Indonetwork.co.id (Jakarta) – Indonesia melalui Kementerian Perdagangan mempersiapkan partisipasi perhelatan Expo 2020 Dubai, menghadiri International Participant Meeting (IPM) 2018 pekan lalu di Intercontinental Festival City, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

IPM merupakan pertemuan tahunan yang dilakukan sejak 2016 menjelang kegiatan Expo 2020 Dubai. Kegiatan tersebut bertujuan mengetahui persiapan setiap negara dan langkah selanjutnya dalam mempersiapkan pembangunan paviliun negara peserta.

Baca juga: Indonetwork Dukung Program Kemendag, Promosikan Produk Kreatif UMKM

“Kemendag hadir di IPM 2018 untuk mewakili Indonesia sesuai dengan arahan Presiden RI dan Menteri Perdagangan RI. Selama di IPM, Kemendag mempersiapkan dan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait atas rencana partisipasi Indonesia mendatang agar dapat berjalan sukses dan lancar,” jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Arlinda di Dubai.

Dirjen PEN dan Najeeb Mohammad Al Ali, Executive Director Expo 2020 juga telah menandatangani kontrak partisipasi keikutsertaan Indonesia pada Expo 2020 Dubai. Penandatangan tersebut disaksikan Husin Bagis, Duta Besar RI untuk UEA dan Ridwan Hassan, Konsul Jenderal RI di Dubai.

“Partisipasi Indonesia menjadi sarana yang tepat untuk mempromosikan Indonesia, baik melalui perdagangan, pariwisata, maupun investasi ke kancah internasional,” papar Arlinda.

Promosi ini membangun citra positif dan kesadaran dunia terhadap Indonesia, sehingga pada akhirnya dapat mendorong pembangunan ekonomi domestik,” imbuhnya.

Baca juga: Bantu Pengusaha Furnitur Kemendag Gelar Seminar Klinik Produk Ekspor

Expo 2020 Dubai akan dilaksanakan selama 6 bulan pada 20 Oktober 2020─10 April 2021 di Jebel Ali. Dengan lahan seluas 200.000 m², Expo 2020 Dubai mengusung tema “Connecting Minds, Creating The Future”.

Perhelatan yang sampai saat ini diikuti oleh 190 negara tersebut akan menampilkan di antaranya prestasi dan kemajuan bidang industri, budaya, dan lingkungan hidup. Selain itu, akan dilaksanakan juga lokakarya tentang konten desain dan program dalam pembangunan paviliun negara peserta.

“Melalui Expo 2020 Dubai ini, diharapkan kerja sama bisnis dengan Indonesia dapat digenjot di berbagai bidang, seperti perdagangan, industri, edukasi, perdagangan elektronik, perkebunan, teknologi, telekomunikasi, lingkungan, pariwisata, dan budaya,” tegas Arlinda.

Author

Enable Notifications OK No thanks