Indonetwork, Bisnis – Meskipun ditempa oleh tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena pandemi, para pelaku usaha, khususnya UMKM, terus berjuang untuk melewati paruh terakhir tahun 2020 dengan harapan untuk memulai tahun 2021 dengan lebih kuat.
Country Manager Zilingo Indonesia Patrick Vaz membagikan delapan tips yang mudah diikuti sebagai pedoman UMKM untuk membantu mereka menutup tahun 2020 dengan baik dan siap menorehkan prestasi baru pada tahun 2021.
Baca juga: Penyaluran dana UMKM sudah 100% !
8 tips umkm ala patrick vaz
1. melakukan evaluasi tujuan bisnis Anda di tahun 2020 untuk mengidentifikasi kemenangan dan hambatan
Menurut Patrick, sebagai pelaku bisnis kecil, Anda perlu meninjau kembali tujuan tahun ini. “Mengevaluasi aktivitas inti usaha Anda, lalu hasil evaluasi tersebut digunakan untuk mengukur kinerja bisnis Anda di tahun ini,” ujar Patrick, dikutip dari keterangan persnya, Jumat (11/12/2020).
2. meninjau laporan keuangan Anda dan jalankan laporan keuangan
Cara yang bisa dilakukan yakni dengan mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan, seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. “Setelah itu, kembangkan laporan keuangan untuk menentukan apakah Anda berada di jalur yang tepat untuk memenuhi tujuan laba dan kebutuhan arus kas,” kata Patrick.
3. lakukan analisis kompetitif untuk mengukur posisi Anda
Melaksanakan analisis kompetitif membutuhkan perencanaan, penelitian mendalam, dan introspeksi yang jujur agar dapat menentukan target dan menawarkan hasil yang lebih akurat.
Baca juga: UMKM digital produktif kunci pemulihan ekonomi Indonesia
4. persiapkan rencana bisnis dan pemasaran untuk tahun 2021.
Patrick menyarankan Anda meluangkan waktu untuk menyusun rencana bisnis tahun depan dengan matang, termasuk rencana pemasaran guna meningkatkan citra merek dan kehadiran Anda di pasar.
5. lakukan review serta apresiasi kinerja karyawan akhir tahun
“Penting untuk meninjau kinerja tenaga kerja Anda dalam beberapa kuartal terakhir untuk lebih memahami kondisi karyawan Anda. Selain itu, pertimbangkan juga untuk memberikan liburan atau bonus akhir tahun kepada staf Anda untuk meningkatkan semangat mereka,” jelasnya.
6. perbarui profil situs web dan media sosial Anda
Media sosial telah menjadi sarana utama pemasaran real-time sejak krisis melanda dari awal tahun ini. Dedikasikan waktu Anda bulan ini untuk memperbaiki dan menambah konten, atau bahkan merombak keberadaan digital Anda apabila diperlukan.
7. rancang program apresiasi pelanggan
Apresiasi dalam bentuk apapun itu penting. Para bisnis dalam kondisi seperti ini harus terus menjangkau dan terhubung dengan pelanggan. Hal ini diperlukan untuk tetap relevan di tengah maraknya persaingan yang ada.
Anda dapat mengirimkan kartu ucapan atau email yang dipersonalisasi kepada para pelanggan setia Anda untuk membangun reputasi merek saat Anda merencanakan aktivitas bisnis untuk tahun depan. Pelanggan yang senang adalah pelanggan setia dan mereka tidak akan sungkan memberikan testimoni positif secara cuma-cuma.
Baca juga: 8 juta UMKMÂ yang terintegrasi teknologi digitalÂ
8. buat daftar dan rayakan pencapaian tahun ini.
Menurut Patrick, jika Anda telah mampu melangkah sejauh ini pada tahun 2020, ada baiknya Anda merayakan semua pencapaian tersebut, baik kecil maupun besar. Semua bisnis harus merayakan prestasi milik mereka, khususnya setelah melewati tahun penuh tantangan.
Editor: Muhammad Riva Ibnu Safwan