Indonetwork, Peluang UsahaSemakin berkembangnya dunia digital dan meningkatnya pengguna media sosial, maka semakin besar peluang bisnis modal laptop dan internet yang bisa Anda lakukan.

Selain berbisnis secara online, Anda juga bisa memulai pekerjaan tanpa modal materi. Dengan memanfaatkan laptop, internet, dan jaringan sosial media, Anda sudah bisa mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan.

Sebagian besar orang bahkan melakukan hal ini sebagai pekerjaan sampingan mereka. Mengingat pekerjaan-pekerjaan berbasis digital bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Ide Bisnis Modal Laptop dan Internet

bisnis modal laptop dan internet
Sumber: Pinterest

Meskipun tanpa modal materi, Anda bisa mendapatkan uang dengan membangun bisnis bermodalkan laptop dan internet saja. Berikut beberapa daftar ide bisnis yang bisa Anda lakukan dengan modal laptop dan internet.

1. Penulisan Konten

Dalam dunia digital, konten diibaratkan sebagai raja, karena konten bisa memperluas interaksi pengguna dalam dunia digital. Hingga saat ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mencari bantuan untuk penulisan konten. Baik perusahaan di bidang pemasaran, keuangan, hingga teknologi.

Meskipun banyak orang melakukan pekerjaan ini sebagai sampingan, tetapi pekerjaan ini cukup menjanjikan bagi Anda. Bahkan melalui hasil pekerjaan sebagai penulis konten, Anda sudah bisa menjadikannya untuk portofolio.

Layanan penulisan konten yang bisa Anda tawarkan kepada klien dapat berupa layanan seperti copywriting, deskripsi produk, konten web blog, pengeditan bahasa, micro blog, dan lain sebagainya.

2. Pemasaran Digital

Semakin naiknya pengguna dan media digital membuat sebagian besar bisnis merambah dan memanfaatkan media sosial yang ada. Hal ini dilakukan untuk menarik konsumen online dan mendorong penjualan, karena dengan begitu, bisnis tetap dapat berjalan dan tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

Beberapa layanan yang bisa Anda tawarkan ketika membuat bisnis pemasaran digital adalah sebagai berikut.

  1. Search Engine Optimization (SEO)
    Layanan SEO bertujuan untuk mendorong visibilitas online sebuah bisnis pada mesin penelusuran. SEO dilakukan dengan mengoptimalkan sebuah situs website dan penggunaan keyword yang sesuai.
  2. Manajemen media sosial
    Layanan manajemen media sosial atau social media management bertanggung jawab dalam mengelola dan memantau semua keterlibatan dan analitik media sosial.
  3. Pemasaran email
    Layanan pemasaran email biasanya memberikan layanan untuk mengirim email ke klien dan calon klien dengan tujuan meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Mengenal SEO: Mengoptimalkan Website di Mesin Pencarian untuk Bisnis

3. Desain Grafis

Bagi seluruh marketing, konten visual adalah konten bisnis terpenting mereka. Terlebih konten infografis yang dapat meningkatkan lalu lintas web hingga 12%.

Umumnya, desain grafis memberikan layanan pembuatan konten visual untuk media sosial. Tidak hanya itu, desain grafis juga memberikan layanan pembuatan logo, sampul buku, desain web, dan berbagai hal untuk meningkatkan konten visual bisnis Anda.

Tentunya ide bisnis ini akan menjadi peluang bagus untuk Anda. Baik untuk pekerjaan sampingan maupun bagi Anda yang baru saja memulai karir.

4. Penerjemah

Banyak perusahaan dan pemerintah harus menerbitkan dokumen dalam beberapa bahasa untuk klien, mitra bisnis, hingga karyawan luar negeri.

Meskipun sudah ada banyak program atau aplikasi yang bisa digunakan untuk menerjemahkan, layanan penerjemah lebih menawarkan terjemahan berkualitas yang sesuai untuk penerbitan professional.

Anda bisa menawarkan untuk menerjemahkan sebuah dokumen tertulis atau menjadi juru terjemah dalam sebuah acara online lintas negara misalnya.

5. Membuat Podcast

Selain itu, dengan bermodalkan laptop dan internet, Anda bisa memulai bisnis sebagai podcaster. Dengan produksi konten yang terjadwal, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari audio atau audio-visual yang Anda unggah.

Podcasting tidak hanya digunakan untuk menunjukkan bakat atau keahlian Anda, tetapi Anda juga bisa menemukan prospek serta membangun koneksi dengan memproduksi podcast.

Baca juga: 5 Tips Memilih Laptop untuk Bisnis Online

Kunci Sukses Membangun Relasi Bisnis

bisnis modal laptop dan internet
Sumber: Pinterest

Upaya pemasaran atau marketing yang baik, tidak hanya berfokus pada penetapan harga, strategi layanan, atau keunggulan produk. Akan tetapi, upaya pemasaran juga menyangkut hubungan Anda dengan para klien atau calon klien.

Sebagian besar klien atau konsumen akan memilih perusahaan yang memiliki pengalaman dan keahlian yang relevan serta terpercaya.

Apabila calon klien mengetahui bahwa Anda ahli dalam bidang yang Anda tawarkan, besar kemungkinan mereka akan memilih layanan yang Anda tawarkan daripada harus mencari layanan yang lain.

  1. Jangkau kontak-kontak penting secara rutin untuk menjaga hubungan tetap hidup. Anda bisa mengekspresikan minat pada bisnis mereka dan beri tahu bahwa Anda siap membantu.
  2. Tawarkan bantuan kepada beberapa pihak untuk memberitahu kepada mereka bahwa Anda menyediakan sebuah layanan.
  3. Minta feedback kepada klien untuk membangun portofolio Anda. Percakapan dua arah dapat membantu untuk memperbaiki kekurangan dalam bisnis Anda.
  4. Cari cara agar bisa terhubung dengan orang-orang di kontak anda. Manfaatkan teknologi dan social media yang ada untuk memaksimalkan networking.
  5. Berikan wawasan ketika mempromosikan bisnis. Jangan sampai calon klien muak karena promosi yang Anda buat.

Baca juga: Laptop untuk Kerja Kantoran, Harga Mulai Rp 5 Jutaan

Bagi Anda yang sedang membutuhkan laptop untuk bisnis, Anda bisa mendapatkannya di CV. Raka Kencana. CV. Raka Kencana adalah perusahaan yang bergerak di bidang komputer. Mereka mengembangkan usaha pengadaan berbagai jenis produk merek gadget, laptop, komputer, televisi, hingga aksesorisnya.

Untuk mendapatkan produk-produk dari CV. Raka Kencana, Anda bisa langsung mengunjungi kontak melalui website yang tersedia. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi website CV. Raka Kencana dan dapatkan penawarannya hari ini!

Selain itu, untuk mendapatkan segala kebutuhan Anda, Anda bisa mendapatkannya di Indonetwork. Sebagai B2B e-commerce, kami memiliki beragam jenis produk untuk memenuhi kebutuhan Anda dari seller-seller terpercaya.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks