Sticky notes adalah salah satu alat tulis kantor yang sering banyak digunakan untuk membuat catatan-catatan kecil. Melalui benda ini, kita akan selalu merasa terbantu untuk mengingat dan bergegas menyelesaikan apa yang tertulis di dalam selembar kertas kecil itu. Hingga pada akhirnya, kita mendapatkan kepuasan ketika merobek tugas-tugas yang telah selesai dikerjakan dan membuangnya dengan senang hati ke dalam tong sampah.

Kertas berperekat ini secara efektif dapat banyak membantu Anda dalam keseharian. Berikut beberapa cara untuk dapat memaksimalkan sticky notes agar menjadi lebih bermanfaat.

Meringkas Topik

Meskipun memiliki bentuk yang tidak terlalu besar, kertas berperekat ini dapat Anda gunakan untuk meringkas topik. Benda ini dapat memudahkan Anda selama proses belajar, karena Anda tidak lagi perlu membaca keseluruhan isi buku. Melalui catatan yang telah Anda tulis di sticky notes, Anda dapat langsung mengingat isi mengenai topik tersebut.

Dalam meringkas topik menggunakan di sticky notes, Anda hanya perlu menuliskan kata kunci-kata kunci yang mewakili topik tersebut. Setelah itu, tempelkan catatan pada awal bab untuk memudahkan Anda dalam memahami topik.

Membuat Konsep

Selain itu, kertas berperekat ini juga dapat Anda fungsikan untuk menuliskan konsep ketika Anda mempelajari suatu hal. Tujuan pembuatan konsep ini adalah untuk membantu Anda dalam mengaitkan kata kunci-kata kunci yang ada dalam ingatan Anda, sehingga Anda bisa memiliki pemahaman yang berkerangka.

Membuat Mapping

Mind Mapping merupakan salah satu konsep belajar yang bisa coba Anda terapkan. Sistem ini dapat membantu Anda dalam mengingat materi dalam suatu mata pelajaran melalui kata kunci yang telah Anda hubungkan menggunakan mapping.

Untuk mempermudah Anda dalam belajar, anda bisa menuliskan mapping dan menempelkannya di bawah subbab yang sedang Anda pelajari.

Baca juga: Jenis Alat Tulis Kantor yang Sering dijumpai

Membuat Daftar Tugas

Sticky Notes
Sumber: Pexels

Mendaftar pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan adalah salah satu hal yang bisa membantu mempercepat pekerjaan Anda. Hal ini juga membantu Anda untuk mengingat informasi penting yang membutuhkan perhatian.
Anda dapat menempelkannya pada tempat di mana Anda dengan mudah dapat mengaksesnya. Seperti di kulkas untuk pekerjaan-pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan, di laptop untuk pekerjaan kantor yang harus Anda kerjakan, di meja belajar untuk tugas-tugas sekolah Anda, dan lain sebagainya.

Pembatas Halaman

Selain memfungsikan sticky notes dengan menuliskan beberapa hal di dalamnya, Anda juga dapat menggunakan kertas berperekat ini untuk pembatas halaman. Anda dapat menggunakan sticky notes ini untuk menandai halaman yang ingin Anda ingat setelah Anda membaca sebuah buku.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kertas berperekat ini sebagai pembatas halaman mini yang bisa membantu Anda untuk menandai halaman terakhir buku yang Anda baca.

Membuat Pengingat

Selain pengingat elektronik, pengingat tulisan tangan juga dapat membantu Anda untuk mengingat hal-hal penting. Gunakan sticky notes ini untuk mendaftar tugas atau janji pada hari itu atau hari yang akan datang.

Untuk memudahkan Anda melihat pengingat ini, Anda bisa menempelkan tulisan tersebut pada bagian sekitar rumah yang sering Anda lalui. Dengan begitu, Anda dapat selalu mengingat dan melihat ketika melintasi bagian dinding yang Anda tempeli.

Menggunakan sticky notes untuk menulis pengingat juga membantu Anda secara emosional, karena secara tidak langsung, Anda memindahkan semua beban yang harus Anda ingat ke dalam kertas.

Baca juga: Jenis-Jenis Lakban Sesuai dengan Kegunaannya

Membuat Tujuan Jangka Pendek

Sticky Notes
Sumber: Pexels

Sticky notes juga bisa Anda gunakan untuk menetapkan tujuan jangka pendek. Anda bisa menuliskan tujuan Anda dan meletakkannya pada tempat yang mudah terlihat oleh mata. Hal ini akan membantu Anda mengingat dan menggerakkan diri Anda untuk mencapai tujuan. Kertas berperekat ini adalah barang yang cocok untuk menuliskan tujuan, karena mudah dibawa ke mana-mana.

Pembersih Keyboard Komputer

Sticky notes memiliki dua bagian sisi yang memiliki perekat untuk ditempelkan pada dinding atau meja dan bagian sisi yang bisa Anda tulisi. Bagian sisi yang berperekat inilah yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan sela-sela keyboard Anda. Anda bisa menggunakannya dengan melipat atau menyobek sticky notes kemudian menggeser-geserkannya ke seluruh bagian keyboard untuk mengangkat debu-debu halus.

Membuat Mozaik

Apabila Anda menyukai hal-hal yang berbau seni, Anda bisa memanfaatkan beberapa lembar kertas berperekat ini untuk membuat mozaik pada dinding di depan meja belajar atau di kamar Anda.

Untuk membuat mozaik, gunakan beberapa lembar kertas berperekat yang memiliki warna cerah dan susunlah kertas-kertas tersebut sehingga tertata rapi dan tersusun atas warna yang acak. Anda bisa merencanakan susunan-susunannya sebelum menata semuanya pada sebuah dinding.

Baca juga: 7 Ide Merchandise untuk Klien Perusahaan atau Karyawan Baru

Jasa Cetak Sticky Notes

Selain digunakan untuk hal-hal di atas, sticky notes dapat menjadi salah satu ide untuk merchandise perusahaan Anda. Anda dapat memesannya dengan langsung memilih produk-produk yang tersedia di pasar atau mencetaknya sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Untuk mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau, Anda dapat mencetak sticky notes menggunakan jasa cetak Promoplus.id. Promoplus.id memproduksi customized sticky notes untuk promosi dengan berbagai corak, warna, bentuk, serta cover. Dengan teknologi yang mereka miliki, Anda bisa mencetak logo perusahaan hingga nama perusahaan. Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi Promoplus.id dan buat pesanan Anda hari ini!

Author

Enable Notifications OK No thanks