Cara reset password mesin absensi fingerprint cukup mudah, bahkan dapat dilakukan tanpa menggunakan bantuan aplikasi maupun software.

Akan tetapi, beberapa mesin absensi fingerprint terkadang memiliki cara kerja sendiri untuk reset password, sehingga cara reset setiap mesin absensi fingerprint berbeda-beda.

Dalam artikel ini, akan diuraikan cara reset password mesin absensi fingerprint merk Solution. Bagi Anda yang memiliki mesin fingerprint dengan merek yang berbeda, juga bisa mencoba langkah-langkah yang akan diuraikan dalam artikel ini.

Baca juga: 5 Fungsi Mesin Absensi yang Harus Kamu Ketahui!

Cara Reset Password Mesin Absensi Fingerprint

cara reset password mesin absensi fingerprint
Sumber: Pinterest

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk reset password mesin absensi fingerprint merk Solution. Metode ini dilakukan tanpa menggunakan aplikasi atau software apapun, sehingga tidak perlu mengunduh dan menghubungkannya pada perangkat lunak apapun.

Buat Password Baru

Untuk reset password mesin absensi fingerprint, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat password baru. Untuk membuat password baru, Anda membutuhkan kalkulator, karena pembuatan password membutuhkan beberapa penjumlahan yang harus diselesaikan.

  1. Cek waktu atau jam yang berlaku pada daerah Anda
  2. Aplikasikan rumus berikut untuk mendapatkan password baru
    9999 – waktu atau jam yang ada pada daerah Anda = ABC
  3. Setelah itu, kuadratkan hasil yang sebelumnya sudah di dapat
    ABC x ABC = AABBCC
  4. Hasil AABBCC itu adalah password terbaru yang bisa Anda pakai untuk masuk sebagai admin di mesin absensi fingerprint.

Apabila Anda bingung dengan penjelasan di atas, simak contoh berikut ini.
Waktu menunjukkan pukul 16:36. Maka, jika diaplikasikan ke dalam rumus adalah sebagai berikut:
9999 – 1636 = 8363
8363 x 8363 = 69.939.769

Maka, password baru yang bisa Anda gunakan untuk masuk ke dalam mesin absensi fingerprint sebagai admin adalah 69939769.

Masuk ke Mesin Absensi Fingerprint Sebagai Admin

Setelah Anda mendapatkan password baru, Anda sudah bisa masuk ke mesin absensi fingerprint sebagai admin.

  1. Tekan tombol “M/OK”
  2. Layar mesin absensi fingerprint akan menginformasikan bahwa Anda harus mendapat ijin admin 1 atau 2 terlebih dahulu untuk masuk ke menu utama. Akan tetapi, Anda bisa mengabaikan hal tersebut dan langsung menuju ke langkah selanjutnya.
  3. Setelah itu, masukkan angka “8888” untuk mengisi kolom nomor ID
  4. Tekan tombol “M/OK”
  5. Masukkan password yang sebelumnya sudah Anda jumlahkan untuk mengisi kolom password yang ada
  6. Tekan tombol “M/OK” untuk masuk pada menu utama
  7. Apabila Anda berhasil masuk ke dalam menu utama, itu berarti proses reset password pada mesin absensi fingerprint yang Anda lakukan sudah berhasil. Anda bisa menggunakan password tersebut untuk masuk kembali pada mesin absensi fingerprint.

Langkah-langkah yang telah diuraikan di atas, bisa Anda lakukan untuk reset password mesin absensi fingerprint merk Solution tipe apapun. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga bisa diaplikasikan pada mesin absensi fingerprint merk lainnya.

Baca juga: Cara Menggunakan Mesin Absensi Sidik Jari Solution dengan Mudah

Fitur-Fitur Utama Mesin Absensi Sidik jari

cara reset password mesin absensi fingerprint
Sumber: Pinterest

Setiap mesin absensi sidik jari, memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan serta dioperasikan oleh pemiliknya. Berikut fitur-fitur utama yang akan Anda dapatkan ketika membeli mesin absensi sidik jari.

Kapasitas yang Memadai

Setiap mesin absensi fingerprint memiliki kapasitas transaksi dan template sidik jari yang berbeda-beda. Semakin perusahaan Anda memiliki karyawan dalam jumlah yang banyak, maka Anda membutuhkan mesin absensi fingerprint dengan kapasitas yang lebih besar.

Dengan kapasitas mesin absensi fingerprint, memungkinkan Anda menyimpan sejumlah transaksi dan template sidik jari dalam jumlah yang besar.

Konektivitas Internet dan USB

Selain itu, mesin absensi fingerprint juga dilengkapi dengan konektivitas internet dan USB. Konektivitas internet digunakan untuk mentransfer data ke perangkat lunak HRM dan manajemen penggajian.

Sementara konektivitas USB digunakan untuk membackup data di perangkat penyimpanan eksternal.

Sistem Pencadangan Data

Mesin absensi fingerprint memiliki dua jenis sistem pencadangan data, yakni wired dan wireless. Untuk mendapatkan laporan kehadiran karyawan secara real-time, tentunya Anda membutuhkan sistem backup data yang bisa melindungi data absensi karyawan.

Perangkat mesin absensi fingerprint ditenagai oleh baterai internal dan bisa dihubungkan ke catu daya melalui kabel.

Daya Tahan dan Konsistensi

Untuk memiliki mesin absensi fingerprint yang bagus, Anda harus memilih mesin yang awet dan tahan lama, mengingat tingginya fungsionalitas mesin pada operasional perusahaan.

Oleh karena itu, Anda harus mencari mesin yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan mencakup teknologi mutakhir.

Terintegrasi dengan Sistem Manajemen Penggajian

Setiap mesin absensi fingerprint juga terhubung dengan sistem manajemen penggajian, sehingga memungkinkan tim bisa menghitung kompensasi karyawan dengan cepat dan tepat.

Sistem Kontrol Akses

Sistem mesin absensi fingerprint juga memiliki kontrol akses pengguna, sehingga dapat mengidentifikasi orang yang tidak berwenang ketika memasuki area atau fasilitas terbatas.

Baca juga: Cara Kerja Mesin Absensi Sidik Jari

Untuk mendapatkan mesin absensi termurah dan berkualitas, Anda bisa membelinya di PT. Trikomindo Kharis Utama. Trikomindo Kharis Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan berperan sebagai system integrator.

Selain itu, PT. Trikomindo Kharis Utama merupakan authorized partner dari produk-produk teknologi informasi seperti mesin absensi, CCTV, camera, notebook, gadget, computer peripheral, hingga aksesoris.

PT. Trikomindo Kharis Utama juga menyediakan produk teknologi informasi dari merek-merek terkemuka. Seperti Solution, Dell, Acer, Fujitsu, Lenovo, Infinity, Avtech, dan berbagai merek lainnya.


Author

%d bloggers like this: