Indonetwork, Bahan Bangunan – Terdapat banyak aspek yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah hunian atau properti agar menghasilkan bangunan yang baik dan awet. Penghitungan yang matang dan pemilihan bahan bangunan yang berkualitas merupakan komponen yang harus diperhatikan. Dengan perkembangan teknologi khususnya di dunia konstruksi, menjadikan banyak sekali pilihan dalam memilih bahan bangunan. Selain kualitas yang perlu diperhatikan, budget yang dimiliki juga harus menjadi pertimbangan. Sebelum memutuskan untuk membangun sebuah hunian atau bangunan, perlu diperhatikan bahwa setiap bahan memiliki spesifikasi khusus. Harga suatu bahan akan berbanding lurus dengan kualitas bangunan yang dihasilkan. Bangunan yang berkualitas akan memberikan tingkat keamanan yang baik bagi penghuninya. Salah satu faktor yang mempengaruhi keamanan adalah rangka konstruksi. Besi adalah salah satu bahan rangka bangunan dan konstruksi yang bisa mempengaruhi ketahanan dari sebuah bangunan adalah besi wiremesh. Simak penjelasan lebih lengkap berikut ini beserta rekomendasi jual besi wiremesh.

Apa Itu Besi Wiremesh?

Wiremesh merupakan serangkaian besi untuk bahan bangunan yang nampak seperti lembaran besi yang memiliki posisi yang saling berpotongan satu sama lain. Istilah lain yang sering digunakan untuk menyebut besi jenis ini adalah anyaman besi. Lembaran besi ini disebut anyaman besi karena bentuk besi wiremesh yang serupa dengan anyaman dengan pola jajaran genjang atau kotak-kotak yang saling menyatu. Penggabungan potongan-potongan besi ini menggunakan teknik pengelas. Besi wiremesh dikenal dapat menguatkan struktur bangunan, sehingga umumnya digunakan sebagai penguat atau tulang pada saat pengecoran jalan, lantai bangunan, ataupun dak rumah.

Jual Besi Wiremesh
Sumber: Unsplash.com

Fungsi Besi Wiremesh

Semua komponen atau bagian dalam dunia konstruksi memiliki manfaat masing-masing. Semua bagian yang terdapat di dalamnya saling terkait dan memiliki peran sehingga bisa menjadikan bangunan menjadi sempurna. Selain itu, beberapa fungsi dari besi wiremesh adalah sebagai berikut:

Fungsi Besi Wiremesh
Sumber: Unsplash.com

1. Anak Tangga / Balustrade

Besi wiremesh bisa digunakan sebagai anak tangga dan balustrade, dengan dikombinasikan bersama baja. Area tangga merupakan salah satu area yang haurs diperhatikan dalam membuat bangunan. Fungsi tangga sebagai penghubung antar ruangan menjadikan area ini sebagai salah satu area yang paling sering dilewati. Untuk itu, area ini membutuhkan perhatian yang lebih mengenai bahan yang akan digunakan. Dengan menggunakan gabungan besi wiremesh tersebut dapat menjaga keamanan borders dan area tangga menjadi lebih baik.

Baca Juga: KENALI JENIS KAYU YANG BAGUS UNTUK BAHAN BANGUNAN

2. Pagar

Keunggulan wiremesh dibandingkan dengan material lain adalah memiliki spesifikasi yang awet, tahan lama, anti rayap dan kuat. Dengan keunggulan tersebut besi wiremesh cocok digunakan sebagai pagar.

3. Talud

Talud merupakan bagunan yang memiliki fungsi untuk menahan tanah supaya terhindar dari tanah longsor. Selain itu, talud juga berfungsi menahan bebatuan di tepi lereng atau tanah miring agar tidak longsor. Kekuatan besi wiremesh bisa dimanfaatkan untuk menjadi bahan pembuatan talud dengan kualitas baik.

4. Konstruksi Bangunan

Besi wiremesh bisa digunakan sebagai material pembuatan bangunan khususnya kerangka dasarnya. Besi wiremesh dapat digunakan dalam berbagai jenis bangunan baik untuk rumah hunian maupun gedung bertingkat.

5. Partisi Ruangan

Rumah yang mengusung tema industrial biasanya akan menggunakan besi wiremesh sebagai partisi atau penyekat ruangan. Pemasangan besi wiremesh sebagai partisi runag yaitu dengan membiarkan saja besi tanpa menutupnya dengan semen sehingga akan terlihat kerangka besinya.

6. Pengayak Pasir

Mengayak pasir merupakan kegiatan memisahkan pasir dari berbagai material lain seperti kerikil, batu maupun kotoran lainnya. Besi wiremesh yang memiliki ukuran lubang kurang lebih 0,3 mm sampai 10 mm. Dengan ukuran lubang tersebut akan didapatkan pasir yang dapat digunakan sesuai kebutuhan tanpa tercampur material lain.

Jenis-jenis Besi Wiremesh

Besi wiremesh memiliki beberapa jenis sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan konstruksi bangunan Anda. Secara umum, besi wiremesh memiliki dua jenis yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Jenis pertama adalah jenis lembaran. Sesuai dengan namanya, besi ini dijual dalam bentuk lembaran yang memiliki ukuran standar 210 cm x 540 cm. Jenis yang kedua adalah gulungan. Besi wiremesh jenis ini dijual dalam bentuk gulungan yang memiliki ukuran lebar 210 cm.

Jenis-jenis Besi Wiremesh
Sumber: Unsplash.com

Baca Juga: CARA MENGHITUNG BAHAN BANGUNAN RUMAH DENGAN METODE AHSP

Keunggulan Besi Wiremesh

Besi wiremesh memiliki beberapa keunggulan dibanding material lain. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai keunggulan dari besi wiremesh:

Jual Besi Wiremesh Murah
Sumber: Constrofacilitator.com
  1. Besi wiremesh dapat meningkatkan ketepatan dan kualitas dalam tulangan beton yang sedang dibuat.
  2. Dapat mengurangi proses pengawasan dalam pegerjaan, karena proses pengerjaan besi wiremesh yang tidak membutuhkan perhatian khusus sehingga bisa dilakukan dengan lebih mudah.
  3. Selain tidak membutuhkan perhatian khusus, proses pengerjaan konstruksi bangunan menggunakan besi wiremesh juga bisa dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini disebabkan oleh proses pengerjaan besi wiremesh yang bisa dilakukan dengan langsung menggelar tanpa harus merakitnya dari nol.
  4. Proses distribusi besi wiremesh juga lebih mudah. Besi wiremesh mudah untuk dipindahkan karena bentuknya gulungan. Berbeda dengan besi beton yang umumnya memiliki panjang hingga 12 meter sehingga membutuhkan truk besar.
  5. Dari segi biaya, besi wiremesh jauh lebih ekonomis karena dengan menggunakan besi wiremesh dapat mengurangi penggunaan besi tulangan dalam konstruksi bangunan.

Distributor Jual Besi Wiremesh

PT. Baja Mas Abadi merupakan distributor jual besi wiremesh dengan kualitas terbaik. Perusahaan yang berkantor pusat di Sidoarjo, Jawa Timur ini telah memiliki cabang di Bali dan Kediri. Perusahaan ini melayani pengiriman produk ke seluruh wilayah Indonesia.

Author

Enable Notifications OK No thanks