Panorama Exhibition bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Reed, dan Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI), kembali mengadakan pameran bisnis waralaba Franchise and License Expo Indonesia (FLEI) 2019 pada tanggal 13 hingga 15 September 2019.

Semua kegiatan pameran ini akan diadakan bersamaan dengan Retail & Solution Expo Indonesia (RSEI) 2019 serta Cafe & Brasserie Expo Indonesia (CBI) 2019 yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC).

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan Benny Soetrisno, mengatakan bahwa pameran waralaba ini merupakan sebuah wadah bagi pelaku usaha waralaba di Indonesia. Dirinya berharap acara ini dapat membantu dan membangun jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), khususnya generasi muda yang masih belajar untuk memulai usaha.

Benny menambahkan mengenai pertumbuhan bisnis waralaba akan terus mengalami pertumbuhan yang baik. Bisnis waralaba merupakan salah satu bisnis yang bisa dijalankan dengan mudah, oleh karena itu cocok untuk para pemula yang baru menjalankan bisnis. “Orang tidak usah belajar terlalu lama. Seolah biaya waralabanya itu dianggap saja biaya sekolahnya,” ujar Benny.

Levita Supit selaku Ketua Umum Wali mengatakan, pameran tersebut akan menghadirkan lebih dari 350 yang memiliki usaha waralaba di berbagai sektor dari 20 negara. Negara yang akan hadir adalah seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Taiwan, Korea, China, hingga Amerika Serikat. “Kami harap pameran ini dikunjungi hingga 26 ribu pengunjung dengan target transaksi di pameran mencapai 100 juta dolar AS,” kata Levita.

Levita berharap melalui pameran tersebut dapat memberikan kesempatan kepada waralaba lokal, agar dapat menunjukkan kualitas mereka dan membangun kepercayaan investor terhadap usaha mereka. “Juga agar investor asing tertarik untuk membuka waralaba kita di negara mereka,” ungkapnya.

Franchise and License Expo Indonesia 2019 merupakan salah satu tempat bertemu para pelaku usaha waralaba, lisensi, peluang usaha yang sedang mencari investor, mitra, pelanggan, atau pembeli dari produk atau jasa yang telah mereka miliki. Tahun ini merupakan ke 17 kali acara FLEI diadakan.

Sementara acara RSEI akan menghadirkan perusahaan yang memproduksi dan memasarkan produk jasa sebagai keperluan usaha ritel ataupun toko. Sedangkan CBI akan menghadirkan perusahaan yang memproduksi berbagai keperluan dalam menjalankan usaha kafe dan kedai kopi.

Iqbal Nagur

Author

Enable Notifications OK No thanks