Indonetwork, Peralatan Industri – Saat ini, pipa seamless digunakan dalam berbagai dunia industri, seperti di tingkat konstruksi dan transportasi. Dibandingkan dengan pipa baja umumnya yang digunakan di masa lalu, pipa seamless menggunakan serangkaian teknologi produksi teknologi terbaru sehingga memiliki kualitas pipa seamless yang solid. Untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan, penggunaan, dan di mana jual pipa seamless silahkan simak uraian di bawah ini.

ProSes Pembuatan Pipa Seamless

Pipa seamless ditandai dengan permukaan sempurna yang sempurna. Pipa ini diproduksi dalam bentuk lingkaran, persegi panjang, atau persegi, dan pipa berbentuk tabung (berongga) karena kebanyakan dari mereka membawa zat yang mengalir seperti gas, cairan, dan lain-lain.

Proses pembuatan pipa seamless dimulai dengan billet baja bulat yang solid. Billet ini kemudian dipanaskan sampai suhu tinggi dan diregangkan kemudian ditarik hingga berbentuk tabung berongga. Sebenarnya terdapat tiga metode manufaktur untuk memproduksi pipa baja. Namun, pipa baja seamless diproduksi menggunakan cetakan ekstrusi.

Metode produksi pipa seamless dapat dibagi menjadi pipa boiler umum dan pipa boiler bertekanan tinggi sesuai dengan suhu penggunaan. Ketika pipa seamless digunakan, mereka sering terkena suhu tinggi dan tekanan tinggi. Pipa akan teroksidasi dan terkorosi di bawah aksi gas buang suhu tinggi dan uap air. Pipa baja dituntut memiliki daya tahan yang tinggi, ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi dan korosi, serta stabilitas struktur yang baik.

Baca Juga: 7 JENIS PIPA BESI YANG BANYAK DIGUNAKAN UNTUK BERBAGAI INDUSTRI

Keuntungan Menggunakan Pipa Seamless

Saat ini terdapat lebih dari sepuluh ukuran tabung pipa seamless namun pipa berdiameter besar lebih banyak digunakan.

Jual Pipa Seamless
Sumber: Yieh.com

1. Kekuatan

Keuntungan terbesar dari pipa seamless adalah peningkatan kemampuannya untuk menahan tekanan. Titik terlemah dalam pipa baja yang dilas adalah jahitan yang dilas. Tetapi karena pipa seamless belum dilas maka tidak ada jahitan sehingga membuatnya sama kuatnya di seluruh keliling pipa. Meskipun pipa seamless terkadang bisa lebih mahal daripada pipa yang dilas, peningkatan kemampuan untuk menahan tekanan ini memungkinkan Anda menggunakan pipa yang lebih tipis dan lebih ringan, yang dapat membantu mengurangi biaya.

2. Keseragaman Bentuk

Karena pipa jahitan yang dilas dililitkan di sekitar bentuk lain sebelum dilas, dan karena pengelasan menambah panas, stres, dan variabel asing lainnya ke proses pembentukan, maka pipa baja biasanya tidak akan pernah bisa bulat seperti pipa baja seamless. Pipa baja ini adalah ekstrusi terus menerus dari paduan, yang berarti akan memiliki penampang bulat yang dapat Anda andalkan, yang berguna saat Anda memasang pipa atau menambahkan alat kelengkapan.

Instrumen ini memiliki kekuatan yang lebih besar di bawah beban. Pipa kosong harus selalu menopang beratnya sendiri, tetapi ketika pipa diisi dengan material atau berada di bawah beban, pipa tersebut juga harus menopang berat tersebut. Kegagalan pipa dan kebocoran pada pipa yang dilas biasanya terjadi pada lapisan yang dilas. Tetapi karena pipa seamless tidak memiliki jahitan itu, maka tidak perlu ada kekhawatiran sedemikian rupa.

3. Keamanan

Dibandingkan dengan pipa baja las biasa, keamanan pipa baja seamless yang digunakan sebagai bahan transportasi pipa sangat tinggi, yang merupakan salah satu keunggulan bahan pipa jenis ini. Ketebalan dinding pipa juga berbeda tergantung pada aplikasi spesifiknya. Jika digunakan sebagai bahan untuk mengangkut minyak dan gas bumi, dinding pipa umumnya akan lebih tebal, yang secara efektif dapat menghindari kecelakaan pada proses transportasi.

4. Ramah Lingkungan

Pipa seamless sangat banyak digunakan di pasaran dan juga banyak digunakan di sektor industri. Jenis bahan perpipaan ini memiliki rasio harga/kinerja pasar yang tinggi dan oleh karena itu sangat populer di pasaran. Di antara banyak bahan pipa baja, keunggulan pipa seamless sudah jelas, dan lebih banyak digunakan sebagai bahan untuk transportasi cairan dan gas. Pipa ini merupakan moda transportasi material yang ramah lingkungan. Karena telah menjadi komponen yang sangat umum, sehingga bahan yang dibutuhkan untuk pipa transportasi ini juga mendapatkan ruang pasar yang baik.

Baca Juga: 3 JENIS PIPA BAJA KARBON DI PASARAN DAN KEUNGGULANNYA

Kelebihan-kelebihan tersebut menjadikan pipa seamless sebagai bahan pilihan dalam berbagai aplikasi pipa komersial, termasuk pembangunan kapal, jaringan pipa, rig minyak, peralatan ladang minyak, bejana tekan, suku cadang mesin, dan rig lepas pantai. Manfaat tambahan dari pipa seamless adalah bahwa pipa ini bekerja dengan baik dalam kondisi yang keras, yang berarti bahwa mereka dapat digunakan di lingkungan yang sangat dingin atau panas.

Supplier Jual Pipa Seamless

Jika Anda sedang mempertimbangkan pipa ini untuk memenuhi kebutuhan proyek pipa komersial Anda berikutnya, silahkan kunjungi CV. Tunggal Perkasa jual pipa seamless di Jakarta dengan kualitas terbaik. Sebagai pemasok berikut ini adalah katalog pipa seamless yang disediakan oleh perusahaan ini:

  • Pipa Seamless Sch 40 A53/API5L/A106
  • Seamless Pipe Sch 80 Seamless A53/API5L/A106
  • Pipa Seamless Sch 160 Seamless A53/API5L/A106
  • Pipa Seamless Sch XXS Seamless A53/API5L/A106

Adapun merk pipa seamless yang tersedia di antaranya adalah:

  • Hengyang
  • Tianjin
  • TPCO
  • Bao Tao
  • Sumitomo
  • Tubos
  • Import

Tidak hanya menyediakan pipa seamless, perusahaan ini juga menyediakan produk lainnya seperti pipa besi dan besi kanal dengan harga yang sangat terjangkau dan berkualitas premium. Segera kunjungi supplier yang lebih tepatnya berlokasi di Jakarta Pusat ini untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Author

Enable Notifications OK No thanks