Indonetwork, Wahana – Jakarta merupakan kota terbesar kedua dan terpadat di dunia. Jakarta memiliki sejarah yang sama sekali berbeda dengan Tokyo, dan memiliki latar belakang yang unik. Salah satu yang membantu membentuk kota yang kita kenal sekarang. Sebagai ibu kota dan kota terbesar di Indonesia, Jakarta merupakan pusat wisata sejarah dan budaya. Karena pemukiman pertama kota ini berasal dari abad ke-5 M dan campuran dari Jawa, Melayu, Cina, Arab, dan India. Karena itulah banyak cerita tersimpan di banyak museum di kota ini. Untuk mengelilingi banyaknya museum tersebut Anda mungkin Anda perlu menggunakan jasa rental mobil Jakarta sehingga dapat berkunjung bersama kerabat.

Daftar Museum di Jakarta

1. Museum Wayang

Museum Wayang merupakan tempat pameran wayang Jawa yang megah, memamerkan banyak koleksi wayang kayu datar klasik. Terletak di seberang Lapangan Fatahillah, museum unik ini menampilkan boneka yang menggambarkan karakter dari seluruh Indonesia, Cina, Vietnam, India, Kamboja, dan Eropa, yang disimpan di dalam lemari antiknya.

Jasa Rental Mobil Jakarta
Sumber: Instagram.com

2. Museum Nasional

Museum Nasional Indonesia adalah salah satu lokasi utama untuk menemukan dan memahami budaya dan sejarah Indonesia. Dengan koleksi yang indah melestarikan hampir dua ratus tahun Warisan Indonesia. Museum ini dianggap sebagai salah satu museum terlengkap di kawasan Asia Tenggara.

Rental Mobil Jakarta
Sumber: Instagram.com

3. Museum Bank Indonesia

Jika Anda ingin memahami bagaimana sistem perbankan Indonesia bekerja, Museum Bank Indonesia adalah tempat yang tepat. Terletak di Kota Tua, museum bergaya kolonial ini berisi banyak koleksi mata uang bersejarah Indonesia dan seluruh dunia. Museum ini cukup nyaman dan tertata dengan baik terutama untuk anak-anak yang ingin belajar tentang perbankan.

Rental Mobil Jakarta
Sumber: Instagram.com

4. Museum Tekstil

Tekstil selalu memainkan peran penting dalam budaya Indonesia. Museum Tekstil Jakarta adalah museum abad ke-19, yang memamerkan keterampilan artistik yang luar biasa yang masuk ke dalam produksi tekstil Indonesia dengan menggunakan teknologi efisien yang lebih maju dari masanya. Pengunjung dapat membuat desain batik mereka sendiri yang indah dan belajar tentang bagaimana kain dibuat.

5. Museum Bahari

Museum Bahari merupakan tempat yang tepat untuk menelusuri sejarah bahari dari berbagai daerah di Indonesia. Bangunan museum berasal dari abad ke-17, menampilkan arsitektur kolonial yang indah. Tempat ini menampung koleksi perahu dan kano yang menarik dengan patung lilin dari banyak penjelajah maritim seperti Vasco de Gama, Cheng Ho, James Cook, dll.

6. Museum Layang-Layang

Museum Layang-layang Jakarta dibuka pada tahun 2003 untuk memberikan pendidikan layang-layang kepada warga. Sangat menyenangkan bagi anak-anak, museum ini membantu menyelenggarakan banyak festival dan lokakarya layang-layang yang menarik di mana orang-orang mendesain layang-layang mereka sendiri. Selain berbagai pertunjukan layang-layang yang menarik, menonton film berdasarkan sejarahnya adalah suatu keharusan bagi para pengunjung. Museum yang unik ini dapat Anda kunjungi dengan layanan jasa rental mobil Jakarta.

7. Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala adalah museum militer Angkatan Bersenjata Republik Indonesia yang memamerkan banyak koleksi senjata militer, tank, dan artefak lainnya. Nama Satria Mandala berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “tempat suci para ksatria”. Beberapa koleksi penting termasuk senjata Soviet yang digunakan selama Operasi Trikora, rancangan Proklamasi Indonesia yang ditulis tangan oleh Presiden Sukarno, dan banyak lagi.

8. Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta adalah museum terbesar di Kota Tua Jakarta. Dipenuhi dengan lebih dari 23.000 artefak dari peradaban Belanda dan berbagai kerajaan Indonesia dapat dilihat di sini. 37 kamarnya yang penuh hiasan akan memberi Anda suasana vintage.

Baca Juga: DESTINASI WISATA NGABUBURIT DI JAKARTA 2022

9. Museum Seni Rupah Dan Keramik

Museum Seni Rupah Dan Keramik merupakan tempat pameran seni tradisional dan keramik Indonesia yang megah. Terletak di bangunan Belanda yang indah yang dikenal sebagai pengadilan di masa lalu. Tempat ini berlokasi strategis di dekat museum terkenal seperti Museum Sejarah Jakarta dan Museum Wayang.

10. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi adalah tempat di mana Proklamasi Kemerdekaan dibentuk pada tahun 1984. Di sinilah Panglima Angkatan Laut Jepang dan pendukung kemerdekaan Indonesia Tadashi Maeda mengerjakan draft akhir proklamasi. Tempat ini memiliki patung lilin orang-orang yang dianggap penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

11. Museum MACAN

Museum MACAN atau Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara adalah museum seni rupa Jakarta yang juga menampung banyak koleksi seni dari seluruh dunia. Terkenal dengan pameran aktifnya, sorotan utamanya adalah karya menakjubkan Yayoi Kusama, pelopor dalam dunia seni kontemporer.

Baca Juga: 5 DESTINASI WISATA OUTDOOR JAKARTA TERBAIK

12. Alive Museum

Terletak di Taman Impian Jaya Ancol, Alive Museum menyimpan patung lilin dari banyak tokoh terkenal dari Hollywood hingga penyanyi pop Korea. Selain patung, ada juga poster film yang ditandatangani oleh para selebriti dan pemeran. Museum yang menyenangkan ini juga memiliki banyak pameran objek 3D ddengan beberapa tema sehingga akan memberikan ilusi yang realistis jika Anda hendak mengambil foto.

13. Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda merupakan sebuah museum bersejarah yang terletak di Jakarta Pusat. Dibangun untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia, khususnya sejarah Sumpah Pemuda 1928 dan pergerakan pemuda nasional. Pengunjung akan menemukan koleksi yang menarik, mulai dari foto hingga patung tentang kontribusi pemuda Indonesia pada masa kemerdekaan.

Jasa Rental Mobil Jakarta untuk Berkeliling Museum

Sudah menetapkan museum tujuan Anda untuk menghabiskan weekend? Ajak teman-teman Anda dan kunjungi jasa rental mobil Jakarta Big Benjaya yang siap melayani secara profesional. Berbagai macam armada telah disediakan seperti Alphard, Avanza, Camry, Fortuner, Hiace Commuter & Premio, Pajero, Sprinter, Xenia, dan lain-lain.

Author

Enable Notifications OK No thanks