Indonetwork, Peralatan Industri – Saat ini, penggunaan chiller sangatlah luas. Banyak industri yang berbeda membutuhkan chiller dengan beberapa jenis. Chiller mampu menurunkan suhu tinggi yang umum dalam proses industri tertentu. Instrumen ini juga mampu mendinginkan hampir semua peralatan. Karena memiliki jenis dan penggunaan yang berbeda maka untuk melakukan repair dan instalasi chiller terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui seperti penjelasan di bawah ini.

Pengertian Chiller

Seperti telah disebutkan sebelumnya, chiller sangatlah serbaguna. Beberapa industri pasti akan lebih mengandalkan instrumen ini daripada yang lain, namun jasa persewaan, repair dan instalasi chiller secara umum seringkali dapat menentukan apakah suatu proses industri tertentu akan berjalan lancar atau tidak. Beberapa industri terpenting di dunia akan menggunakan chiller dan mendapat manfaat dari penggunaannya.

Chiller adalah istilah umum untuk alat yang mengontrol suhu dengan mensirkulasikan cairan seperti air atau media panas sebagai pendingin yang suhunya diatur oleh siklus refrigeran. Selain untuk menjaga suhu berbagai perangkat industri dan instrumen, peralatan laboratorium pada tingkat yang konstan, juga digunakan untuk pendingin udara di gedung dan pabrik. Disebut sebagai “chiller” karena sering digunakan sebagai pendingin.

Jenis-jenis Chiller

1. Water-cooled Chiller

Proses pendinginan dimulai ketika air masuk ke evaporator dari primary return di mana panas dipindahkan dari air ke refrigeran. Air yang didinginkan kemudian dikirim ke tangki air melalui suplai utama (ditunjukkan dengan warna biru), di mana air tersebut didistribusikan ke berbagai ruang yang dikontrol iklim oleh pompa air. Karena panas selalu berpindah dari panas ke dingin seperti yang dinyatakan oleh hukum kedua termodinamika, air dingin menyerap panas sekitar ruangan yang dikondisikan di pengatur udara. Sebuah kipas kemudian memaksa udara yang didinginkan ke dalam ruang melalui saluran kerja. Air yang lebih hangat kemudian dikembalikan ke chiller untuk didinginkan sekali lagi.

Sementara itu, panas yang diserap oleh refrigeran (jalur yang ditunjukkan dalam warna hijau) di evaporator perlu dipindahkan agar refrigeran menyerap lebih banyak panas. Refrigeran bertekanan rendah dan bersuhu tinggi bergerak dari evaporator ke kompresor yang dijalankan motor yang meningkatkan tekanan dan suhu. Setelah itu, refrigeran masuk ke kondensor. Water-cooled chiller menggunakan air untuk mengelilingi pipa refrigeran dan menarik panas (jalur ditunjukkan dengan warna merah). Air kemudian dipompa ke menara pendingin untuk melepaskan panas. Setelah kondensasi, refrigeran melewati katup ekspansi untuk mengurangi tekanan (dan suhu) sebelum kembali ke evaporator, di mana proses dimulai kembali.

Repair dan Instalasi Chiller
Sumber: Scychiller.com

2. Air-cooled Chiller

Seperti halnya water-cooled chiller, prosesnya dimulai dengan pengembalian primer membawa air hangat ke chiller. Panas dipindahkan dari evaporator ke refrigeran, dan air mengalir melalui suplai utama ke ruang yang didinginkan. Refrigeran bergerak melalui kompresor untuk menaikkan tekanan dan suhu, dan kemudian mencapai kondensor. Di sini, kipas mengedarkan udara luar melalui kondensor, yang menyerap panas dari zat pendingin (sekali lagi, hukum kedua termodinamika menyatakan bahwa panas berpindah ke dingin) sebelum membuang panas ini ke udara sekitar. Refrigeran kemudian melewati katup ekspansi (seperti sebelumnya) dan kembali ke evaporator.

Air-cooled Chiller
Sumber: Trane.com

Aplikasi Chiller dalam Dunia Industri

1. Industri Minuman

Seperti yang telah diketahui, industri makanan ataupun minuman itu sendiri sangat rumit dan luas. Industri minuman modern meliputi industri pengolahan susu, brewery, dan banyak subdivisi. Banyak orang tidak menyadari seberapa banyak panas yang dapat dihasilkan oleh proses industri di seluruh industri minuman. Menemukan cara untuk menghilangkan panas tersebut dengan aman sangat penting untuk fungsi jangka panjang dari peralatan dan kualitas produk akhir minuman. Proses industri minuman biasanya akan melibatkan pasteurisasi, pemasakan, dan pencampuran. Bagian-bagian berbeda dari keseluruhan prosedur ini semuanya perlu dilakukan di lingkungan yang ada dalam kisaran suhu tertentu. Chiller mampu mempertahankan kisaran suhu tersebut dengan cara yang sangat efisien dan efektif. Dalam banyak hal, industri minuman tidak akan dapat berfungsi pada tingkat yang diharapkan orang tanpa pendingin yang efektif.

Baca Juga: MENGENAL CHILLER DALAM DUNIA INDUSTRI

2. Industri Plastik

Chiller sangat penting dalam dunia manufaktur plastik. Mengingat betapa pentingnya produk plastik di dunia modern secara umum, aplikasi chiller jelas lebih penting daripada yang dikenali sebagian orang. Salah satu bagian terpenting dari prosedur pembuatan plastik melibatkan pendinginan plastik panas. Karena semua proses industri ini pada umumnya akan cenderung menghasilkan banyak panas, tentu diperlukan chiller yang efisien yang dapat menurunkan suhu. Chiller dapat menjaga berbagai bagian peralatan tetap dingin, sehingga membuatnya bertahan lebih lama dan berpotensi mengurangi biaya energi.

3. Industri Medis

Penggunaan chiller saat ini juga telah meluas ke bidang medis di dunia modern. Banyak jenis produk dan peralatan medis yang berbeda diproduksi menggunakan proses industri yang memerlukan chiller. Karena industri medis cenderung menggunakan banyak produk yang akan memasukkan plastik dalam beberapa cara, fakta bahwa chiller sangat relevan dengan industri plastik berarti mereka relevan dengan bidang medis secara tidak langsung.

Chiller juga relevan dengan peralatan yang digunakan dalam industri medis secara langsung. Magnetic Resonance Imaging (MRI) sangat penting dalam pengaturan medis modern. Pemindai MRI sebenarnya mampu menghasilkan panas yang cukup banyak. Chiller medis dapat digunakan untuk mengalihkan panas ini dengan cara yang pada akhirnya akan membantu fungsi pemindai MRI itu sendiri. Mesin juga akan bertahan lebih lama.

Baca Juga: MENGENAL KINERJA RING BLOWER DALAM PERINDUSTRIAN

Kontraktor Repair dan Instalasi Chiller Profesional

Tentunya setelah membaca uraian di atas Anda tetap memerlukan kontraktor yang profesional untuk melakukan repair dan instalasi chiller. Anda dapat menyerahkan urusan tersebut kepada PT. Gecko Indonesia. Perusahaan yang berlokasi di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, ini juga menyediakan kebutuhan untuk liquid dan air handling, industrial equipment, service dan maintenance HVAC, dan lain sebagainya.

Author

Enable Notifications OK No thanks