Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Seiring dengan meningkatnya biaya listrik, sejumlah bisnis beralih ke sistem tenaga surya. Namun terkadang, saat membuat keputusan untuk beralih ke sistem tenaga surya, sejumlah pelaku bisnis menjadi bingung antara sistem pembangkit listrik tenaga surya off-grid dan on grid. Untuk membuat pilihan yang tepat, penting untuk memahami perbedaan utama antara plts on grid dan off grid.

PLTS On Grid

PLTS On Grid
Sumber: Solarreviews.com

Sistem tenaga surya on-grid (alias jaringan terikat) menghasilkan daya menggunakan sistem tenaga surya dan terhubung langsung ke jaringan listrik utilitas. Sistem ini mengirimkan kelebihan daya yang dihasilkan oleh sistem tenaga surya ke jaringan utilitas dan konsumen mendapatkan kompensasi untuk daya ekstra yang diumpankan kembali.

Sistem ini bekerja sama dengan jaringan listrik. Jika tidak ada cukup sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda, sistem berjalan dengan daya yang dipasok oleh jaringan. Sistem ini paling cocok ketika konsumsi daya Anda tinggi dan Anda ingin mengurangi tagihan listrik Anda. Sistem on-grid dapat dipasang dengan atau tanpa net metering. Terhubung ke jaringan utama, sistem ini tidak berfungsi selama pemadaman listrik.

Jadi jika Anda memutuskan untuk memasang plts on-grid, Anda akan selalu memiliki akses ke listrik (kecuali jaringan mati), baik tata surya Anda berproduksi atau jika Anda memiliki baterai. Jika sistem Anda tidak menghasilkan listrik atau tidak menghasilkan listrik yang cukup untuk menyalakan perangkat, lampu, mesin, dll yang Anda gunakan, Anda dapat menarik energi dari jaringan utilitas untuk melengkapinya. Ini memastikan Anda selalu memiliki listrik yang cukup untuk apa yang Anda butuhkan.

Baca Juga: 6 KOMPONEN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA

Contoh Aplikasi PLTS On Grid

Sebuah bisnis dapat mengandalkan plts on-grid untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, serta mendapatkan penghasilan dari kelebihan daya yang dihasilkan. Pada hari yang cerah, bangunan dapat menghasilkan energi matahari yang cukup untuk peralatan listrik, lampu, sistem pemanas air, dll.

Keuntungan

  1. Sistem surya on-grid sangat hemat biaya dan mudah dipasang.
  2. Pengguna perumahan dan pemilik bisnis dapat memperoleh pendapatan pasif untuk energi surplus yang dihasilkan oleh sistem.

Kekurangan

  1. Apabila listrik PLN mati saat malam hari maka jaringan lisrtik di rumah dan kantor akan mati total seperti halnya rumah-rumah lainnya. Ini karena sistem on-grid tidak menggunakan baterai untuk menyimpan listrik yang tidak didapat saat pagi, siang, hingga sore hari. Hal ini juga terjadi apabila PLN mengalami blackout.

PLTS Off Grid

Penyedia PLTS Off Grid
Sumber: Sunengis.com

Sistem off grid bekerja secara independen dari grid tetapi memiliki baterai yang dapat menyimpan tenaga surya yang dihasilkan oleh sistem. Sistem biasanya terdiri dari panel surya, baterai, pengontrol muatan, kotak grid, inverter, struktur pemasangan dan keseimbangan sistem. Panel menyimpan cukup sinar matahari di siang hari dan menggunakan kelebihan daya yang dihasilkan di malam hari.

Dengan plts off-grid, Anda sepenuhnya bergantung pada matahari dan energi yang tersimpan dalam baterai untuk memberi daya pada rumah atau bisnis Anda. Jika Anda memilih tata surya yang tidak terikat ke jaringan listrik dan Anda tidak memiliki generator, Anda hanya akan memiliki listrik di dua komdisi yaitu saat matahari bersinar dan saat Anda menarik listrik yang sebelumnya dihasilkan oleh tata surya Anda dari perangkat penyimpanan surya, seperti baterai.

Contoh Aplikasi PLTS Off Grid

Sistem surya off-grid dapat memfasilitasi pembangkit listrik mandiri, jangka panjang dan berkelanjutan di daerah pedesaan dan terpencil. PLTS off grid dapat memberikan solusi cadangan jangka panjang yang ekonomis dan layak untuk mengatasi masalah yang terjadi selama pemadaman listrik yang sering terjadi di pedesaan.

Kelebihan

  1. Sistem mandiri ini dapat bekerja secara mandiri dan tidak bergantung pada jaringan listrik.
  2. Kegagalan dan pemadaman jaringan tidak akan memengaruhi catu daya Anda.
  3. Sebagian besar plts off-grid dirancang untuk menghasilkan sejumlah listrik “ekstra” di siang hari, yang dikirim ke baterai untuk disimpan. Energi yang tersimpan dalam baterai tersebut kemudian dapat diakses saat sistem tidak menghasilkan, seperti pada malam hari, saat cuaca mendung, atau saat jaringan listrik mati.
  4. Sistem dapat diukur untuk menghasilkan kelebihan listrik yang cukup di siang hari untuk menutupi seluruh penggunaan energi Anda sepanjang waktu.

Kekurangan

  1. Namun, cuaca tidak dapat diprediksi meskipun dengan perkiraan terbaik dan paling akurat. Jika Anda mengalami cuaca mendung yang tidak normal beberapa hari berturut-turut maka Anda hanya akan memiliki lebih sedikit atau tidak ada listrik sama sekali sehingga sistem Anda mungkin tidak dapat menghasilkan listrik yang cukup untuk mengisi baterai dan memenuhi semua kebutuhan Anda.
  2. Dengan sistem off-grid, Anda tidak akan memiliki akses listrik tambahan jika Anda membutuhkannya. Apa yang Anda produksi dan apa yang Anda simpan adalah semua yang ada di sana untuk memberi daya pada peralatan Anda.
  3. Meskipun memiliki baterai ekstra menawarkan ketenangan pikiran dan dapat menyediakan bank listrik yang tersimpan untuk berjaga-jaga jika ini terjadi, harganya juga mahal. Membeli lebih banyak baterai daripada yang Anda butuhkan mungkin memakan biaya yang mahal.

Baca Juga: PLTS OFF GRID: PENGERTIAN FAKTOR PENDUKUNG & CARA KERJA

Sistem tenaga surya adalah sumber energi terbarukan yang bersih dan memiliki banyak manfaat tergantung pada jenis sistem yang Anda pilih. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk memutuskan jenis plts apa yang akan dipilih, karenanya bermitralah dengan perusahaan jasa pemasangan plts yang memiliki reputasi baik.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks