Indonetwork, Peralatan Industri – Pagar merupakan sebuah bagian penting dalam segmen rumah bagian luar atau eksterior, tidak hanya membuat rumah Anda terlinfungi, benda ini pun berguna sebagai penyempurna estetika rumah Anda secara menyeluruh. Maka dari itu, Anda labih baik memilih jenis pagar yang pas dan cocok sesuai keinginan dan design rumah Anda.

Pada bagian awal, Anda harus menentukan jenis yang akan Anda gunakan dan material penyusunnya. Sebaikanya sebelum Anda menentukan materialnya baiknya Anda sudah mempunyai referensi mengenai jenis-jenis pagar.

Septic Tank : Mengenal Fungsi dan Jenisnya - Bio Filter Indonesia

Baca juga: Tips memilih septic tank biofilter unggulan

Jenis-jenis Pagar Besi Rumah

1. Pagar Bata

Jenis pagar yang satu ini merupakan jenis yang paling sering di pakai dalam proses pembuatan pagar rumah, hal ini terjadi karena batu bata ini bisa di dapatkan dengan mudah dengan harga yang terjangkau, memiliki daya tahan yang sangat kuat

pagar bata – Grabatex
Sumber: grabatex.com

Batu-batu ini haruslah tersusun secara baik seupaya bisa memberikan hasil yang maksimal, kokoh dan memiliki ketahanan yang luar biasa.

2. Pagar Baja

Pada saat ini pagar baja merupakan salah satu jenis pagar yang terkenal, baja pada saat ini sudah mulai dimanfaatkan sebagai bahan material rumahan.

5 Inspirasi Pagar Baja Ringan Minimalis Modern, Alternatif Bahan Kuat!
Sumber: berita.99.co

Jenis ini memiliki tampilan yang simple dengan berat yang ringan namun memiliki daya tahan yang baik, jenis ini juga mudah di padukan dengan macam macam bangunan rumah.

3. Pagar Besi Tempa

Jenis pagar ini memberikan kesan tampilan yang sangat mewah, biasanya pada model ini di ukir dengan warna yang menarik, ada berbagai warna seperti hitam, emas , tembaga.

Pagar Besi Tempa Minimalis Modern, Pilihan Tepat untuk Rumah Anda
Sumber: harapanrakyat.com

Bila Anda memiliki rumah dengan ukuran yang besar , jenis ini sangatlah cocok  bila ingin menyempurnakan tampilan rumah Anda.

4. Pagar Besi Hollow

Tidak hanya besi tempa, besi jenis ini pun sangat di cari dan popular dijadikan sebagai material yang paling di pakai pada pembuatan konstruksi pagar.

Jual pagar besi hollow type minimalis pintu pagar di Lapak Dekorasi Interior eksterior | Bukalapak
Sumber: bukalapak.com

Jenis ini memiliki ciri pada bagian rongganya memiliki lubang, model ini memiliki harga yang lebih terjangkau dan memiliki tampilan yang sangat sederhana.

5. Pagar Kayu

Pagar kayu adalah pagar yang memiliki peminat yang cukup banyak karna pagar ini memiliki nilai estetika yang tinggi, beragam ukiran bisa di masukan ke dalam ornament kayu.

Gambar Pagar Rumah Dari Kayu – cari
Sumber: cermin-dunia.github.io

Pagar kayu ini banyak sekali digunakan di negara dengan iklim tropis, namun perawatannya adalah perawatan yang paling sulit karna bebahan kayu.

6. Pagar Bambu

Tidak berbeda dengan pagar kayu, pagar ini memiliki perawatan yang extra. Perawatan pagar bamboo ini terbilan cukup sulit, karena bambu akan lebih mudah keropos dibandingkan pagar kayu.

12 Contoh Pagar Bambu Biasa, Simple, Namun Unik dan Tampak Cantik
Sumber: rumah.com

Pagar bambu ini banyak digunakan di Jepang, sebagai pembatas pada setiap hunian tradisional ataupun modern.

7. Pagar Tanaman

Tanaman Pagar Rumah, Bikin Rumah Tampak Indah
Sumber: rumah.com

Pada model ini, tanaman yang akan dijadikan pagar harus di tata dengan sedemikian rupa. Siklus pertumbuhan yang sangat cepat membuat pagar ini menjadi pagar yang sulit untuk di rawat, berbagai macam tanaman dapat dibuat menjadi pagar seperti soka dan teh-teh lainnya.

Apa Itu Material GRC? Ketahui Fungsinya dalam Pembangunan Hunian!

Baca juga: Daftar Merk dan Harga GRC Per Lembar untuk Kebutuhan Bangunan

8. Pagar beton

Untuk sebagian orang yang tidak ingin repot-repot, jenis ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Karena selain perawatannya sangat mudah dan terjangkau.

Mau pasang pagar panel ? Lihat penjelasan ini dulu - Jual Jasa Pasang Pagar
Sumber: sentracon.co.id

Jenis ini pun sangat kuat, pada pagar beto material yang digunakan adalah material seperti pasir, semen, batu dan banyak lainnya .

9. Pagar Batu

Pagar jenis ini manampillkan kesan yang sangat natural, kesan ini bisa di peroleh dengan membuat pagar dari batu alam, batu ini memiliki corak yang sangat berbeda dengan batu lain nya. Oleh sebab itu, tidak ada kesan membosankan jika menggunakan batu alam ini, namun perawatan nya cukuplah sulit, karna sangat berdebu

10. Pagar Kombinasi

Pada pagar jenis ini, terdapat beberapa bagian yang memiliki bahan yang berbeda tergantung dari keinginan pembuat atau pemesan pagar. Biasa di buat dengan batu, besi, beton, atau bahkan dengan kayu.

pagar minimalis kombinasi grc | Lazada Indonesia
Sumber: lazada.co.id

Namun dibuat di dalam satu bagian rumah, pada perawatannya pagar ini memiliki tingkat perawatan yang cukup sulit karna menyatukan beberapa bahan.

Penggunaan Pipa Baja dalam Industri - Isi Bangunan

Baca juga: 3 Jenis Pipa Baja Karbon di Pasaran dan Keunggulannya

Itulah tadi pembahasan mengenai pagar, semoga pada artikel kali ini teman-teman mendapatkan referensi dan informasi seputar dengan pembuatan pagar.

(Author: Iqbal)

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Enable Notifications OK No thanks