Indonetwork, Peluang Usaha – Apakah Anda salah seorang yang memiliki bisnis kuliner? Suasana Ramadhan memang tepat sekali untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam bisnis ini adalah packaging. Memilih bahan kemasan terbaik untuk produk Anda tentunya memerlukan beberapa pertimbangan seperti bagaimana kemasan tersebut akan menampung produk Anda dan membawanya ke tangan konsumen dengan aman. Terdapat berbagai macam pilihan kemasan untuk dipilih berdasarkan jenis produk yang Anda produksi dan jual seperti kemasan mika, karton, kaca, dan lain-lain.

Jenis-jenis Kemasan untuk Makanan

1. Kemasan Mika

Plastik mika merupakan plastik dengan jenis PVC (Polyvinylchloride), yang umumnya dipergunakan di berbagai bidang. Kemasan mika sendiri dalam kehidupan sehari-hari dipergunakan mulai dari pembungkus makanan hingga berbagai aksesoris. Sifat transparansi pada kemasan mika ini dapat membuat produk Anda terlihat lebih menonjol dan mudah untuk dinilai oleh para konsumen.

Baca Juga: KEUNGGULAN MEMAKAI KEMASAN MIKA UNTUK MAKANAN

2. Kertas Karton

Karton lebih tebal dan lebih kokoh dari kemasan kertas. Solusi pengemasan ini sering digunakan sebagai paket utama yang berisi produk, seperti sereal, fast food, kerupuk, dan lain-lain. Karton juga dapat diproduksi dengan ketebalan yang berbeda, sehingga juga merupakan pilihan yang baik untuk kotak jus, wadah susu, dan banyak lagi. .

3. Aluminium

Dari aluminium foil hingga kaleng aluminium, aluminium juga merupakan bahan kemasan yang sangat populer digunakan untuk kemasan primer.

Baca Juga: VACPACK INDONESIA TAWARKAN KEMASAN SESUAI KEINGINAN

4. Kaca

Sementara kemasan mika menjadi lebih populer, masih ada berbagai macam produk yang dikemas dalam gelas. Anda akan menemukan wadah kaca yang digunakan untuk produk makanan seperti saus spageti dan barang-barang perawatan pribadi seperti parfum dan cologne. Kemasan kaca memiliki keunggulan tersendiri karena sifatnya yang dapat didaur ulang dan dapat digunakan kembali dan berkali-kali.

5. Kemasan Plastik Fleksibel

Kemasan ini adalah jenis lain dari kemasan plastik yang digunakan pada berbagai produk. Itu terbuat dari linear low-density polyethylene (LLDPE) atau polietilen densitas rendah. LLDPE biasanya digunakan sebagai shrink wrap, stretch wrap, dan jenis kemasan plastik tipis lainnya. LLDPE dapat diproduksi dalam berbagai ketebalan dan biasanya digunakan sebagai kemasan primer, tetapi juga dapat digunakan sebagai kemasan sekunder. Makanan hewan peliharaan, kertas toilet, peralatan, suku cadang, dan kantong keripik kentang adalah beberapa produk kemasan utama yang menggunakan LDPE.

Contoh Desain Estetik Kemasan Makanan

Konsumen pertama kali bersentuhan dengan kemasan sebelum membukanya dan melihat produk di dalamnya. Jadi, kemasan bertanggung jawab untuk memberikan kesan pertama pada konsumen saat produk berada di rak. Inilah alasan mengapa bisnis sangat menekankan pada perancangan kemasan mereka.

1. Minimalism

Minimalisme adalah salah satu tren yang masih mendominasi setelah dimulai bertahun-tahun yang lalu. Semakin banyak merek yang menggunakan prinsip desain minimalis untuk menciptakan identitas visual mereka termasuk kemasan makanan. Dalam desain kemasan, minimalis telah membantu membawa fokus ke elemen inti warna dan jenis huruf. Akibatnya, warna dan tipografi deskripsi produk seolah bersinar pada kemasannya.

Pabrik Kemasan Makanan
Sumber: Designhill.com

2. Transparan

Konsumen modern tidak hanya ingin membaca label kemasan. Desain ini memungkinkan konsumen melihat produk sambil membaca daftar bahan. Konsumen ingin melihat melalui label untuk menilai produk seperti pada kemasan mika. Botol PET, kaleng plastik tembus pandang, dan toples kaca adalah alternatif lain yang dapat Anda pertimbangkan untuk desain jenis desain ini. Pilihlah warna-warna yang dapat membangkitkan kesegaran suatu produk.

Pabrik Kemasan Makanan
Sumber: Trans.met.be

3. Sederhana

Prinsip kunci kesederhanaan masih merupakan aturan yang banyak disukai dalam desain grafis. Desain semacam ini juga akan diikuti dengan penuh semangat sebagai salah satu tren desain kemasan utama di tahun 2022. Keuntungan dari menjaga desain tetap sederhana adalah membantu membaca label kemasan dengan mudah dan cepat.

Kemasan Mika
Sumber: Zippypixels.com

4. Flat Illustration

Alasan untuk mengangkat ilustrasi datar pada tahun 2022 adalah bahwa ada penekanan tambahan pada kesederhanaan desain, tipografi, dan warna. Pendekatan minimalis ini mengarahkan para desainer untuk mengadopsi ilustrasi datar sebagai pendekatan yang ideal untuk membuat desain seperti desain kemasan botol pada bahan cetak. Karena ilustrasinya, desainnya terlihat tajam dan jernih setelah menghilangkan efek tiga dimensi. Selain itu, para desainer dapat menggabungkan ilustrasi ke dalam komposisi lain yang mereka inginkan untuk menciptakan tampilan kemasan yang unik.

Pabrik Kemasan Makanan Berkualitas
Sumber: Designhill.com

5. Hitam Putih

Hitam dan putih adalah dua elemen yang bisa kita lihat sebagai salah satu tren desain kemasan yang sedang berkembang. Kedua warna ini kuat dan serbaguna dalam membangkitkan perasaan. Kedua warna tersebut membuat desain terlihat dinamis.

Pabrik Kemasan
Sumber: Printmag.com

6. Vintage

Elemen vintage dari masa lalu selalu merupakan kejutan yang menyenangkan. Kita bisa melihat banyak desainer melakukan pelabelan vintage untuk memberi kesan bahwa produk yang dimilikinya dikenal dengan kualitas yang dapat diandalkan dan terbukti. Salah satu alasan utama mengapa vintage menjadi alat favorit bagi para desainer adalah membantu dalam membangun otoritas suatu produk. Baik itu kotak kardus atau kemasan bahan lainnya, desain vintage dapat memberikan tampilan dan nuansa yang berbeda.

Pabrik Kemasan
Sumber: Designhill.com

Pabrik Kemasan Mika Berkualitas

Itulah beberapa jenis kemasan pada makanan sekaligus contoh desain estetik yang akan mendominasi di tahun 2022. Jika Anda membutuhkan kemasan mika PT. Vacpack Indonesia telah menyediakannya dalam berbagai model. Perusahaan tersebut bergerak di bidang industri plastik pet manufacturing pembuat mika plastik berupa blister, tray makanan, tray biscuit, tray electronic , tray buah di Jakarta, Indonesia. Material yang digunakan adalah PET dan PVC PP dengan pabrik yang telah didukung high speed vaccum forming machine sehingga sanggup melayani jumlah yang besar.

Author

Enable Notifications OK No thanks