Indonetwork, Kesehatan – Kesehatan merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk selalu diperhatikan bagi seluruh rentan usia, terlebih lagi saat ini cukup banyak faktor yang membuat masyarakat rentan terserang berbagai jenis penyakit baik dari pengaruh lingkungan maupun dari dalam tubuh. Hal ini juga yang membuat masyarakat menginginkan untuk mencari penyedia jual alat kesehatan Tangerang supaya dapat difungsikan pada area hunian masing-masing individu.

Perlu Anda ketahui juga bahwa alat kesehatan ini terdiri dari berbagai jenis dan tentunya memiliki fungsi masing-masing yang berbeda untuk menunjang tiap kebutuhan. Yuk simak apa saja alat kesehatan sederhana yang mungkin wajib Anda miliki untuk keperluan darurat saat dirumah. Baca terus informasi dibawah ini ya!

Mengenal Apa Itu Alat Kesehatan

Alat kesehatan adalah instrumen, mesin yang tidak mengandung obat dan digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan, meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia, hingga memperbaiki fungsi tubuh. Secara umum alat kesehatan terdiri dari dua jenis baik yang digunakan habis satu kali pakai maupun alat kesehatan yang dapat digunakan berkali-kali.

Peralatan ini sudah sangat mudah Anda temui pada toko offline maupun online yang dijual pada toko obat maupun alat kesehatan. Hal ini dikarenakan kebutuhan alat medis bukan saja tersedia pada rumah sakit maupun puskesmas. Tetapi beberapa jenis alat kesehatan ini wajib untuk Anda miliki dengan upaya mengetahui dan menangani tingkat kesehatan tubuh secara cepat

Jenis Alat Kesehatan Beserta Fungsinya

Bagi Anda yang bekerja sebagai tenaga medis mengenal alat kesehatan tentu sangat mudah bahkan telah menjadi teman sehari-hari, namun alat ini sekarang telah berekspansi sebagai kebutuhan hunian yang perlu Anda penuhi jika berada dalam keadaan emergency.

Mungkin belum banyak masyarakat yang mengerti fungsi dan pengaplikasian alat kesehatan dalam kehidupan sehari-hari informasi dibawah ini tentu akan membantu Anda dalam mengenal jual alat kesehatan Tangerang. Berikut dibawah ini beberapa jenis alat kesehatan yang paling populer digunakan oleh masyarakat untuk area rumahan, yaitu:

1. Tensimeter

tensimeter

Alat yang paling umum dimiliki banyak orang ini biasanya digunakan untuk mengukur tekanan darah seseorang apakah dalam keadaan normal atau abnormal. Modelnya sendiri terdiri dari berbagai bentuk tergantung kebutuhan Anda.

Ketika memiliki alat ini tentu Anda lebih waspada dari kemungkinan risiko penyakit yang lebih parah atau setidaknya Anda dapat menanganinya lebih dini, karena baik tekanan darah tinggi atau rendah yang terlalu lama mampu mengakibatkan kondisi yang berbahaya.

2. Thermometer

thermometer

Siapa yang tidak mengetahui fungsi alat yang satu ini, termometer digunakan untuk mengukur keadaan suhu seseorang. Perlu Anda ketahui ada beberapa jenis termometer yang diketahui yaitu termometer air raksa, termometer digital, dan yang terbaru yaitu termometer infra merah yang digunakan tanpa menyentuh langsung.

3. Jarum Suntik

jarum suntik

Jarum suntik memang biasanya tidak diperbolehkan untuk diperjualbelikan secara umum. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan, juga cara menggunakan jarum suntik yang butuh keterampilan khusus.

Alat yang satu ini secara umum digunakan untuk menyuntikkan suatu zat ke dalam tubuh atau dapat juga digunakan untuk mengambil sampel zat cair dari tubuh, contohnya mengambil darah dari urat darah halus pada venipuncture.

Baca Juga: 12 Alat General Laboratory dan Fungsinya

4. Urinal Pispot

pispot urine

Alat yang satu ini berfungsi sebagai alat bantu bagi pasien yang harus berbaring di ranjang atau lansia yang kesulitan untuk bergerak sendiri ke kamar mandi untuk melakukan buang air kecil. Cara menggunakan urinal pispot pun mudah dan tidak perlu membuat pasien banyak berpindah tempat.

Urinal pispot biasanya terbuat dari plastik dan memiliki bentuk yang bermacam-macam disesuaikan dengan jenis kelamin pemakainya. Benda ini berbentuk seperti bak atau tabung dilengkapi dengan pegangan untuk membawanya seperti layaknya gelas.

5. Pengukur Kadar Glukosa

pengukur kadar glukosa

Bagi pengidap diabetes kondisi ini bisa muncul kapan saja, sehingga untuk menghindari kondisi gula darah yang semakin tinggi Anda diperbolehkan melakukan pemeriksaan rutin.

Alat ini biasanya dilengkapi dengan pipet khusus untuk mengetahui tingkat gula darah Anda. Bahkan alat ini sekarang dilengkapi dengan pengecheckan kadar kolesterol dan asam urat dengan satu alat namun pilihan pipet yang dibedakan.

6. Pulse Oxymeter

pulse oxymeter

Alat ini berfungsi untuk mengukur kadar oksigen dalam darah dan detak jantung. Alat ini ada baiknya dimiliki oleh penderita penyakit pernafasan untuk selalu mengetahui kadar oksigen dalam tubuh, jika oksigen dalam tubuh tidak stabil tentu akan mengganggu sistem organ lainnya. Alat ini biasanya digunakan dengan dijepit pada salah satu jari pasien.

7. Tabung Oksigen

Tabung Oksigen

Mungkin tidak semua orang memiliki tabung yang satu ini, selain harganya yang mahal dan bentuknya yang cukup besar terkadang mengganggu mobilitas pada hunian. Bagi penderita penyakit jantung atau gangguan pernafasan lainnya ada baiknya untuk melengkapi peralatan yang satu ini untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan.

8. Inhaler dan Nebulizer

Inhaler dan Nebulizer

Bagi salah satu anggota keluarga yang memiliki kondisi asma dianjurkan untuk menyediakan inhaler dan nebulizer di rumah dengan menyimpannya di tempat yang mudah dijangkau. Alat yang digunakan dengan cara dihisap dan mengantarkan obat langsung ke paru-paru.

Baca Juga: Standar Ruang Isolasi Menurut Peraturan Menteri Kesehatan

Jual Alat Kesehatan Tangerang

Setelah mendapatkan informasi di atas mengenai serba serbi alat kesehatan, apakah Anda sudah tertarik untuk melengkapi kebutuhan hunian dengan peralatan ini? Cukup banyak keunggulan yang akan Anda terima ketika mampu memenuhi kebutuhan rumah dengan peralatan kesehatan, contoh kecilnya Anda tidak perlu antri panjang atau mengeluarkan banyak biaya untuk sekedar medical check up pribadi.

Nah, jika Anda mulai tertarik dengan berbagai kecanggihan dan kemudahannya, Anda bisa dengan mudah menemukan silakan distributor jual alat kesehatan Tangerang di Indonetwork.

Indonetwork memiliki daftar perusahaan distributor alat kesehatan yang telah berhasil mendistribusikan berbagai kebutuhan kesehatan ke seluruh wilayah di Indonesia dengan aman. Anda juga dapat memesan produk secara kolektif untuk kebutuhan klinik pribadi maupun rumah sakit Anda. Jangan lupa konsultasikan kebutuhan Anda dan dapatkan penawaran harga terbaik sekarang juga!

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks