Jakarta – Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan yang mengalami pertumbuhan ekonomi digital terbesar dan tercepat di dunia. Potensi tersebut harus dimanfaatkan oleh pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) ataupun inovator di Tanah Air secara maksimal.

Hal tersebut disampaikan Direktur Digital Business PT Telkom Muhammad Fajrin Rasyid dalam pelatihan bootcamp dalam Program Pahlawan Digital UMKM 2020.

“Ini merupakan momentum yang harus kita manfaatkan. Jangan sampai kita hanya menjadi pangsa pasar saja dalam pertumbuhan ekonomi yang sangat besar ini,” ujar Fajrin, Sabtu (24/10).

Fajrin menjelaskan akan ada pertumbuhan lima kali lipat dalam waktu lima tahun saja. Untuk itu ia mengingatkan para peserta bootcamp agar tidak kehilangan momentum dari pertumbuhan ekonomi digital. Sebab, jumlah pengguna internet dan pemakai gawai di Indonesia sangat banyak.

“Seperempat penduduk Indonesia adalah generasi milenial. Mereka adalah orang yang paling melek internet dibandingkan dengan generasi di atasnya. Kaum milenial ini adalah digital migrant. Ini juga jadi momentum bagi para inovator untuk menjangkau mereka,” ujarnya.

Jika generasi millenial ingin berbisnis, mereka tidak harus menjual produk sendiri, tapi bisa bermitra dengan para UMKM. Pemuda Indonesia lebih baik mereka menggunakan internet untuk menjual atau mempromosikan barang dari daerah masing-masing.

Sementara para inovator bisa menjadi menjadi konektor (penghubung) antara UMKM dengan dunia digital.

“Ketimbang hanya menonton YouTube. Dengan begitu talenta muda Indonesia bisa dimanfaatkan. Dan pada saat yang sama, kita bisa mempercepat digitalisasi UMKM,” kata Fajrin.

Sesi Pitching

Program Pahlawan Digital UMKM yang diinisiasi Putri Tanjung berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi UKM (Kemenkop UKM) kini telah memasuki tahap pitching atau presentasi.

Selama sesi pitching yang berlangsung dua hari ini, para inovator diuji oleh dewan juri berpengalaman dalam industri digital.

Mereka antara lain penggagas Pahlawan Digital UMKM Putri Tanjung, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Fiki Satari, dan Vice President Transformation Management Office Telkomsel Andry Firdiansyah.

Kemudian sederet pimpinan perusahaan digital seperti Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, Vertical Lead (Kepala Bagian Industri) Facebook Companies Aldo Rambie, dan Head of Public Policy & Government Relations Shopee Radityo Triatmojo.

Putri Tanjung mengaku bangga melihat kiprah banyak anak muda kita dalam membuat solusi digital yang inovatif untuk membantu UMKM.

“Senang banget, bangga, terharu. Terima kasih untuk semua pahlawan digital yang mendaftar di Pahlawan Digital UMKM, semoga journey kalian di Pahlawan Digital UMKM bisa berguna dan bisa menjadi lebih besar serta bermanfaat untuk UMKM Indonesia” ujar Putri Tanjung.

Rencananya puncak apresiasi program Pahlawan Digital UMKM akan berlangsung pada 28 Oktober dengan diumumkannya 10 besar Pahlawan digital UMKM yang akan menjadi mitra strategis Kemenkop UKM.

Author

Enable Notifications OK No thanks