan dan masih banyak lagi. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: MENGENAL WPC, MATERIAL BANGUNAN YANG RAMAH LINGKUNGAN

Jenis Lantai Yang Cocok Untuk Rumah

Selain memperhatikan fungsi serta tampilan estetika lantai, Anda juga perlu mengetahui karakteristik dari material pembentuk lantai tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui cara perawatan dan penggunaan lantai sesuai dengan kemampuan materialnya. Berikut ini adalah jenis lantai rumah yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Lantai Vinyl

Lantai Vinyl

Lantai vinyl terbuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) yang memiliki karakteristik lembut dan elastis. Jenis lantai vinyl dapat dipilih karena memiliki tampilan serta motif yang beragam, seperti motif kayu dan warna yang bervariasi. Anda bisa menyesuaikan motif lantai vinyl dengan konsep eksterior  interior rumah.

Kelebihan dari lantai vinyl sticker atau jenis lain adalah harga terjangkau, pemasangannya yang mudah, tampilanya menarik, nyaman untuk beraktivitas, serta awet dan tahan lama. Selain itu, lantai tahan terhadap noda, Anda bisa melihat banyak cara merawat lantai vinyl agar awet dan tahan lama.  Kekurangan lantai vinyl adalah mudah rusak jika terkena benda atau permukaan tajam karena terbuat dari material yang lembut. Warna pada lantai vinyl juga dapat berubah jika terpapar sinar matahari langsung karena belum dibekali lapisan anti UV. 

2. Lantai Marmer

Lantai Marmer

Untuk tampilan mewah dan elegan, Anda bisa menggunakan lantai marmer yang terbuat dari batuan alam. Sehingga tidak heran jika lantai marmer memiliki harga yang mahal. Marmer biasanya digunakan untuk interior pada lantai, dinding, furniture, dan masih banyak lagi. Kelebihan lantai marmer yaitu kuat dan tahan lama, serta perawatan yang mudah. Namun, kekurangannya adalah harga yang mahal serta pemasangannya yang sulit. 

3. Lantai Granit

lantai granit

Sama dengan lantai marmer, granit merupakan batuan alami yang menjadi material lantai. Kelebihan lantai granit adalah anti slip, kuat, anti gore, dan anti noda. Aplikasinya dapat digunakan pada eksterior dan interior rumah. Kekurangan lantai granit adalah harganya mahal, berat, dan pemasangannya yang sulit. 

4. Lantai Teraso

Lantai Teraso
Sumber: tileclub.com

Jenis lantai teraso sangat cocok untuk tampilan yang unik dan estetik pada eksterior dan interior rumah. Teraso merupakan jenis pelapis lantai yang terbuat dari material campuran pecahan marmer, semen, tegel, dan pasir. Pecahan marmer dan batuan lain memberikan tampilan corak yang menarik. 

Terdapat berbagai jenis lantai teraso, seperti teraso polos, ulir, mozaik, dan masih banyak lagi. Kelebihan dari lantai teraso adalah tahan terhadap goresan, tidak licin, kuat, perawatan mudah, lebih awet dibandingkan dengan lantai keramik. Kekurangan lantai teraso adalah harganya cenderung lebih mahal dan membutuhkan tenaga ahli khusus yang berpengalaman untuk instalasinya. 

5. Lantai Parket

Lantai parket

Jenis lantai parket (parquet) merupakan lantai yang terbuat dari kepingan kayu asli yang di press sehingga membentuk bentuk dan pola tertentu. Biasanya lantai parket yang dijual berupa lembaran plank dengan ukuran yang bervariasi. Lantai parket sangat cocok untuk digunakan pada rumah modern karena memberikan kesan natural dan hangat untuk interior rumah Anda. 

Seperti yang diketahui kayu dikenal sebagai material yang kuat dan tahan lama, sehingga ini menjadi kelebihan lantai ini, juga bahannya anti alergi, pilihan desain motif yang bervariasi serta perawatannya mudah. Kekurangan lantai parket adalah harganya cukup mahal, aplikasinya pada permukaan rata dan area tertentu saja karena rentan basah. Selain itu, ancaman pelapukan serta memudar pada lantai parket.

6. Lantai Keramik

lantai keramik

Lantai keramik merupakan jenis lantai yang dapat Anda jumpai sehari–hari. Jenis lantai keramik pun beragam, mulai dari warna, desain, tekstur, bentuk dan ukuran. Kelebihan lantai keramik adalah tahan air, kuat, tahan lama, perawatan mudah, harga terjangkau, dan tidak menimbulkan alergi. Kekurangan lantai keramik adalah tidak dapat menyerap panas, terlalu keras untuk aktivitas, dan membutuhkan ahli untuk pemasangannya. 

7. Lantai Tegel

lantai tegel

Lantai tegel terbuat dari campuran semien dan pasir yang sudah ada sejak zaman dahulu. Motifnya yang beragam dan unik, membuat lantai tegel banyak digunakan karena memberikan kesan adem serta tentram. Namun, lantai tegel memiliki kekurangan, yaitu waktu yang lama untuk dipesan, tidak tahan panas, air hujan, dan cairan pembersih toilet. 

8. Lantai Beton

lantai beton

Pada rumah bergaya kontemporer dan industrial di kawasan tropis, Anda bisa menggunakan lantai beton. Kelebihan lantai beton adalah tahan lama, ramah lingkungan, perawatan yang mudah, finishing yang bervariasi. Namun, kekurangan pada lantai beton adalah permukaan yang keras, rawan retak, kurang cocok untuk hunian di daerah dingin. 

9. Lantai Batu Alam

lantai batu alam

Untuk tampilan eksterior rumah yang natural, Anda bisa menggunakan lantai batu alam. Lantai ini terbuat dari batu dengan bentuk yang bervariasi dan disatukan dengan semen. Biasanya lantai batu alam digunakan pada eksterior rumah serta kamar mandi karena tahan pada cuaca, mudah menyerap air, serta tidak licin. 

10. Lantai Karpet

lantai karpet

Karpet dapat Anda gunakan untuk menutupi permukaan lantai karena memiliki tekstur yang halus dan empuk, sehingga nyaman untuk beraktivitas. Lantai karpet sangat cocok digunakan bagi hunian dengan udara yang dingin, karena bahan yang hangat. Namun, perawatan lantai karpet tidak mudah, Anda harus sering membersihkan dan hindari dari lembab karena dapat menyebabkan aroma tidak sedap.

Baca juga: APAKAH LANTAI VINYL COCOK DIGUNAKAN DI DAERAH RAWAN BANJIR?

Beragam pilihan lantai dapat Anda pilih untuk eksterior dan interior rumah. Pastikan jenis lantai yang dipilih sesuai dengan konsep dan kebutuhan, salah satunya adalah lantai vinyl sticker yang mudah digunakan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan lantai vinyl berkualitas, kami merekomendasikan PT. Citra Royal Bintang. Untuk kebutuhan jenis lantai lain, langsung saja cek di Indonetwork.co.id.

 

Author

Enable Notifications OK No thanks