Jenis sewa mobil pelu diketahui bagi Anda yang ingin membuka bisnis persewaan mobil di Indonesia. Hal tersebut karena mengetahui jenis-jenisnya akan membantu Anda mempertimbangkan harga sewanya.  Umumnya terdapat berbagai kategori sewa mobil berdasarkan tujuan dan durasi waktunya .

Misalnya saja jenis mobil sewa harian yang umumnya digunakan untuk keperluan singkat. Contih saja untuk meeting luar kota, wisata, hingga kunjungan-kunjungan dinas singkat. Untuk mengetahuinya lebih lanjut mari ulas beberapa macam-macam sewa mobil berikut ini.

Jenis Sewa Mobil Berdasarkan Durasi Waktu

Berikut ini beberapa daftar sewa mobil berdasarkan waktu yang biasa umum di pasaran:

Sewa mobil harian

Sewa mobil harian adalah jenis yang paling umum. Anda dapat menyewa mobil untuk digunakan selama satu atau beberapa hari.

Rental mobil mingguan

Persewaan mobil mingguan biasanya digunakan oleh pelanggan yang membutuhkan mobil selama beberapa minggu.

Sewa mobil bulanan

Sewa mobil bulanan umumnya digunakan oleh pelanggan yang membutuhkan mobil untuk jangka waktu yang lebih lama, seperti beberapa bulan.

Persewaan mobil dengan sopir

Sewa mobil dengan sopir adalah mobil yang disewakan bersama dengan seorang sopir yang akan mengemudikan mobil.

Sewa mobil tanpa sopir

Jenis sewa mobil tanpa sopir adalah jenis sewa mobil di mana pelanggan menyewa mobil tanpa adanya sopir. Pelanggan bertanggung jawab untuk mengemudikan mobil sendiri.

Sewa mobil khusus

Sewa mobil khusus adalah  sewa mobil yang menyediakan mobil-mobil yang lebih spesifik untuk keperluan tertentu, seperti mobil mewah atau mobil pengangkut barang berat.

Persewaan mobil dengan paket wisata

Jenis sewa mobil dengan paket wisata adalah pelanggan dapat menyewa mobil dan tur bersama dengan pemandu wisata untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tertentu.

Baca Juga: Jasa Sewa Mobil Bulanan: Tips & Trik Merawat Mobil Rental

Jenis Sewa Mobil Berdasarkan Tujuan

kelebihan mobil alphard

Selain berdasarkan waktu, terdapat beberapa jenis sewa mobil berdasarkan tujuannya. Berikut ini beberapa daftarnya.

Sewa mobil untuk wisata

Persewaan mobil ini digunakan untuk tujuan wisata, di mana mobil disewa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata atau melakukan perjalanan jarak jauh.

Rental mobil untuk pernikahan

Biasanya produknya berupa mobil mewah atau mobil antik disewa untuk mengantarkan pengantin ke lokasi pernikahan.

Rental mobil untuk bisnis

Jenis seperti ini biasanya digunakan  mengantarkan klien atau tamu penting ke bandara, hotel, atau lokasi bisnis lainnya.

Sewa mobil untuk perjalanan dinas

Biasanya digunakan oleh perusahaan atau instansi pemerintah untuk keperluan perjalanan dinas karyawan atau pejabat.

Rental mobil untuk pindahan

Sewa mobil ini digunakan untuk pindahan rumah atau kantor, di mana mobil pengangkut barang disewa untuk membantu proses pindahan.

Sewa mobil liburan

Jenis sewa mobil lainnya adalah untuk kebutuhan liburan keluarga di mana mobil disewa untuk perjalanan keluarga dalam waktu yang lama untuk menikmati liburan dengan nyaman dan fleksibel.

Keuntungan Bisnis Sewa Mobil

Berikut adalah beberapa keuntungan bisnis sewa mobil yang dapat Anda peroleh:

Potensi penghasilan yang tinggi

Bisnis sewa mobil dapat memberikan potensi penghasilan yang tinggi, terutama jika bisnis tersebut dikelola dengan efisien dan mengikuti strategi pemasaran yang tepat.

Dapat dijalankan dengan modal yang relatif kecil

Bisnis sewa mobil dapat dijalankan dengan modal yang relatif kecil jika dibandingkan dengan bisnis lain seperti pembelian franchise atau waralaba.

Tidak memerlukan stok barang

Bisnis sewa mobil tidak memerlukan stok barang yang besar, sehingga risiko kerugian karena barang rusak atau ketinggalan zaman bisa diminimalisir.

Fleksibilitas dalam menentukan harga

Bisnis ini memberikan fleksibilitas dalam menentukan harga, tergantung pada jenis mobil yang disewakan, durasi sewa, dan kebutuhan pelanggan.

Peluang bisnis yang luas

Bisnis sewa mobil memiliki peluang bisnis yang luas, mulai dari sewa mobil harian, mingguan, bulanan, hingga dengan sopir atau tanpa sopir.

Dapat dijalankan dengan mudah

Bisnis sewa mobil relatif mudah dijalankan karena dapat dilakukan secara online dengan sistem pemesanan yang mudah dan cepat.

Menawarkan pelayanan yang bermutu

Bisnis sewa mobil dapat menawarkan pelayanan yang bermutu kepada pelanggan, termasuk dalam hal pemeliharaan mobil yang baik, kebersihan mobil, dan kenyamanan bagi pelanggan selama menggunakan mobil.

Baca Juga: 6 Aksesoris Mobil untuk Mudik ke Luar Kota

Kisaran Harga Sewa Mobil di Indonesia

Sewa Mobil Murah Yogyakarta
Sumber: Pixabay.com

Berdasarkan beberapa sumber berikut ini terdapat kisaran harga sewa mobil rata-rata di Indonesia. Sebagai informasi kisaran harga sewa mobil di Indonesia sangat bervariasi tergantung pada model mobil, kota atau lokasi, lama sewa, serta kebijakan harga dari penyedia jasa sewa mobil. Namun berikut ini beberapa gambaran umum harga sewa mobil di Indonesia.

  • Sewa mobil city car: Rp. 250.000 – Rp. 350.000/hari.
  • Sewa mobil MPV: Rp. 350.000 – Rp. 600.000/hari.
  • Sewa mobil SUV: Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000/hari.
  • Sewa mobil luxury: Rp. 2.500.000 – Rp. 5.000.000/hari.

Harga tersebut dapat berbeda-beda tergantung pada berbagai faktor seperti musim liburan, permintaan, jenis mobil, durasi sewa, serta lokasi atau kota tempat penyewaan. Sebaiknya melakukan pengecekan harga terlebih dahulu sebelum memesan sewa mobil untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Aksesoris Mobil untuk Kenyamanan dan Kemewahan

Demikian jenis sewa mobil dan kisaran harganya, khususnya yang berada di area wilayah Indonesia. Semoga bermanfaat.

Author

Enable Notifications OK No thanks