Indonetwork, Tips & TrikTirai PVC merupakan salah satu tirai yang banyak digunakan di kantor, sekolah, gudang, hingga ruang pendingin. Pasalnya, jenis tirai VC dapat bekerja dengan baik di jendela manapun. Oleh karena itu, banyak orang mengandalkan tirai ini untuk menghalau sinar matahari pada sebuah ruangan.

Selain itu, tirai PVC juga tahan terhadap kelembaban. Oleh karena itu, jenis tirai ini sangat cocok diletakkan pada ruangan yang memiliki kelembaban tinggi seperti ruangan ber-AC, kamar mandi, dan dapur.

Bahan PVC ini juga memungkinkan Anda memiliki keterbukaan penuh atau menutup tirai rapat seluruhnya, sehingga dapat memberikan privasi total kapanpun Anda membutuhkannya.

Cara Pasang Tirai PVC

tirai pvc
Sumber: allplastics.com.au

Pemasangan tirai PVC terbilang tidak terlalu rumit. Pada dasarnya, pemasangan tirai PVC sama dengan pemasangan tirai-tirai pada umumnya. Anda memerlukan sejumlah peralatan pendukung untuk mengencangkan tirai dalam bingkainya.

Selain itu, Anda juga bisa melihat lebih lanjut pada buku panduan yang biasanya disertakan dalam kotak tirai untuk membantu Anda memasang tirai secara bertahap. Berikut cara pasang tirai PVC.

1. Baca Buku Panduan

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari buku panduan yang disertakan pada kardus. Sebelum melakukan apapun, bacalah buku tersebut secara perlahan. Hal ini akan membantu Anda dalam melakukan tahapan pemasangan tirai PVC.

2. Ukur Bagian Atas Jendela

Tahap kedua, ukurlah kerangka bagian atas jendela sesuai dengan panjang tirai yang akan dipasang.

Hal ini bertujuan untuk memastikan tirai yang akan anda pasang dapat menutupi seluruh bagian jendela. Setelah itu, Anda bisa menandai pada kedua ujungnya.

3. Pasang Penyangga Rel

Kemudian, pasang penyangga rel pada bagian dinding yang sudah ditandai. Pastikan setiap ujung penyangga tepat menempati titik yang sudah Anda tandai.

4. Masukkan Rel atau Cincin ke Rel Tirai

Tahap keempat, masukkan rel atau cincin pada penyangga tirai. Rel atau cincin inilah yang nantinya akan menjadi tempat gantung tirai.

5. Gantungkan Tirai ke Rel atau Cincin

Tahap terakhir, gantungkan tirai satu persatu ke rel atau cincin yang sudah terpasang pada penyangga. Anda pun bisa mengatur arah dan merapikannya sedikit untuk membuat tampilan lebih nyaman.

Baca juga: Kasa Nyamuk Magnet, Inovasi Efektif Lindungi Keluarga

Jenis-Jenis Tirai PVC

Cara Pasang Tirai PVC
Sumber: Pexels

Tirai PVC tersedia dalam jenis, bentuk, dan warna yang bermacam-macam. Berikut jenis-jenis tirai PVC menurut modelnya.

1. PVC Vertikal

Jenis tirai PVC vertical tersusun atas lembaran yang dijajar rapi menyamping. Tirai ini terlihat seimbang jika dipasang sebagai penutup jendela.

PVC vertikal dapat memberikan privasi lebih tanpa mengurangi udara yang masuk, karena tirai tersebut memiliki beberapa celah yang bisa menjadi jalan masuknya udara. Apabila terdapat bagian tirai yang rusak pun, dapat dengan mudah diperbaiki atau diubah.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh tirai ini adalah mudah dibersihkan. Anda dapat membersihkan tirai ini dengan sikat, penyedot debu, ataupun hanya selembar kain yang lembab.

Akan tetapi, cara pembersihannya pun juga perlu disesuaikan dengan bahan tirai yang digunakan untuk tetap mempertahankan umur tirai.

2. PVC Horizontal

PVC horizontal adalah jenis tirai yang paling umum, karena memiliki bilah yang sejajar dengan lantai. Bilah tirai ini memiliki tekstur yang keras dan praktis.

3. PVC Roller

Selain itu, juga terdapat jenis tirai PVC roller. Tirai PVC roller memiliki sifat anti-debu, sifat antistatic, dan anti bakteri, karena pergerakannya yang fleksibel tidak menjadikan tirai sebagai sarang debu.

Jenis tirai ini dapat melindungi rumah dari sinar matahari yang terlalu menyengat dan sifat anti silau.

Tirai PVC roller ini juga salah satu tirai yang mudah dirawat dan dapat dibersihkan hanya dengan menggunakan kain lembab. Selain itu, Anda juga bisa mencuci tirai menggunakan air sabun jika terdapat kotoran di dalamnya.

Baca juga: 7 Jenis Roller Blind yang Murah dan Sering digunakan

Beli Tirai PVC di Sini

Cara Pasang Tirai PVC
Sumber: Pexels

Apabila Anda menambahkan tirai PVC untuk industri atau tempat kerja, Anda bisa membelinya dari salah satu produsen yang menjual tirai PVC curtain, yakni CV. Sinar Gemilang.

Toko Sinar Gemilang adalah distributor soft PVC curtain transparan untuk tirai dan gorden bening. Mereka menjual produk-produk dengan kualitas terbaik dan semua produknya memiliki fitur kunci.

Produk-produk PVC yang dijual antara lain PVC strip curtain, PVC strip curtain super polar, PVC strip curtain clear tirai plastik, PVC strip curtain ribbed double, PVC mika film sheet, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, CV. Sinar Gemilang juga menjual produk gasket, engineering, dan juga rubber.

CV. Sinar Gemilang juga siap melakukan pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia seperti Aceh, medan, Padang, Pekanbaru, Lampung, Bengkulu, Semarang, Surabaya, dan banyak kota lainnya dengan harga yang sangat murah dan terjangkau untuk Anda.

Hubungi CV. Sinar Gemilang melalui kontak WhatsApp yang tersedia atau langsung menuju ke website resmi mereka untuk mendapatkan tirai PVC dengan kualitas terbaik.

Selain itu, untuk melengkapi pengalaman berbelanja Anda, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce Indonetwork untuk berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks